Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) pada Diklat
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap keberhasilan peserta diklat dalam mata diklat Manajemen Berbasis Madrasah. Sejumlah 30 peserta diklat Pengawas Madya Angkatan VI dijadikan kelompok eksperimen menggunakan pembelajaran orang dewasa(nadragogi) dengan model pembelajaran berbasis masalah, dan kontrol pada 30 peserta diklat Pengawas Madya Angkatan V dengan menggunakan model pembelajaran konvensional melalui metode ceramah dan diskusi. Data diambil melalui tes yang dilakukan oleh peneliti. Pada akhir kegiatan diklat ditemukan bahwa ada perbedaan yang signifikan nilai rata-rata antara kedua kelompok yang melaksanakan PBM dan tidak dalam pencapaian nilai akhir pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kualitas pembelajaran pada pendidikan dan pelatihan.
References
Bambang Sugema dan Sugiyanti S, 2006. Psikologi Belajar Orang Dewasa. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara.
Basleman, Anisah. 2011. Teori Belajar Orang Dewasa. Bandung: Remaja Rosdakarya
Chin, C. & Chia, L.G. 2006. Problem-based learning: using ill-structured problems in biology project work, Science Education
Creswell, John, 2015, Educational Research, Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative, 5th, New York : Pearson Education.
Marzuki, Saleh. 2010. Pendidikan Nonformal Dimensi Dalam Keaksaraan Fungsional, Pelatihan, dan Andragogi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Maudsley, G & Strivens, J. 2000. Promoting Professional knowledge, experiential learning and critical thinking for medical students. Medical Education Oxford Textbook.
Mukhtar & Iskandar. 2012. Desain Pembelajaran Berbasis TIK. Jakarta: Referensi.
Permenpan & RB Nomor 21 Tahun 2010. Jabatan Fungsional Pengawas dan Angka Kreditnya. Menpan. Jakarta
Sudarwan Danim. 2010. Pedagogi, Andragogi, dan Heutagogi. Bandung : Alfabeta.
Wilkinson, W.K. and Maxwell, S. 1991 . The influence of college students' epistemological style on selected problem-solving processes. Research in Higher Education No.33
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).