Analisis Sikap Bahasa dan Motivasi Berbahasa Guru Bahasa Inggris MTs Peserta Diklat di Balai Diklat Keagamaan Semarang Tahun 2016
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur sikap bahasa dan motivasi berbahasa guru bahasa Inggris MTs terhadap Bahasa Inggris dan pembelajaran bahasa yang menjadi tugas dan fungsi pokoknya guna sebagai dasar evaluasi dan penentuan program pengembangan kompetensi guru oleh semua unsur yang terkait. Sejumlah 30 guru bahasa Inggris peserta Diklat Teknis Fungsional Tenaga Kependidikan Guru Muda Bahasa Inggris Tingkat MTs Tahun 2016 diteliti dengan menggunakan kuesioner skala likert untuk mengetahui motivasi dan sikap bahasa, yang meliputi 1) kesetiaan berbahasa (language loyalty), 2) kebanggaan berbahasa (language pride), 3) kesadaran akan norma bahasa (awareness of the norm), dan 4) motivasi berbahasa. Data dianalisis secara statistik deskriptif. Berdasarkan hasil kuesioner, para guru Bahasa Inggris MTs, yang bukan merupakan penutur asli bahasa Inggris, memiliki sikap bahasa yang sangat tinggi terhadap bahasa Inggris dan pembelajaran bahasa Inggris. Hal ini ditunjukkan dari data bahwa hasil angket a) nilai rerata kesetiaan bahasa tinggi (81.42), b) nilai rerata kebanggaan berbahasa tinggi (84,50) dan c) nilai rerata kesadaran akan norma bahasa yang berbeda dengan bahasa Indonesia tinggi (81.5). Rata-rata ketiga aspek sikap bahasa hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa responden memiliki sikap positif terhadap bahasa Inggris. Menariknya, sikap bahasa yang tinggi ini kontradiktif dengan motivasi berbahasa guru, yang meskipun motivasi berbahasanya tinggi sebesar 85, namun didominasi oleh motivasi instrumental, yaitu kecenderungan karena motif pelaksanaan tugas dan kepentingan karirnya, yakni sebesar 70%.
References
Abdul Chaer, Leonie Agustina. 2004. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Chaer, Abdul. 2009. Psikolinguistik: Kajian Teoretik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Edwards, Alen L. 1957. Technique of Attitude Scale Construction. Newyork: Apleton Century Crofts
Ellis, Rod. 2003, Second Language Acquisition. New York: Oxford University Press
Evan, K.M. and Hills. 1965. Attitude and Interest in Education. London: Routledge and Kegan
Gardner, R. C. 1972. Attitudes and Motivation in Second-Language Learning. Rowley, Massachusets: Newbury House Publisher.
Gardner, R. C. 1985. Social Psychology and Language Learning: the Role of Attitudes and Motivation. London: Edward Arnold.
Garvin, P.L. Mathiot M. 1968. The Urbaization of Guarani Language. Problem in Language and Culture, dalam Fishman, J.A. (Ed) Reading in Tes Sosiology of Language, Mounton. Paris–The Hague.
Gerungan. 1987. Psikologi Sosiologi. Bandung: Eresco.
Hymes, Dell. 1974. Foundation in Sociolinguistics. New York: Harper and Row.
Jack Richards, John Platt and Heidi Weber. 1985. Longman Dictionary of Applied Linguistics.. Longman. Reviewed by. Peter Inman. RELC, Singapore.
Kridalaksana, Harimurti. 2001. Kamus Linguistik. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Likert, Rensis. 1967. The Method of Construction to Psycology. Boston: Houghton. Mifflin Company.
Makmun, Abin Syamsuddin. 200). Psikologi Kependidikan: Perangkat Sistem Pengajaran Modul. Bandung: PT Remaja RosdaKarya.
Mansoer, Pateda. 1990. Sosiolinguistik. Bandung: Angkasa.
Mar’at. 1984. Sikap Manusia Perubahan serta Pengukurannya. Jakarta. Ghalin Indonesia.
Nababan, P.W.J. 1986. Sosiolinguistik Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Gramedia.
Rusyana, Yus. 1989. Bahasa dan Sastra dalam Gamitan Pendidikan. Bandung: C.V. Diponegoro.
Santiago. Winkel, W. 1983. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.
Sudjana, Nana dan Ibrahim. 1989. Penelitian dan penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suwito. 1983. Pengantar Awal Sosiolinguistik Teori dan Problem. Surakarta: Kenary Offset Solo.
Winkel, W.S. 1964. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.
Yamin, Martinis. 2011. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).