Implementasi Penjaminan Mutu Pendidikan Melalui Evaluasi Diri Madrasah di MAN 4 Jakarta

Observasi pada Diklat Tugas Tambahan Kepala Madrasah Aliyah 2017

  • Cut N Ummu Athiyah, Mrs Widyaiswara Ahli Madya Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan
Keywords: Penjaminan Mutu, Pendidikan, Evaluasi Diri, Madrasah

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang implementasi penjaminan mutu pendidikan melalui Evaluasi Diri Madrasah (EDM) di MAN 4 Jakarta. Pelaksanaan EDM melalui audit mutu internal dengan melihat kesesuaian dengan kriteria Audit (referensi) berupa: Pedoman Mutu, Rencana Mutu, Sasaran Mutu, Prosedur Mutu terkait, Standar-standar, Peraturan-peraturan, Juknis, Instruksi Kerja, Form / Catatan Mutu. Metode dalam penelitian ini adalah bersifat kualitatif dimana semua informasi yang didapat dari observasi dan wawancara dideskripsikan dalam bentuk narasi tulisan sebagai bentuk temuan dilapangan. Kesimpulan hasil temuan menggambarkan implementasi EDM melalui audit mutu internal telah teroganisir secara baik menggunakan ISO 2005. Terdapat faktor pendorong dan penghambat dalam pelaksanaan EDM. Faktor pendorong pelaksanaan EDS secara internal adalah (a) SDM; (b) koordinasi antar stakeholder; (c) komunikasi dan rasa kekeluargaan antar warga sekolah, secara eksternal adalah dukungan dari pihak kantor Kemenag Jak-Sel. Faktor penghambat secara internal adalah (1) kejenuhan terhadap instrumen EDS; (2) singkatnya waktu; (3) kurangnya pemahaman guru, secara ekternal adalah (1) sistem dan instrumen EDM yang berubah-ubah dan (2) banyaknya pertanyaan pada instrumen. Manfaat EDM yang dirasakan adalah mempermudah sekolah dalam pembuatan RKT/RKAS mempermudah sekolah untuk mengidentifikasi kekurangan, kelebihan akan kinerja sekolah, kekuatan yang dimiliki sekolah untuk dikembangkan serta tantangan yang akan dihadapi madrasah.

References

Agustino, Leo. 2008. Dasar-Dasar Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, Suharsimi dan Safrudin, Cepi. 2010. Evaluasi Program Pendidikan Pedoman Teoretis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan; Edisi Kedua. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Depdiknas, 2004, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.

Emzir. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: Rajawali Pers.

Moleong, Lexy. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rohman, Arif. 2009. Politik Ideologi Pendidikan. Yogyakarta: LaksBang Mediatama.

Sanders, James R dan Sullins, Carolyn D. 2016. Evaluating School Programs An Educator’s Guide; Third Edition. California: Corwin Press.

Sri, Minarti, 2001.Manajemen Sekolah, Bandung , Gema Insani : 2001

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sudaryono, 2017. Metodologi Penelitian, cetakan 1, Jakarta: Rajawali Pres,

Sudarwan Danim,20014. Motivasi Kepemimpinan dan Efektivitas Kelompok. Bengkulu: PT Rineka Cipta.

Tilaar, H.A.R dan Nugroho, Riant. 2008. Kebijakan Pendidikan: Pengantar Untuk Memahami Kebijakan Pendidikan dan Kebijakan Pendidikan Sebagai Kebijakan Publik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tim Penyusun. Panduan Evaluasi Diri Sekolah untuk Penjaminan Mutu Pendidikan. Badan Pengembangan SDM Pendidikan dan Kebudayaan; Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Veithzal, Rivai M.b.A. 2009. Education Management, Analisis Teori dan Praktik, (Jakarta : Rajawali Pers)

Winardi, Gunawan. 2002. Panduan Mempersiapkan Tulisan Ilmiah. Bandung: Akatiga.

Published
2017-12-31