Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal pada Masyarakat Kampung Adat Salapan Desa Gempol Kecamatan Banyusari Kabupaten Karawang Jawa Barat
DOI:
https://doi.org/10.36052/andragogi.v7i2.104Keywords:
character education, traditional village, salapan villageAbstract
Kajian ini bertujuan untuk mengetahui peran pendidikan karakter yang terdapat di kampung adat, yaitu sebuah kampung yang sampai saat ini masih memegang teguh ajaran para leluhurnya, penelitian ini dilakukan di kampung Salapan di Desa Gempol Kec. Banyusari Kabupaten Karawang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dimana pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini memunculkan karakter pribadi yang teguh memegang adat dan ajaran nenek moyang mereka yang telah berlangsung bertahun-tahun lamanya. Hasilnya adalah terdapat enam karakter, yaitu religius, jujur, mandiri, demokratis, peduli lingkungan dan kreatif.
Downloads
References
Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan. (2011). Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kemendiknas.
Creswell, J. W. (2015). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. (A. L. Lazuardi, Penerj.) Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Disparbud. (2015, Agustus 31). Dipetik Juni 24, 2018, dari http://www.disparbud.jabarprov.go.id/applications/frontend/index.php?mod=news&act=showdetail&id=2005
Echols, J. M., & Shadily, H. (1991). Kamus Inggris-Indonesia. Jakarta: Gramedia.
Hasanah, A. (2017). Pendidikan Karakter Berperspektif Islam. Bandung: Insan Komunika.
Hayati, S. (2008). Pendidikan Lingkungan Hidup. Dalam Tim Pengembang Ilmu Pendidikan UPI, Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung: Imperial Bhakti Utama.
Hufad, S. S. (2008). Pendidikan Nilai. Dalam Tim Pengembang Ilmu Pendidikan UPI, Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung: Imperial Bhakti Utama.
Kesuma, A. D. (2007). Pendidikan Karakter: Strategi Pendidikan Anak Bangsa. Jakarta: Grasindo.
Koentjoroningrat. (1991). Metode Wawancara. In Koentjoroningrat, Metode-metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Koentjoroningrat. (2009). Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.
Lubis, N. H. (2013). Sejarah Jawa Barat Jilid I. Bandung: Masyarakat Sejarahwan Indonesia Cabang Jawa Barat.
Pengertian Jujur dan Macam-macam Sifat Jujur dalam Agama Islam. (t.thn.). Dipetik Juni 25, 2018, dari DefinisiMenurutParaAhli.com: https://pengertiandefinisi.com/pengertian-jujur-dan-macam-macam-sifat-jujur-dalam-agama-islam/
Pengertian Religius. (t.thn.). Dipetik Juni 26, 2018, dari DefinisiMenurutParaAhli.com: http://www.definisimenurutparaahli.com/pengertian-religius/
Rahmat, J. (2007). Metode Penelitian Komunikasi Dilengkapi Contoh Analisis Statistik. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Singarimbun, I. (1989). Pemanfaatan Perpustakaan. Dalam M. Singarimbun, Metode Penelitian Survey. Jakarta: LP3ES.
Stratuss, A., & Corbin, J. (2003). Dasar-dasar Penelitian Kualitatif: Tatalangkah dan Teknik-teknik Teoritisasi Data. (I. Muttaqien, & M. Shodiq, Penerj.) Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Veronica, I. (2017, Januari 17). Demokrasi: Pengertian, Makna, dan Hakikat Demokrasi. Dipetik Juni 25, 2018, dari http://www.antotunggal.com/2017/01/demokrasi-pengertian-makna-dan-hakikat.html
Wiyanarti, E., dkk. (2008). Sejarah dan Keberagamaan. Bandung: Jurusan Pendidikan Sejarah UPI.
Wawancara :
Ade. Wawancara Mengenal Kampung 9. (Pewawancara : Yasir Amrullah), tanggal 25 Mei 2018
Kang Ito. Wawancara Mengenal Kampung 9. (Pewawancara : Yasir Amrullah), tanggal 25 Mei 2018
Kasdam (Kepala Desa Gempol). Wawancara Mengenal Kampung 9. (Pewawancara : Yasir Amrullah), tanggal 25 Mei 2018
H. Lili Abi Jamhari. Wawancara Mengenal Kampung 9. (Pewawancara : Yasir Amrullah) Tanggal 26 Mei 2018
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).