Pengaruh Metode Resitasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Diklat

  • Yurnalis Nurdin, Mrs Widyaiswara Ahli Utama Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan
Keywords: Metode Resitasi, Ceramah, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian yang dilaksanakan ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang pengaruh metode resitasi dan metode ceramah terhadap hasil belajar peserta Diklat Substantif Publikasi Ilmiah Bagi Guru PAI Pada Madrasah Angkatan I dan angkatan  II Tahun 2017 untuk mata diklat “Publikasi Ilmiah Bentuk Laporan Hasil Penelitian”  di Pusdiklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI Jakarta. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode resitasi dan ceramah, Sedangkan variable terikatnya adalah hasil belajar peserta Diklat Substantif  Publikasi Ilmiah Bagi Guru PAI Pada Madrasah Angkatan I dan II di Pusdiklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI Jakarta. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan penelitiannya adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Alat pengumpulan data yang digunakan berupa tes hasil belajar. Berdasarkan hasil Two independent sample test dengan Uji Mann Whitney nilai signifikansi adalah 0,000 < 0,05. Hal ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan (pengaruh) antara metode resitasi dengan metode ceramah pada hasil belajar peserta diklat.

Published
2017-12-31