Pengaruh Metode Resitasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Diklat
Keywords:
Metode Resitasi, Ceramah, Hasil BelajarAbstract
Penelitian yang dilaksanakan ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang pengaruh metode resitasi dan metode ceramah terhadap hasil belajar peserta Diklat Substantif Publikasi Ilmiah Bagi Guru PAI Pada Madrasah Angkatan I dan angkatan II Tahun 2017 untuk mata diklat “Publikasi Ilmiah Bentuk Laporan Hasil Penelitian” di Pusdiklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI Jakarta. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode resitasi dan ceramah, Sedangkan variable terikatnya adalah hasil belajar peserta Diklat Substantif Publikasi Ilmiah Bagi Guru PAI Pada Madrasah Angkatan I dan II di Pusdiklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI Jakarta. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan penelitiannya adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Alat pengumpulan data yang digunakan berupa tes hasil belajar. Berdasarkan hasil Two independent sample test dengan Uji Mann Whitney nilai signifikansi adalah 0,000 < 0,05. Hal ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan (pengaruh) antara metode resitasi dengan metode ceramah pada hasil belajar peserta diklat.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).