Dampak Diklat Terhadap Literasi Informasi Peserta Diklat

  • Epa Elfitriadi Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama
DOI: https://doi.org/10.36052/andragogi.v7i2.102
Abstract Views: 121 | PDF (Bahasa Indonesia) Downloads: 86

Downloads

Download data is not yet available.
  
Keywords: information literacy, empowering-8 model, education and training

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat literasi informasi peserta diklat sebelum dan sesudah mengikuti diklat serta tingkat signifikansi pengaruh diklat terhadap kemampuan literasi informasi peserta. Metode survei digunakan pada sampel 30 orang peserta Diklat Teknis Substantif Publikasi Ilmiah. Instrumen kuesioner berskala likert dikonstruk dari tiga aspek model Empowering-8, yaitu identifikasi, organisasi dan membuat/menciptakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata skor tingkat literasi informasi peserta di awal diklat termasuk kategori “baik” hanya pada aspek kemampuan organisasi sedangkan aspek kemampuan identifikasi dan aspek kemampuan membuat/menciptakan serta secara global termasuk kategori “kurang/rendah”. Kemudian setelah mengikuti diklat, skor tersebut meningkat menjadi “baik” pada ketiga aspek, yaitu aspek kemampuan identifikasi, aspek kemampuan organsiasi dan aspek kemampuan membuat/menciptakan. Hasil uji-t pada tingkat kepercayaan 95% diperoleh nilai Sig-2 tailed = 0,00 < 0,05, menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kemampuan literasi informasi peserta diklat sebelum dan sesudah mengikuti diklat. Hasil ini membuktikan bahwa diklat berpengaruh terhadap peningkatan tingkat literasi informasi peserta diklat.

References

Fajarwati, Y. (2012). Pengaruh Kemampuan Literasi Informasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMAN 1 Depok. Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia. Diambil kembali dari http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/20297394-S1886-Yunitha%20Fajarwati.pdf

Fauziah, N. (2015). Upaya Guru dalam Pengembangan Literasi Informasi Siswa pada Mata Pelajaran PAI. Jakarta. Diambil kembali dari http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/29826/1/NUR%20FAUZIAH%20-%20FITK.pdf

Jayanthi, Y. D., & Cahyana, A. (2014). Pengaruh Hasil Pelatihan terhadap Kinerja Karyawan di Balai Pelatihan Manajerial PT KAI Bandung. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 10(2). Diambil kembali dari https://ejournal.upi.edu/index.php/pls/article/view/5410/3706

Kompasiana. (2018, Desember 16). Diambil kembali dari Kompasiana: https://www.kompasiana.com/frncscnvt/5c1542ec677ffb3b533d6105/pisa-dan-literasi-indonesia

Kusunarningsih, S. (2018). Hubungan antara Kompetensi Literasi Informasi dengan Kemampuan Menulis dan Prestasi Belajar Mahasiswa Unviersitas Airlangga. Diambil kembali dari http://repository.unair.ac.id/74754/3/JURNAL_Fis.IIP.34%2018%20Kus%20h.pdf

Latifah, E. E., & Husna, J. (2016). Kemampuan Literasi Informasi Siswa Sekolah Menengah Atas Kolese Loyola Semarang Ditinjau dari Prestasi Belajar. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 5(3). Diambil kembali dari https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/15241

Muhajang, T. & Pangestika, M. D. (2018). Pengaruh Literasi Informasi terhadap Efektivitas Belajar Siswa. Pedagonal Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(2)

Marwan, A. (2017). Membangun Gerakan Literasi. Dipetik September 7, 2019, dari http://harian.analisadaily.com/opini/news/membangun-gerakanliterasi/339316/2017/04/11

Mirazita, Y., & Rohmiyati, Y. (2015, April). Studi Literasi Informasi Mahasiswa Ko-Asisten Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Menggunakan The Empowering Eight Model. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 4(2).15-22 Diambil kembali dari https://journal.unpak.ac.id/index.php/pedagonal/article/view/849

Octhanantha, A., Al-Musadieq, M., & Mukzam, M. D. (2017). Pengaruh Hasil Pelatihan Berbasis Kompetensi Terhadap Kinerja: Studi pada Karyawan Bagian Frontlier PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Area Tangerang Bintaro. Jurnal Administrasi Bisnis, 51(2). Diambil kembali dari https://media.neliti.com/media/publications/189973-ID-pengaruh-hasil-pelatihan-berbasis-kompet.pdf

Pattah, S. H. (2014). Literasi informasi: peningkatan kompetensi informasi dalam proses pembelajaran. Jurnal Ilmu Perpustakaan & Kearsipan Khizanah Al- Hikmah, Vol. 2 No. 2, hlm. 117-128. doi: https://doi.org/10.1210/endo-104-1-101

Pellini, A. (2016, Desember 18). Diambil kembali dari TheJakartaPost.com: https://www.thejakartapost.com/academia/2016/12/18/indonesias-pisa-results-show-need-to-use-education-resources-more-efficiently.html

Permata Ganggi, R. I. (2017). Pendidikan Pemakai di Perpustakaan sebagai Upaya Pembentukan Pemustaka yang Literasi Informasi. Khizanah al-Hikmah: Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan, 5(1), 121-128. doi:https://doi.org/10.24252/kah.v5i1a11

Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan. (2018). Dokumen II Kurikulum Diklat Teknis Substantif Pendidikan. Jakarta: Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan.

Sidharta, J. (2017, Mei 21). Diambil kembali dari Youth Corps Indonesia: https://www.youthcorpsindonesia.org/l/peringkat-pendidikan-indonesia-di-dunia/

Solihat, S. U., Johan, R. C., & Rosinar, E. (2014). Kontribusi Literasi Informasi Mahasiswa terhadap Proses Penulisan Karya Ilmiah. EDULIBINFO: Jurnal of Library and Information Science, 1(1), 43-52. Diambil kembali dari https://ejournal.upi.edu/index.php/edulibinfo/article/view/8867/5504

Sudarsono, S. (2011). Kontribusi Masa Kerja, Pendidikan dan Pelatihan, dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Madrasah Ibtidaiyah Negeri di Kabupaten Jembrana. Jurnal Pendidikan Dasar Ganesha, 1(1). Diambil kembali dari https://www.neliti.com/id/publications/118945/kontribusi-masa-kerja-pendidikan-dan-pelatihan-diklat-dan-motivasi-kerja-terhada#cite

Suntoro. (2019). Literasi Informasi Guru Pendidikan Agama Buddha dan Implikasinya dalam Pembelajaran. REFLEKSI EDUKATIKA: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(2), 183-191. Diambil kembali dari https://jurnal.umk.ac.id/index.php/RE/article/view/3104/1732

Wahyuningsih, D. H. (2012). Evaluasi Program Pelatihan Pengolahan Hasil Pertanian di Balai Latihan Kerja Kabupaten Sukoharjo Tahun 2011. Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. Diambil kembali dari https://eprints.uny.ac.id/26142/1/Dewi%20Hermawati%20Wahyuningsih%20-%2007511241011.pdf

Wijetunge, P., & Alahakoon, U. (2005). Empowering-8: The Information Literacy Model Developed in Sri Langka to Underpin Changeing Education Paradigms of Sri Langka. Diambil kembali dari http.www.cmb.ac.lk/academic/institutes/nilis/reports/InformationLiteracy.pdf

Yasri. (2019). Dampak Program Diklat bagi Guru MTs Aspek Pembelajaran. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan, 7(1), 97-112. doi:https://doi.org/10.36052/andragogi.v7i1.69

Published
2019-12-30