Dampak Diklat Terhadap Literasi Informasi Peserta Diklat
DOI:
https://doi.org/10.36052/andragogi.v7i2.102Keywords:
information literacy, empowering-8 model, education and trainingAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat literasi informasi peserta diklat sebelum dan sesudah mengikuti diklat serta tingkat signifikansi pengaruh diklat terhadap kemampuan literasi informasi peserta. Metode survei digunakan pada sampel 30 orang peserta Diklat Teknis Substantif Publikasi Ilmiah. Instrumen kuesioner berskala likert dikonstruk dari tiga aspek model Empowering-8, yaitu identifikasi, organisasi dan membuat/menciptakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata skor tingkat literasi informasi peserta di awal diklat termasuk kategori “baik” hanya pada aspek kemampuan organisasi sedangkan aspek kemampuan identifikasi dan aspek kemampuan membuat/menciptakan serta secara global termasuk kategori “kurang/rendah”. Kemudian setelah mengikuti diklat, skor tersebut meningkat menjadi “baik” pada ketiga aspek, yaitu aspek kemampuan identifikasi, aspek kemampuan organsiasi dan aspek kemampuan membuat/menciptakan. Hasil uji-t pada tingkat kepercayaan 95% diperoleh nilai Sig-2 tailed = 0,00 < 0,05, menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kemampuan literasi informasi peserta diklat sebelum dan sesudah mengikuti diklat. Hasil ini membuktikan bahwa diklat berpengaruh terhadap peningkatan tingkat literasi informasi peserta diklat.
Downloads
References
Fajarwati, Y. (2012). Pengaruh Kemampuan Literasi Informasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMAN 1 Depok. Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia. Diambil kembali dari http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/20297394-S1886-Yunitha%20Fajarwati.pdf
Fauziah, N. (2015). Upaya Guru dalam Pengembangan Literasi Informasi Siswa pada Mata Pelajaran PAI. Jakarta. Diambil kembali dari http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/29826/1/NUR%20FAUZIAH%20-%20FITK.pdf
Jayanthi, Y. D., & Cahyana, A. (2014). Pengaruh Hasil Pelatihan terhadap Kinerja Karyawan di Balai Pelatihan Manajerial PT KAI Bandung. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 10(2). Diambil kembali dari https://ejournal.upi.edu/index.php/pls/article/view/5410/3706
Kompasiana. (2018, Desember 16). Diambil kembali dari Kompasiana: https://www.kompasiana.com/frncscnvt/5c1542ec677ffb3b533d6105/pisa-dan-literasi-indonesia
Kusunarningsih, S. (2018). Hubungan antara Kompetensi Literasi Informasi dengan Kemampuan Menulis dan Prestasi Belajar Mahasiswa Unviersitas Airlangga. Diambil kembali dari http://repository.unair.ac.id/74754/3/JURNAL_Fis.IIP.34%2018%20Kus%20h.pdf
Latifah, E. E., & Husna, J. (2016). Kemampuan Literasi Informasi Siswa Sekolah Menengah Atas Kolese Loyola Semarang Ditinjau dari Prestasi Belajar. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 5(3). Diambil kembali dari https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/15241
Muhajang, T. & Pangestika, M. D. (2018). Pengaruh Literasi Informasi terhadap Efektivitas Belajar Siswa. Pedagonal Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(2)
Marwan, A. (2017). Membangun Gerakan Literasi. Dipetik September 7, 2019, dari http://harian.analisadaily.com/opini/news/membangun-gerakanliterasi/339316/2017/04/11
Mirazita, Y., & Rohmiyati, Y. (2015, April). Studi Literasi Informasi Mahasiswa Ko-Asisten Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Menggunakan The Empowering Eight Model. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 4(2).15-22 Diambil kembali dari https://journal.unpak.ac.id/index.php/pedagonal/article/view/849
Octhanantha, A., Al-Musadieq, M., & Mukzam, M. D. (2017). Pengaruh Hasil Pelatihan Berbasis Kompetensi Terhadap Kinerja: Studi pada Karyawan Bagian Frontlier PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Area Tangerang Bintaro. Jurnal Administrasi Bisnis, 51(2). Diambil kembali dari https://media.neliti.com/media/publications/189973-ID-pengaruh-hasil-pelatihan-berbasis-kompet.pdf
Pattah, S. H. (2014). Literasi informasi: peningkatan kompetensi informasi dalam proses pembelajaran. Jurnal Ilmu Perpustakaan & Kearsipan Khizanah Al- Hikmah, Vol. 2 No. 2, hlm. 117-128. doi: https://doi.org/10.1210/endo-104-1-101
Pellini, A. (2016, Desember 18). Diambil kembali dari TheJakartaPost.com: https://www.thejakartapost.com/academia/2016/12/18/indonesias-pisa-results-show-need-to-use-education-resources-more-efficiently.html
Permata Ganggi, R. I. (2017). Pendidikan Pemakai di Perpustakaan sebagai Upaya Pembentukan Pemustaka yang Literasi Informasi. Khizanah al-Hikmah: Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan, 5(1), 121-128. doi:https://doi.org/10.24252/kah.v5i1a11
Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan. (2018). Dokumen II Kurikulum Diklat Teknis Substantif Pendidikan. Jakarta: Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan.
Sidharta, J. (2017, Mei 21). Diambil kembali dari Youth Corps Indonesia: https://www.youthcorpsindonesia.org/l/peringkat-pendidikan-indonesia-di-dunia/
Solihat, S. U., Johan, R. C., & Rosinar, E. (2014). Kontribusi Literasi Informasi Mahasiswa terhadap Proses Penulisan Karya Ilmiah. EDULIBINFO: Jurnal of Library and Information Science, 1(1), 43-52. Diambil kembali dari https://ejournal.upi.edu/index.php/edulibinfo/article/view/8867/5504
Sudarsono, S. (2011). Kontribusi Masa Kerja, Pendidikan dan Pelatihan, dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Madrasah Ibtidaiyah Negeri di Kabupaten Jembrana. Jurnal Pendidikan Dasar Ganesha, 1(1). Diambil kembali dari https://www.neliti.com/id/publications/118945/kontribusi-masa-kerja-pendidikan-dan-pelatihan-diklat-dan-motivasi-kerja-terhada#cite
Suntoro. (2019). Literasi Informasi Guru Pendidikan Agama Buddha dan Implikasinya dalam Pembelajaran. REFLEKSI EDUKATIKA: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(2), 183-191. Diambil kembali dari https://jurnal.umk.ac.id/index.php/RE/article/view/3104/1732
Wahyuningsih, D. H. (2012). Evaluasi Program Pelatihan Pengolahan Hasil Pertanian di Balai Latihan Kerja Kabupaten Sukoharjo Tahun 2011. Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. Diambil kembali dari https://eprints.uny.ac.id/26142/1/Dewi%20Hermawati%20Wahyuningsih%20-%2007511241011.pdf
Wijetunge, P., & Alahakoon, U. (2005). Empowering-8: The Information Literacy Model Developed in Sri Langka to Underpin Changeing Education Paradigms of Sri Langka. Diambil kembali dari http.www.cmb.ac.lk/academic/institutes/nilis/reports/InformationLiteracy.pdf
Yasri. (2019). Dampak Program Diklat bagi Guru MTs Aspek Pembelajaran. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan, 7(1), 97-112. doi:https://doi.org/10.36052/andragogi.v7i1.69
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).