Pengaruh Kinerja Guru Bahasa Arab dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas VIII MTs di Kota Tangerang Selatan
Abstract
Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar Bahasa Arab siswa dengan membahas Pengaruh Kinerja Guru dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah di Kota Tangerang Selatan. Penelitian menggunakan metode survai kausal. Populasi penelitiannya adalah Siswa kelas VIII yang tersebar di 9 Madrasah Tsanawiyah di Kota Tangerang Selatan. Sedangkan sampelnya adalah sebanyak 4 madrasah. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner untuk mengukur variabel Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa, Kinerja Guru dan Minat Belajar Siswa. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, terdapat pengaruh langsung dan signifikan yang tinggi Kinerja Guru terhadap hasil belajar bahasa Arab Siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah di Kota Tangerang Selatan, ditunjukkan oleh nilai þ31= 0,42 > 0, dengan persamaan regresi X3 =-8,179 +0,268 X1, koefisien korelasi r13 = 0,773, dan koefisien determinasi r13 = 0,598, atau 59,80%. Kedua, terdapat pengaruh positif dan signifikan Kinerja Guru terhadap minat belajar Siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah di Kota Tangerang Selatan, dibuktikan dengan diperolehnya nilai þ21= 0,76 > 0, dengan persamaan regresi X2 =25,137 +0,785 X1, koefisien korelasi r12 = 0,763, dan koefisien determinasi r12 = 0,582, atau 58,22%. Ketiga, dengan diperolehnya nilai þ32= 0,46 > 0, dengan persamaan regresi X3 =-6,866 +0,264X2, koefisien korelasi r23 = 0,785, dan koefisien determinasi r23 = 0,617, atau 61,70% menunjukkan terdapat pengaruh langsung dan sangat signifikan minat belajar siswa terhadap hasil belajar bahasa Arab Siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah di Kota Tangerang Selatan.
References
Abdurrahman, Mulyono, 2005, Pendidikan Bagi Anak berkesulitan Belajar, Jakarta, Rineka Cipta.
Ad. Rooijakkers, 1989, Mengajar Dengan Sukses, Jakarta, Gramedia.
Arikunto, Suharsimi, 2005, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta
Budiningsih, C. Asri, 2005, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta, Penerbit Rineka Cipta.
Djaali, 2000, Psikologi Pendidikan, Jakarta, PPS UNJ.
Gulo, W. , 2004, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta, PT Grasindo.
Hurlock, Elizabeth. B., 2003, Child Development, Perkembangan Anak, alih bahasa: M. Meitasari Tjandrasa, Jakarta, Erlangga.
Klausemeier, Herbart J. dan William Goodwin, 1971, Learning and Human Abilities: Educational Psychology, Newyork, Harper & Row.
Kunandar, 2007, Guru Profesional, Jakarta, PT Raja Grafindo Persada.
Marzuki, 1986, Metode Riset. Yogyakarta : Fakultas Ekonomi UII.
Moh. Nazir, 1998, Metode Penelitian, Jakarta, Ghalia Indonesia.
Murwani, Santosa, dkk., tth, Pedoman Tesis dan Disertasi, Jakarta; Program Pasca Sarjana UHAMKA
Purwanto, M. Ngalim, 2004, Psikologi Pendidikan, Bandung, PT. Remaja Rosdakarya.
Rasyad, Aminuddin, 2006, Teori Belajar dan Pembelajaran, Jakarta, UHAMKA Press dan yayasan PEP-Ex 8.
Sanjaya, Wina, 2005, Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi, Jakarta, Prenada Media
Singarimbun, Masri, 1995,Metode Penelitian Survai. Jakarta: LP3ES.
Slameto, 2003, Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya, Jakarta, PT. Rineka Cipta
Sudjana, Nana, 1991, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Cetakan ke 3, Bandung, Sinar Baru.
Sugiyono, 2005, Metode Penelitian Administrasi, Bandung: Alfabeta.
Undang-undang Republik Indonesia No. 14/2005 tentang Guru dan Doses, Bab IV, pasal 10 ayat 1.
Usman, Moh. Uzer, 1996, Menjadi Guru Profesional, Bandung, PT. Remaja Rosda Karya.
Yusuf, Tayar dan Saiful anwar, 1997, Metodologi Pengajaran Agama dan Bahasa Arab, Jakarta, PT. RajaGrafindo Persada.
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).