Peningkatan Kompetensi Managerial Kepala Madrasah Melalui Penilaian Kinerja Kepala Madrasah [PKKM] di MAN 5 Ciamis
DOI:
https://doi.org/10.36052/andragogi.v10i1.286Keywords:
Head of Madrasah, Managerial Competence, Performance AppraisalAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi managerial kepala madrasah sebelum dilaksanakan PKKM dan dampak PKKM terhadap kompetensi managerial kepala madrasah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan [action research]. Alat pengumpulan data meliputi daftar pertanyaan pada saat wawancara, paper and pencil untuk mencatat temuan penting selama proses penelitian, dan instrumen evadir PKKM untuk kompetensi manajerial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi managerial kepala madrasah sebelum dilaksanakan PPKM adalah sebanyak dua puluh lima indikator bernilai sangat baik, sepuluh indikator bernilai baik, dan lima indikator bernilai cukup. Dari keseluruhan indikator yang dinilai, diperoleh nilai rata-rata 3,625, dengan kategori baik. Terjadi peningkatan kompetensi managerial kepala madrasah setelah dlakukan PPKM, yaitu peningkatan nilai menjadi sangat baik dari nilai baik sebesar 7 %, peningkatan nilai baik dari nilai cukup sebesar 10 %. Peningkatan tersebut tampak dalam unsur; menciptakan budaya dan iklim madrasah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran peserta didik, pengelolaan sarana prasarana madrasah dalam rangka pendayagunaan secara optimal, pengelolaan pengembangan kurikulum dan kegiatan pembelajaran sesuai dengan arah dan tujuan pendidikan nasional, dan masih terdapat stagnasi kinerja manajerial dalam mengelola sarana prasarana madrasah pada pendayagunaan fasilitas penunjang.
Kata kunci: Kepala Madrasah, Kompetensi Managerial, Penilaian Kinerja
Downloads
References
Abbas, 2017. Penilaian Kinerja Kepala Sekolah. Didaktika. Jurnal Kependidikan. Volume 11 Nomor 1- Juni 2017. ISSN 1978 – 0214
Afdal, M dan Amin, Sulvahrul. 2021. Implementasi Kebijakan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMA Negeri 4 Kabupaten Bantaeng. Equilibrium; Jurnal Pendidikan. Volume IX Issu 1. Januari – April 2021. http://journal.unismuh.ac.id/index.php/
Bachtiar, M dan Nurochmah, Andi. 2018. Kinerja Kepala Sekolah. Seminar Nasional Administrasi Pendidikan dan Manajemen Pendidikan. Makasar, April 2018
Dewi, Rosmala. 2012. Kinerja Kepala Sekolah: Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Konflik dan Efikasi Diri. Jurnal Ilmu Pendidikan. Jilid 18, Nomor 2, Desember 2012. Halaman 150 - 156
Dhiyana, Nur, dkk, 2018, Pelaksanaan Supervisi Managerial dalam Rangka Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah. JAMP: Jurnal Adminitrasi dan Manajemen Pendidikan. Volume 1 Nomor 2 Juni 2018, Hal : 213-221
Fauzi Hafidh Nur. 2020. Kinerja Kepala Sekolah sebagai Leader dalam Manajemen Mutu Terpadu di SD Muhammadiyah Pendowoharjo. Journal of Islamic Education and Innovation Volume 1 Nomor 2. July – Desember 2020, p 29 – 38, p-ISSN 2746 – 9999.
Harmin, Imrhon. 2017. Upaya Peningkatan Kinerja Kepala Sekolah dalam Menilai Kompetensi Guru di Sekolah Dasar Negeri 10 Tempilang dan Sekolah Dasar Negeri 11 Tempilang. Jurnal Tarbawy. Jurnal Pendidikan Islam. Volume 4 Nomor 1 . Juni 2017. Halaman 1 – 22. DOI: https://doi.org/10.32923/tarbawy.v4i1.811.
Herawan, Endang. 2008. Kinerja Kepala Sekolah . Jurnal Administrasi Pendidikan UPI, ISSN: p. 1412 – 8152. e – 2580. 1007. Volume 7 Nomor 1 Tahun 2008
Iskandar, Uray. 2013. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Peningkatan Kinerja Guru. Visi Jurnal Ilmu Pendidikan, Volume 10 Nomor 1 Tahun 2013. ISSN[ 2085 – 9848 [ptint] dan ISSN: 2579 – 552X [online]
Iskandar, Wahyu. 2019. Prototipe Supervisi Pendidikan dan Kinerja Kepala Sekolah/Madrasah dalam Rangka Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Isema [Islamic Education Manajemen] 4 [2] [2019] 163 – 180. http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/isema
Karna Sobahi, dkk. 2010. Manajemen Pendidikan. Bandung. Cakra
Kemenag. 2009. SK Dirjen Pendis Nomor 1111, tentang Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM)
Kurnia, Ade. 2022. Supervisi Tenaga Kependidikan di Madrasah Aliyah Negeri 5 Jakarta Utara. Manajerial. Jurnal Inovasi Manajemen dan Supervisi Pendidikan. Volume 2 Nomor 1. Maret 2022. p-2797, e-2797 – 5606
Liskayani, dkk. 2019.Evaluasi Kinerja Kepala Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Air Kumbang Berdasarkan Beban Kerja Sesuai dengan Peraturan Pemerintah. JPDN [Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara] Volume 5 Nomor 1. Juli 2018. Doi: https://doi.org/10.29407/jpdn.v4i2.13261
Luddin, Abubakar. 2013. Kinerja Kepala Sekolah dalam Kegiatan Bimbingan dan Konseling. Jurnal Ilmu Pendidikan, Jilid 19 Nomor 2 Desember 2015 Halaman 218 – 224
Usman, Harun dan Suryadi. 2016. Kinerja Kepala Sekolah sebagai Supervisor dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru MTsN di Kabupaten Aceh Barat Daya. Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala Volume 4 Nomor 2 Mei 2016. ISSN 2302 – 0156 Halaman 22 - 39
Muzakar. 2014. Kinerja Lepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Lulusan pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Meureubo. Jurnal Ilmiah Islam Futura. Volume 14 Nomor 1. Agustus 2014
Nuriah, Aziz dan Husain. 2022. Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Tenaga Guru Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. Edukatif, Jurnal Ilmu Pendidikan. Volume 4 Nomor 1 Tahun 2022. Halaman 265 - 571
Pratama, Tyas dkk. 2018. Penilaian Kinerja Kepala Sekolah/Madrasah SMA/SMK di Kecamatan Bumiayu Menggunakan Metode Topsis. Jurnal Telematika Vol. 11 No. 1 Februari 2018 120 ISSN : 1979 – 925X e-ISSN : 2442 – 4528.
Rafid dan Tinus. 2019. Kinerja Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Tenaga Pendidik di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Latambaga, Kolaka. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan Volume 7, Nomor 2, September 2019 (188-198) DOI: https://doi.org/10.21831/amp.v7i2.28012
Rohmatika, Ratu Vina. 2016. Urgensi Supervisi Managerial untuk Peningkatan Kinerja Sekolah. Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, Volume 9 Nomor 1, Februari 2016
Sari, Bafadal dan Wiyono. 2018. Pelaksanaan Supervisi Managerial dalam Rangka Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah. JAMP, Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, Volume 1 Nomor 2, Juni 2018. Hal 213 – 221
Siregar, Kusmanto dan Isnaini. 2016. Evaluasi Kinerja Kepala Sekolah Menengah Kejuruan se-Kabupaten Langkat Tahun 2015. Jurnal Administrasi Publik. Volume 6 [1] Juni [2-16] p-ISSN: 2088 – 527x, e – ISSN: 2548 - 7787. http://ojs.uma.ac.id/index.php/adminpublik
Sya’roni, dkk. 2018. Dampak Motivasi, Disiplin Kerja dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru. JSMBI [Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia] Volume 8 Nomor 2 Desember 2018. Halaman 131 – 147.
Setyawan, D. dan Zuhaery, M. 2022, Penilaian Kinerja Kepala Sekolah dan Guru Muhammadiyah Kecamatan Tempel. AoEJ. Academy of Education Journal. Volume 13 No. 1 Tahun 2022.
Tarigan Herwanta. 2020. Analisis Kinerja Kepala Sekolah Dalam Melaksanakan Tugas Pokok Dan Fungsi Guru Di SMA Negeri 1 Kutalimbaru. Jurnal manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi [JMT – DMT]. Volume 1 Nomor 2 April 2020. E-ISSN 2715 – 9213
Yusuf, Munawir. 2012. Kinerja Kepala Sekolah dalam Mengimplementasikan Pendidikan Inklusif. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Volume 18 Nomor 4 Tahun 2012.
Zainuddin dkk. 2020. Peran Kepala Sekolah Meningkatkan Kualitas Kinerja Guru di Madrasah Tsanawiyah darul Ihsan Anggana. Jurnal Tarbiyah & Ilmu Keguruan [JTIK] Borneo Volume 1 Nomor 2. 2020. E-ISSN: 2714 – 6030.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).