Konsep Hereditas dan Lingkungan Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur’an

Authors

  • Jiyanto Jiyanto S3 PAI Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.36052/andragogi.v10i1.268

Keywords:

Heredity, Environment, Islamic Education

Abstract

Tujuan artikel ini adalah mengkaji konsep hereditas dan lingkungan pendidikan dalam perspektif Al-Qur’an dan menulusuri bagaimana pengaruh dan implementasinya dalam pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian riset pustaka (library research), yaitu serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca, dan mencatat serta mengolah bahan penelitian. Melalui analisis deskriptif-interpretatif, hasil kajian menunjukkan pertumbuhan dan perkembangan anak dipengaruhi oleh hereditas dan lingkungan. Hereditas dan lingkungan mempunyai hubungan yang erat. Keduanya saling melengkapi. Di era modern diperlukan adanya implementasi dari teori hereditas dan lingkungan untuk dapat membentuk karakter yang baik pada anak. Di antara yang bisa dilakukan yaitu melalui pendidikan pra-konsepsi, pendidikan pre-natal, revitalisasi peran orang tua di lingkungan keluarga, penguatan pendidikan karakter di sekolah, dan membangun lingkungan berkarakter.

 

Kata Kunci: Hereditas, Lingkungan, Pendidikan Islam

 

Abstract

[The Concept of Heredity and the Educational Environment in the Perspective of the Qur'an]. The purpose of this article is to examine the concept of heredity and the educational environment in the perspective of the Qur'an and explore how it influences and implements it in Islamic education. This research is a type of library research, which is a series of activities related to the methods of collecting library data, reading, and taking notes and processing research materials. Through descriptive-interpretative analysis, the results of the study show that the growth and development of children is influenced by heredity and the environment. Heredity and environment have a close relationship. The two complement each other. In the modern era, it is necessary to implement the theory of heredity and the environment to be able to form good character in children. Among the things that can be done are through pre-conception education, pre-natal education, revitalizing the role of parents in the family environment, strengthening character education in schools, and building a character environment.

 

Keywords: Heredity, Environment, Islamic Education

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asegaf, Abd. Rachman. (2013). Aliran Pemikiran Pendidikan Islam; hadharah keilmuwan tokoh klasik sampai modern. Jakarta: Rajawali Pers.
al-Asqalani, Ibnu Hajar. (2011). Fathul Barri Jilid 25 terj. amiruddin. Jakarta: Pustaka Azzam.
Effendi, Suratman. Wijaya Ali Thaib & B. Chasrul Hadi. (1995). Fungsi Keluarga Dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia. Jambi: Departemen Pendidikan dan Kebudayan.
Fauzi, Ahmad. (2004). Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.
Hamka. (2001). Tafsir al-Azhar jilid 1. Singapura: Pustaka Nasional PTE LTD.
Ismail, Faisal. (2017). Paradigma Pendidikan Islam; Analisis Historis, Kebijakan dan Keilmuan. Bandung: Rosdakarya.
Jalaluddin. (2003). Teologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Katsir, Ibnu. (2004). Tafsir Ibnu Katsir Jilid 1. Terj. M. Abdul Ghaffar E.M. Bogor: Pustaka Imam Syafi’I.
Mahmud. (2011). Pemikiran Pendidikan Islam, Bandung: Pustaka Setia.
Muhaimin, dkk. (2008). Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mahali, Jalaluddin & Imam Jalaluddin Suyuthi. (2007). Tafsir Jalalain Jilid 1 terj.Bahrun Abu Bakar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Maragustam. (2018). Filsafat Pendidikan Islam Menuju Pembentukan Karakter. Yogyakarta: Pascasarjana Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Sunan Kalijaga.
Megawangi, Ratna. (2007). Pendidikan Karakter. Cimanggis: Indonesia Heritage Foundation.
Nata, Abudin. (2016). Pendidikan Dalam Perspektif Al-Qur’an. Jakarta: Prenada Media Group.
Sukmadinata, Nana Syaodih. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT
Remaja Rosdakarya
Nawawi, Imam. (2013). Syarah shohih Muslim Jilid 7 Kitab Sepersusuan Bab Anjuran Menikahi Perempuan yang Beragama terj Darwis dkk. Jakarta: Darus Sunnah.
Prawira, Purwa Atmaja. (2012). Psikologi Pendidikan Dalam Perspektif Baru. Ar-Ruz Media. Jogjakarta.
Putri, Feralia Eka. (2020). Pengaruh Hereditas Dan Lingkungan Terhadap Siswa, https://feraliaekaputri.wordpress.com/2013/04/29/pengaruh-hereditas-dan-lingkungan-terhadap-siswa/, diakses pada Jumat, 11 Desember 2020
al-Qurthubi, Imam. (2008). Tafsir al-Qurthubi Jilid 1 terj. M.Masridha. Jakarta: Pustaka Azzam.
Rauf, Abdul Aziz Abdul Rauf. (2019). Al-Qr’an Hafalan Mudah; terjemahan dan Tawid warna. Bandung: Cordoba.
Shihab, M. Quraish. (2002). Tafsir al-Misbah Volume 1 .Jakarta: Lentera Hati
Soemanto, Wasti. (1990). Psikologi Pendidikan (Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan). Renika Cipta, Jakarta.
as-Syaukani, Imam. (2007). Tafsir fathul Qadir Jilid 1, Terj. Amir Hamzah fazhruddin (Jakarta: Pustaka Azzam.
al-Utsaimin, Syaikh Muhammad bin Shalih. (2016). Syarah sohih al-Bukhari Jilid 6 Jakarta: Darus Sunnah
Zainul Miftah. (2011). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Gena Pratama Pustaka.
Az-Zuhaili, Wahbah. (2011). Fiqih Islam Wa Adillatuhu Jilid 9, terj. Abdul hayyie al Kattani. Jakarta: Darul Fikri.

Downloads

Published

2022-06-20