Peningkatan Keterampilan Guru Agama Islam dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013 dengan Pendekatan 5 M
Keywords:
Keterampilan Menggunaan Pendekatan 5M, Workshop PendampinganAbstract
Implementasi kurikulum 2013 Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti sekolah sasaran masih menimbulkan banyak pertanyaan meskipun guru sudah mendapat pelatihan tentang kurikulum 2013. Tujuan penelitian meningkatkan keterampilan Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam mempersiapkan perangkat pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, melaksanakan pendekatan saintifik, dan melakukan penilaian autentik di SD Kecamatan Rantau Utara. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan dengan pengolahan data secara deskriptif kualitatif yang berfokus pada pendampingan dengan Pendekatan 5M pada Guru kelas 1 dan 6 melalui kegiatan KKG. Hasil penelitian menunjukan keterampilan Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam mempersiapkan perangkat pembelajaran kurikulum 2013 menunjukkan peningkatan dalam mempersiapkan perangkat pembelajaran, masih perlu menyesuaian langkah kegiatan dengan tujuan pembelajaran tercapai, mengatur strategi, perbaikan dalam penyusunan RPP, memancing kemampuan siswa dalam menanya, pembelajaran serta penilaian autentik mengalami peningkatan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terjadinya peningkatan dalam menyusun perangkat pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, pembelajaran saintifik, dan mempersiapkan penilaian autentik. Untuk peningkatan kualitas implementasi kurikulum 2013, Guru Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti perlu pembinaan guru Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti tentang penilaian dan pembinaan mengenai model-model pembelajaran, strategi dan teknik pembelajaran.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).