Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) pada Diklat

  • Cut Ummu Athiyah, Mrs Widyaiswara Ahli Madya Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan
Keywords: Pembelajaran Berbasis Masalah, Andragogi, Pencapaian, Pengawas

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis masalah   terhadap keberhasilan peserta diklat dalam mata diklat Manajemen Berbasis Madrasah.   Sejumlah 30 peserta diklat Pengawas Madya Angkatan VI dijadikan kelompok eksperimen   menggunakan pembelajaran orang dewasa(nadragogi) dengan model pembelajaran berbasis masalah, dan kontrol pada 30 peserta diklat Pengawas Madya Angkatan V  dengan  menggunakan model pembelajaran konvensional melalui metode ceramah dan diskusi. Data diambil melalui tes yang dilakukan oleh peneliti. Pada akhir kegiatan diklat ditemukan bahwa ada perbedaan yang signifikan nilai rata-rata antara kedua kelompok yang melaksanakan PBM dan tidak dalam pencapaian nilai akhir pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini  bahwa model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kualitas pembelajaran pada pendidikan dan pelatihan.

References

Bambang Sugema dan Sugiyanti S, 2006. Psikologi Belajar Orang Dewasa. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara.

Basleman, Anisah. 2011. Teori Belajar Orang Dewasa. Bandung: Remaja Rosdakarya

Chin, C. & Chia, L.G. 2006. Problem-based learning: using ill-structured problems in biology project work, Science Education

Creswell, John, 2015, Educational Research, Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative, 5th, New York : Pearson Education.

Marzuki, Saleh. 2010. Pendidikan Nonformal Dimensi Dalam Keaksaraan Fungsional, Pelatihan, dan Andragogi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Maudsley, G & Strivens, J. 2000. Promoting Professional knowledge, experiential learning and critical thinking for medical students. Medical Education Oxford Textbook.

Mukhtar & Iskandar. 2012. Desain Pembelajaran Berbasis TIK. Jakarta: Referensi.

Permenpan & RB Nomor 21 Tahun 2010. Jabatan Fungsional Pengawas dan Angka Kreditnya. Menpan. Jakarta

Sudarwan Danim. 2010. Pedagogi, Andragogi, dan Heutagogi. Bandung : Alfabeta.

Wilkinson, W.K. and Maxwell, S. 1991 . The influence of college students' epistemological style on selected problem-solving processes. Research in Higher Education No.33

Published
2017-06-30