Peningkatan Keterampilan Guru Agama Islam dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013 dengan Pendekatan 5 M

  • Parida Ariani, Mrs Widyaiswara Ahli Madya LPMP Sumatera Utara
Keywords: Keterampilan Menggunaan Pendekatan 5M, Workshop Pendampingan

Abstract

Implementasi kurikulum 2013  Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti sekolah sasaran masih menimbulkan banyak pertanyaan meskipun guru sudah mendapat pelatihan tentang kurikulum 2013.  Tujuan penelitian meningkatkan keterampilan Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam mempersiapkan perangkat pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, melaksanakan pendekatan saintifik, dan melakukan penilaian autentik di SD Kecamatan Rantau Utara. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan dengan pengolahan data secara deskriptif kualitatif yang berfokus pada pendampingan dengan Pendekatan 5M pada Guru kelas 1 dan 6 melalui kegiatan KKG. Hasil penelitian menunjukan keterampilan Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam mempersiapkan perangkat pembelajaran kurikulum 2013 menunjukkan peningkatan dalam mempersiapkan perangkat pembelajaran, masih perlu menyesuaian langkah kegiatan dengan tujuan pembelajaran tercapai,  mengatur strategi, perbaikan dalam penyusunan RPP, memancing kemampuan siswa dalam menanya,  pembelajaran serta penilaian autentik mengalami peningkatan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terjadinya peningkatan dalam menyusun perangkat pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, pembelajaran saintifik, dan mempersiapkan penilaian autentik. Untuk peningkatan kualitas implementasi kurikulum 2013, Guru Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti  perlu pembinaan guru Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti tentang penilaian dan pembinaan mengenai model-model pembelajaran, strategi dan teknik pembelajaran.

Published
2017-12-31