Pengaruh Kinerja Guru Bahasa Arab dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas VIII MTs di Kota Tangerang Selatan

  • Neneng LM, Mrs Widyaiswara Ahli Utama Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan
Keywords: Kinerja Guru, Minat Belajar, Hasil Belajar, Madrasah Tsanawiyah

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar Bahasa Arab siswa dengan membahas Pengaruh Kinerja Guru dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah di Kota Tangerang Selatan. Penelitian menggunakan metode survai kausal. Populasi penelitiannya adalah Siswa kelas VIII yang tersebar di 9 Madrasah Tsanawiyah di Kota Tangerang Selatan.  Sedangkan sampelnya adalah sebanyak 4 madrasah. Data dikumpulkan dengan menggunakan  kuesioner untuk mengukur variabel Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa, Kinerja Guru dan Minat Belajar Siswa. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, terdapat pengaruh langsung dan signifikan yang tinggi Kinerja Guru terhadap hasil belajar bahasa Arab Siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah di Kota Tangerang Selatan, ditunjukkan oleh nilai þ31= 0,42 > 0,  dengan persamaan regresi X3 =-8,179 +0,268 X1, koefisien korelasi r13 = 0,773, dan koefisien determinasi r13 = 0,598, atau 59,80%.  Kedua, terdapat pengaruh positif dan signifikan Kinerja Guru terhadap minat belajar Siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah di Kota Tangerang Selatan, dibuktikan dengan diperolehnya nilai þ21= 0,76 > 0,  dengan persamaan regresi X2 =25,137 +0,785 X1, koefisien korelasi r12 = 0,763, dan koefisien determinasi r12 = 0,582, atau 58,22%.  Ketiga, dengan diperolehnya nilai þ32= 0,46 > 0,  dengan persamaan regresi X3 =-6,866 +0,264X2, koefisien korelasi r23 = 0,785, dan koefisien determinasi r23 = 0,617, atau 61,70% menunjukkan terdapat pengaruh langsung dan sangat signifikan minat belajar siswa terhadap hasil belajar bahasa Arab Siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah di Kota Tangerang Selatan.

References

Abdurrahman, Mulyono, 2005, Pendidikan Bagi Anak berkesulitan Belajar, Jakarta, Rineka Cipta.

Ad. Rooijakkers, 1989, Mengajar Dengan Sukses, Jakarta, Gramedia.

Arikunto, Suharsimi, 2005, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta

Budiningsih, C. Asri, 2005, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta, Penerbit Rineka Cipta.

Djaali, 2000, Psikologi Pendidikan, Jakarta, PPS UNJ.

Gulo, W. , 2004, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta, PT Grasindo.

Hurlock, Elizabeth. B., 2003, Child Development, Perkembangan Anak, alih bahasa: M. Meitasari Tjandrasa, Jakarta, Erlangga.

Klausemeier, Herbart J. dan William Goodwin, 1971, Learning and Human Abilities: Educational Psychology, Newyork, Harper & Row.

Kunandar, 2007, Guru Profesional, Jakarta, PT Raja Grafindo Persada.

Marzuki, 1986, Metode Riset. Yogyakarta : Fakultas Ekonomi UII.

Moh. Nazir, 1998, Metode Penelitian, Jakarta, Ghalia Indonesia.

Murwani, Santosa, dkk., tth, Pedoman Tesis dan Disertasi, Jakarta; Program Pasca Sarjana UHAMKA

Purwanto, M. Ngalim, 2004, Psikologi Pendidikan, Bandung, PT. Remaja Rosdakarya.

Rasyad, Aminuddin, 2006, Teori Belajar dan Pembelajaran, Jakarta, UHAMKA Press dan yayasan PEP-Ex 8.

Sanjaya, Wina, 2005, Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi, Jakarta, Prenada Media

Singarimbun, Masri, 1995,Metode Penelitian Survai. Jakarta: LP3ES.

Slameto, 2003, Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya, Jakarta, PT. Rineka Cipta

Sudjana, Nana, 1991, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Cetakan ke 3, Bandung, Sinar Baru.

Sugiyono, 2005, Metode Penelitian Administrasi, Bandung: Alfabeta.

Undang-undang Republik Indonesia No. 14/2005 tentang Guru dan Doses, Bab IV, pasal 10 ayat 1.

Usman, Moh. Uzer, 1996, Menjadi Guru Profesional, Bandung, PT. Remaja Rosda Karya.

Yusuf, Tayar dan Saiful anwar, 1997, Metodologi Pengajaran Agama dan Bahasa Arab, Jakarta, PT. RajaGrafindo Persada.

Published
2017-12-31