Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) pada Diklat

Authors

  • Cut Ummu Athiyah, Mrs Widyaiswara Ahli Madya Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan

Keywords:

Pembelajaran Berbasis Masalah, Andragogi, Pencapaian, Pengawas

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis masalah   terhadap keberhasilan peserta diklat dalam mata diklat Manajemen Berbasis Madrasah.   Sejumlah 30 peserta diklat Pengawas Madya Angkatan VI dijadikan kelompok eksperimen   menggunakan pembelajaran orang dewasa(nadragogi) dengan model pembelajaran berbasis masalah, dan kontrol pada 30 peserta diklat Pengawas Madya Angkatan V  dengan  menggunakan model pembelajaran konvensional melalui metode ceramah dan diskusi. Data diambil melalui tes yang dilakukan oleh peneliti. Pada akhir kegiatan diklat ditemukan bahwa ada perbedaan yang signifikan nilai rata-rata antara kedua kelompok yang melaksanakan PBM dan tidak dalam pencapaian nilai akhir pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini  bahwa model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kualitas pembelajaran pada pendidikan dan pelatihan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-06-30