Nilai Karakter pada Kearifan Lokal dalam Karya Sastra
Apresiasi Sastra dalam Kumpulan Cerpen Bertanya Kerbau pada Pedati
Keywords:
pendidikan karakter, kearifan lokal, analisis isi, cerpenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai karakter pada kearifan lokal dalam karya sastra yang terdapat dalam kumpulan cerpen Bertanya Kerbau Pada Pedati, Karya A.A. Navis. Permasalahan utama adalah apa saja nilai karakter pada kearifan lokal yang terdapat dalam kumpulan cerpen karya AA Navis, dan bagaimana apresiasi pengajaran sastra untuk menguatkan nilai karakter tersebut kepada siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data primer adalah cerpen-cerpen yang terdapat dalam kumpulan cerpen Bertanya Kerbau pada Pedati. Analisa data menggunakan deskriptif analitif yang berawal dari pengumpulan data, validasi data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku kumpulan cerpen Bertanya Kerbau pada Pedati memiliki pesan nilai karakter yang sangat kuat. Nilai karakter tersebut digali dari kearifan lokal masyarakat Minangkabau sebagai setting sosial dari cerita dalam cerpen. Hasil nilai karakter yang ditemukan dalam buku tersebut adalah karakter religiousitas, nasionalisme dan integritas. Penelitian ini juga memperlihatkan bahwa pengajaran sastra bisa menjadi medium yang tepat dalam penguatan penanaman nilai karakter kepada siswa dalam pendidikan di sekolah.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).