Pengaruh Kinerja Guru Bahasa Arab dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas VIII MTs di Kota Tangerang Selatan

Authors

  • Neneng LM, Mrs Widyaiswara Ahli Utama Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan

Keywords:

Kinerja Guru, Minat Belajar, Hasil Belajar, Madrasah Tsanawiyah

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar Bahasa Arab siswa dengan membahas Pengaruh Kinerja Guru dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah di Kota Tangerang Selatan. Penelitian menggunakan metode survai kausal. Populasi penelitiannya adalah Siswa kelas VIII yang tersebar di 9 Madrasah Tsanawiyah di Kota Tangerang Selatan.  Sedangkan sampelnya adalah sebanyak 4 madrasah. Data dikumpulkan dengan menggunakan  kuesioner untuk mengukur variabel Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa, Kinerja Guru dan Minat Belajar Siswa. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, terdapat pengaruh langsung dan signifikan yang tinggi Kinerja Guru terhadap hasil belajar bahasa Arab Siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah di Kota Tangerang Selatan, ditunjukkan oleh nilai þ31= 0,42 > 0,  dengan persamaan regresi X3 =-8,179 +0,268 X1, koefisien korelasi r13 = 0,773, dan koefisien determinasi r13 = 0,598, atau 59,80%.  Kedua, terdapat pengaruh positif dan signifikan Kinerja Guru terhadap minat belajar Siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah di Kota Tangerang Selatan, dibuktikan dengan diperolehnya nilai þ21= 0,76 > 0,  dengan persamaan regresi X2 =25,137 +0,785 X1, koefisien korelasi r12 = 0,763, dan koefisien determinasi r12 = 0,582, atau 58,22%.  Ketiga, dengan diperolehnya nilai þ32= 0,46 > 0,  dengan persamaan regresi X3 =-6,866 +0,264X2, koefisien korelasi r23 = 0,785, dan koefisien determinasi r23 = 0,617, atau 61,70% menunjukkan terdapat pengaruh langsung dan sangat signifikan minat belajar siswa terhadap hasil belajar bahasa Arab Siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah di Kota Tangerang Selatan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-12-31