Analisis Kualitas Instrumen Tes Hasil Belajar

  • Aminullah Aminullah, Mr Widyaiswara Ahli Madya Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan
Keywords: Analisis, Kualitas, Tes Hasil Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah  menjelaskan kualitas instumen tes hasil belajar buatan guru yang sudah disertifikasi sebagai bahan untuk evaluasi kebutuhan pendidikan dan pelatihan (diklat) metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan teknik survei. Penelitian dilakukan terhadap guru-guru Madrasah Aliyah (MA) yang sudah bersertifikasi di wilayah kota Serang yang mengembangkan tes hasil belajar. Waktu penelitian dimulai bulan Febuari dan selesai pada bulan Juni 2017. Responden dalam penelitian ini adalah berjumlah 27 orang guru IPS Madrasah Aliyah yang sudah bersertifikasi berasal dari sembilan Madrasah Aliyah di wilayah kota Serang, yaitu Kecamatan Serang, Kasemen, dan Curug. Data yang dikaji dalam penelitian ini adalah soal: (1) Ulangan Tengah Semester (UTS); (2) Ulangan Akhir Semester (UAS); (3) Ulangan Kenaikan Kelas (UKK); dan (4) Ulangan Semester (US) hasil buatan guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis deskripsi terhadap analisis soal berdasarkan aspek materi, konstruksi, dan bahasa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh secara umum rata-rata pemenuhan soal terhadap kaidah soal : (1) UTS adalah 96%; (2) UAS adalah 96%; (3) UKK adalah 98%; (4) US adalah 95%.

References

Margono, S. 2003, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan Nasional, 2005, Peraturan Pemerintah Nomor 19 yahun 2005, Tentang Standar Nasional Pendidkan, Jakarta, Departemen Pendidikan Nasional Mardalis, 2006, Metode Penelitian: suatu Pendekatan Proposal, Jakarta: Bumi Aksara.

Departemen Pendidikan Nasional, 2007, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2007, tentang Standar Penilaian Pendidikan untuk Satuan Pendidikan Pendidikan dan Menengah Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Departemen Pendidikan Nasional, 2007, Peraturan Pendidikan Nasional Nomor 41, Tahun 2007, Tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Departemen Pendidikan Nasional, 2007, Peraturan Menteri Mendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007, Tentang Standar Kualifikasi dan Kompetensi guru, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menegah, Direktorat Pembinaan TK, SD, 2007, Pedoman Penilaian Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Jakarta, Departemen Pendidikan Nasional

Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah 2008, Panduan Analisis Butir Soal, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah 2008, Panduan Penulisan Butir Soal, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2012, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 5 Tahun 2012, Tentang Sertifikasi Guru dalam Jabatan, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Puspendik, 2009, Pengembangan dan Pemberdayaan Bank Soal di Daerah, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Tim Pustaka Phonix, 2008, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: PT Media Pustaka Phonix.

Sulastri, Sri, dkk, 2010, Penelitian Tindakan Sekolah Peningkatan Kompetensi Gurudalam Pengembangan Bank Soal di Pusat Kegiatan Guru (PKG).

Published
2017-06-30