Model dan Strategi Pembelajaran Diklat
Kajian Alternatif yang Efektif
Keywords:
model pembelajaran, strategi pembelajaran, pembelajaran efektifAbstract
Pembelajaran di program pelatihan atau sekolah membutuhkan variasi proses untuk mengatasi suasana yang monoton. Model dan strategi pembelajaran efektif diperlukan agar potensi pembelajar untuk berpikir dan memberi respon terhadap pengetahuan yang diberikan dapat lebih dilibatkan. Dengan menggunakan metode kajian pustaka dari beberapa buku yang berkaitan dengan model dan strategi pembelajaran efektif dapat diperoleh hal - hal sebagai berikut: (1) Model dan strategi pembelajaran yang mampu menciptakan situasi yang sarat dengan stimulus dalam pikiran peserta didik. (2) Ciri model dan strategi pembelajaran efektif: a) Rasional teoritik logis yang harus disusun oleh perancangnya, b) Tujuan pembelajaran yang akan dicapai, c) Tingkah laku mengajar yang diperlukan agar model tersebut dapat dilaksanakan dengan berhasil, d) Lingkungan belajar yang diperlukan agar tujuan pembelajaran itu dapat tercapai. (3) Perbedaan model dengan strategi pembelajaran.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).