Kemampuan Guru PAI Sekolah Dasar Mendesain Pembelajaran Berbasis Kecakapan Abad 21 Melalui Teknik Tediprasi
DOI:
https://doi.org/10.36052/andragogi.v10i1.275Abstract
Tujuan penulisan karya tulis ini adalah untuk membuktikan secara empirik tentang peningkatan kemampuan mendesain pembelajaran berbasis kecakapan abad 21 setelah mengikuti pelatihan dengan menggunakan teknik Tediprasi pada peserta Pelatihan Jarak Jauh guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar Angkatan I Tahun 2021 pada Balai Diklat Keagamaan Semarang. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif-deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan pada aspek critical thinking sebesar 74,36%, aspek communication sebesar 71,79%, aspek creativity sebesar 73,74% dan aspek collaboration sebesar 82,08%. Kesimpulan menunjukkan terjadi peningkatan kompetensi dalam mendesain pembelajaran berbasis kecakapan abad 21 pada guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar setelah mengikuti Pelatihan Jarak Jauh dengan menggunakan teknik Tediprasi.
Downloads
References
Ali, M. (2011). Memahami Riset Prilaku dan Sosial. CV. Pustaka Cendekia Utama.
Dewi, K. P., & Purwanti, S. (2019). Integrasi kecakapan abad 21 dalam rencana pelaksanaan pembelajaran sekolah dasar. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan, September.
Eneng Martini. (2018). Membangun Karakter Generasi Muda Melalui Model Pembelajaran Berbasis Kecakapan Abad 21. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3 No. 2, 21–27.
Kemendikbud. (2020). Pentingnya Konsep 4C dalam Pembelajaran abad 21.
Kirana Prama Dewi, & Siwi Purwanti. (2019). Integrasi Kecakapan Abad 21 dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Sekolah Dasar. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan, 465–472.
Martini, E. (2018). Membangun Karakter Generasi Muda Melalui Model Pembelajaran Berbasis Kecakapan Abad 21. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan. https://doi.org/10.24269/jpk.v3.n2.2018.pp21-27
Mehram. (2018). Peningkatan Kemampuan Guru Kimia dalam Menyusun RPP Integrasi Kecakapan Abad 21 dengan Pembimbingan Berkelanjutan pada SMA Binaan Kota Banda. Serambi Academica, VI Nomor 2, 71–76.
Makhrus, Muh., Ahmad Harjono, Abdul Syukur, Syamsul Bahri, & Muntari. (2019). Analisis RPP terhadap Kesiapan Guru sebagai “Role Model” Keterampilan Abad 21 pada Pembelajaran IPA SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5 No.1, 66–72.
Mukarramah, Abdul Gani, & Sri Winarni. (2021). Analisis Kesesuaian Perangkat Pelaksanaan Pembelajaran dengan Tuntutan Pembelajaran Abad 21. Jurnal IPA Dan Pembelajaran IPA, 3, 233–241.
Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). Keterampilan 4C Abad 21 dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Tarbiyah Al-Awlad.
Soleh, A. R., & Arifin, Z. (2021). Integrasi Keterampilan Abad 21 dalam Pengembangan Perangkat Pembelajaran pada Konsep Community of Inquiry. Jurnal Qalamuna-Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 13 Nomor 2.
Sugiyarti, L., Arif, A., & Mursalin. (2018). Pembelajaran Abad 21 di SD. Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar.
Sumarno. (2019). Pembelajaran Kompetensi Abad 21 Menghadapi Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran, 272–287.
Supriadi, O. (2009). Pengembangan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar. Jurnal Tabularasa PPS Unimed.
Sutanto, P. (2017a). Panduan Implementasi Kecakapan Abad 21 Kurikulum 2013 di SMA. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Sutanto, P. (2017b). Panduan Implementasi Kecakapan Abad 21 Kurikulum 2013 di SMA. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Sutarmanto. (2015). Kompetensi Dan Profesionalisme Guru. Jurnal Visi Ilmu Pendiidkan.
Syaodih, N. S. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.
Wati, Darmanella Dian Eka. (2021). Validitas Buku Panduan Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang Terintegrasi Kecakapan Abad 21. Physics and Science Educational Journal (PSEJ), 1 Nomor 3, 108–115.
Widodo, S. & K. R. (2020). Mengajarkan Keterampilan Abad 21 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, Creativity and Innovation di Sekolah Dasar. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 7 Nomor 2(Kecakapan Abad 21), 185–197.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).