Analisis Sikap Bahasa dan Motivasi Berbahasa Guru Bahasa Inggris MTs Peserta Diklat di Balai Diklat Keagamaan Semarang Tahun 2016

  • Lily Nurulia, Mrs Widyaiswara Ahli Madya Balai Diklat Keagamaan Semarang
Keywords: kesetiaan berbahasa, kebanggaan berbahasa, kesadaran akan norma bahasa, motivasi, guru bahasa Inggris MTs

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur sikap bahasa dan motivasi berbahasa guru bahasa Inggris MTs terhadap Bahasa Inggris dan pembelajaran bahasa yang menjadi tugas dan fungsi pokoknya guna sebagai dasar evaluasi dan penentuan program pengembangan kompetensi guru oleh semua unsur yang terkait. Sejumlah 30 guru bahasa Inggris peserta Diklat Teknis Fungsional Tenaga Kependidikan Guru Muda Bahasa Inggris Tingkat MTs Tahun 2016 diteliti dengan menggunakan kuesioner skala likert untuk mengetahui motivasi dan sikap bahasa, yang meliputi 1) kesetiaan berbahasa (language loyalty), 2) kebanggaan berbahasa (language pride), 3) kesadaran akan norma bahasa (awareness of the norm), dan 4) motivasi berbahasa. Data dianalisis secara statistik deskriptif. Berdasarkan hasil  kuesioner, para guru Bahasa Inggris MTs, yang bukan merupakan penutur asli bahasa Inggris, memiliki sikap bahasa yang sangat tinggi terhadap bahasa Inggris dan pembelajaran bahasa Inggris. Hal ini ditunjukkan dari data bahwa hasil angket a) nilai rerata kesetiaan bahasa tinggi (81.42), b) nilai rerata kebanggaan berbahasa tinggi (84,50) dan c) nilai rerata kesadaran akan norma bahasa yang berbeda dengan bahasa Indonesia tinggi (81.5). Rata-rata ketiga aspek sikap bahasa hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa responden memiliki sikap positif terhadap bahasa Inggris. Menariknya, sikap bahasa yang tinggi ini kontradiktif dengan motivasi berbahasa guru, yang meskipun motivasi berbahasanya tinggi sebesar 85, namun didominasi oleh motivasi instrumental, yaitu kecenderungan karena motif pelaksanaan tugas dan kepentingan karirnya, yakni sebesar 70%.

References

Abdul Chaer, Leonie Agustina. 2004. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Chaer, Abdul. 2009. Psikolinguistik: Kajian Teoretik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Edwards, Alen L. 1957. Technique of Attitude Scale Construction. Newyork: Apleton Century Crofts

Ellis, Rod. 2003, Second Language Acquisition. New York: Oxford University Press

Evan, K.M. and Hills. 1965. Attitude and Interest in Education. London: Routledge and Kegan

Gardner, R. C. 1972. Attitudes and Motivation in Second-Language Learning. Rowley, Massachusets: Newbury House Publisher.

Gardner, R. C. 1985. Social Psychology and Language Learning: the Role of Attitudes and Motivation. London: Edward Arnold.

Garvin, P.L. Mathiot M. 1968. The Urbaization of Guarani Language. Problem in Language and Culture, dalam Fishman, J.A. (Ed) Reading in Tes Sosiology of Language, Mounton. Paris–The Hague.

Gerungan. 1987. Psikologi Sosiologi. Bandung: Eresco.

Hymes, Dell. 1974. Foundation in Sociolinguistics. New York: Harper and Row.

Jack Richards, John Platt and Heidi Weber. 1985. Longman Dictionary of Applied Linguistics.. Longman. Reviewed by. Peter Inman. RELC, Singapore.

Kridalaksana, Harimurti. 2001. Kamus Linguistik. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Likert, Rensis. 1967. The Method of Construction to Psycology. Boston: Houghton. Mifflin Company.

Makmun, Abin Syamsuddin. 200). Psikologi Kependidikan: Perangkat Sistem Pengajaran Modul. Bandung: PT Remaja RosdaKarya.

Mansoer, Pateda. 1990. Sosiolinguistik. Bandung: Angkasa.

Mar’at. 1984. Sikap Manusia Perubahan serta Pengukurannya. Jakarta. Ghalin Indonesia.

Nababan, P.W.J. 1986. Sosiolinguistik Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Gramedia.

Rusyana, Yus. 1989. Bahasa dan Sastra dalam Gamitan Pendidikan. Bandung: C.V. Diponegoro.

Santiago. Winkel, W. 1983. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.

Sudjana, Nana dan Ibrahim. 1989. Penelitian dan penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suwito. 1983. Pengantar Awal Sosiolinguistik Teori dan Problem. Surakarta: Kenary Offset Solo.

Winkel, W.S. 1964. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.

Yamin, Martinis. 2011. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.

Published
2017-12-31