Strategi Humas dan Marketing Pendidikan Dasar Pasca Pandemi Covid-19 di Indonesia

  • Ahmad Zain Sarnoto Institut PTIQ Jakarta
DOI: https://doi.org/10.36052/andragogi.v10i1.289
Abstract Views: 321 | PDF Downloads: 408

Downloads

Download data is not yet available.
  
Keywords: Strategi, Humas dan Marketing, Pasca Pandemi covid-19

Abstract

Covid-19 membawa perubahan mendasar di dunia pendidiikan, termasuk di bidang kehumasan dan marketing pendidikan. Penelitian ini mengkaji strategi humas dan marketing pendidikan dasar, menengah, dan tinggi pasca pandemi Covid-19, antara peluang dan tantangannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode kepustakaan. Data dikumpulkan dengan teknik dokumentasi. Teori yang dipakai untuk menganalisa data adalah teori strategi public relation (PR) dan marketing pendidikan. Temuan penelitian ini: pertama, strategi Humas dan Marketing Pendidikan. Pendidikan Tingkat Dasar mengupayakan beberapa strategi, antara lain: penguatan kerjasama internal dan eksternal, serta mencari dukungan kebijakan kepala sekolah terhadap program kehumasan dan marketing. Kedua, tantangan Humas dan Marketing Pendidikan. Di tingkat pendidikan dasar tantangan utamanya adalah ketidaksiapan SDM, infrastruktur, dan finansial, yang dapat digunakan untuk mengubah krisis yang merugikan akibat Covid-19 menjadi peluang yang menguntungkan. Ketiga, solusi bagi permasalahan humas dan marketing pendidikan. Di tingkat pendidikan dasar, ada dua macam solusi: holistik dan kontekstual. Solusi yang bersifat holistik adalah penguatan SDM, finansial, dan infrastruktur. Solusi yang bersifat kontekstual pada tingkat pendidikan dasar, lembaga membutuhkan tim khusus yang menangani marketing. Tim Khusus ini ditugaskan untuk melakukan persiapan yang dibutuhkan untuk mengatasi krisis maupun berjaga-jaga di kemudian hari.

References

Abdila, R. (2020). Ragam Upaya Pemerintah Tingkatkan Kualitas Pembelajaran Jarak Jauh. [Online]. Https://Www.Tribunnews.Com/ [Accessed 14 Juni 2022].
Alfiyanto, A. (2020). Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan Berbasis Budaya Religius. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 10(1), 53–62. https://doi.org/10.35673/ajmpi.v10i1.867
Annah, A. N. (2020). Strategi pemasaran jasa pendidikan dalam membangun citra di Sekolah Dasar Islam Mohammad Hatta Kota Malang. Malang: Universitas Negeri Malang.
Dian Primasari, I. F. N., & Zulela, Z. (2021). Kendala Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Secara Online Selama Masa Pandemik Covid-19 di Sekolah Dasar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(1), 64. https://doi.org/10.26858/jkp.v5i1.16820
Dina, L. N. A. B. (2020). Respon Orang Tua Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Thufuli : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 45–52. https://doi.org/10.33474/thufuli.v2i1.6925
Fathorrozi, F., & Muhith, A. (2021). Peran Kepala Sekolah dalam Pelaksanaan Manajemen Pemasaran Sekolah Dasar di Jember Jawa Timur. JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, 3(2), 203–220. https://doi.org/10.35719/jieman.v3i2.73
Fawkes, J. (2015). Public Relations Ethics and Professionalism: The Shadow of Excellence. Oxon: Routledge.
Fithriyah, M., & Fithrah. (2017). Metodologi Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Sukabumi: CV. Jejak.
Fradito, A., Suti’ah, & Muliyadi. (2020). Strategi Pemasaran Pendidikan dalam Meningkatkan Citra Sekolah. Al-Idarah : Jurnal Kependidikan Islam, 10(1), 12–22. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/alidarah.v10i1.6203
George, A. (2020). The New Public Relations: Integrating Marketing and Public Relations Strategies for Student Recruitment and Institutional Image Building–A Case Study of the University of Texas at San Antonio. Journal of Nonprofit & Public Sector Marketing, 7(4), 17–31.
Heath, R. L. (2001). Handbook of Public Relations. Thousand Oak: Sage Publication.
Hollweck, T., & Doucet, A. (2020). Pracademics in the pandemic: pedagogies and professionalism. Journal of Professional Capital and Community, 5(3), 295–305.
Latip, A. (2020). Peran Literasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 1(2), 107–115. https://doi.org/10.51878/edutech.v1i1.176
Maulana, P. S., Afifi, S., Komunikasi, S. I., & Indonesia, U. I. (2021). Analisis Peran dan Fungsi Public Relations di Lembaga Pendidikan Islam Analysis of the Role and Function of Public Relations at Islamic Education Institutions merupakan tempat berlangsungnya mengubah tingkah laku individu ke belajar mengajar , secara umum. Jurnal Mahasiswa Komunikasi Cantrik, 1, 147–162.
Megawanti, P., Megawati, E., & Nurkhafifah, S. (2020). Persepsi Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 75–82.
Mukhsinuddin, Tarmizi, Putra, R. S., & Furqan, M. (2021). Strategi Public Relations dalam Membangun Citra STIKOM InterStudi. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 2(2), 72–81. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/jm.v11i4.11098 STRATEGI
Munfaatin, & BS, A. W. (2022). MANAJEMENT MARKETING PENDIDIKAN DI MASA PANDEMI COVID-19. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(3), 1943–1960.
Napitupulu, R. M. (2020). Dampak pandemi Covid-19 terhadap kepuasan pembelajaran jarak jauh. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(1), 23–33. https://doi.org/10.21831/jitp.v7i1.32771
Oliver, S. (2001). Public Relations Strategy. London: Kogan Page Limited.
Rochim, A. (2020). Survei Alvara Sebut 50% Lebih Orang Tua Masih Takut Anaknya Kembali Sekolah. [Online]. Available at: Https://Edukasi.Sindonews.Com/ [Accessed 14 Juni 2022].
Sarnoto, A. Z. (2022). IMPLICATIONS OF THE GRATITUDE CONCEPT IN THE QUR’AN ON LEARNING DURING THE COVID-19 PANDEMIC. Menara Ilmu, 16(2), 1–5. https://doi.org/10.31869/mi.v16i2.3225
Sarnoto, A. Z., & Hayatina, L. (2021). Polarization of the Muslim Community Towards Government Policies in Overcoming the COVID- 19 Pandemic in Indonesia. Linguistics and Culture Review, 5(July), 642–652. https://doi.org/https://doi.org/10.37028/lingcure.v5nS1.1449
Sarnoto, A. Z., Hayatina, L., Hikmah, N., Alhan, K., & Rahmawati, S. T. (2022). Impact of the COVID-19 pandemic on the education sector in Indonesia. International Journal of Health Sciences, 167–174. https://doi.org/10.53730/ijhs.v6ns2.4985
Sarnoto, A. Z., MS, F., Surasman, O., & Lubis, Z. H. (2022). Diversity of interpretation in responding to the independent policy of learning-Independent campus during the COVID-19 pandemic. International Journal of Health Sciences, 6(April), 4429–4437. https://doi.org/https://doi.org/10.53730/ijhs.v6nS1.5900 Diversity
Suprawoto. (2018). Government Public Relations: Perkembangan dan Praktik di Indonesia. Jakarta: Kencana.
Suyitno. (2021). Strategi Hubungan Masyarakat (Public Relation) dalam Peningkatan Pemasaran Lembaga Pendidikan. Jurnal Basicedu, 5(6), 5213–5220.
Syakur, A., & Panuju, R. (2020). Peran Strategis Public Relation dalam Pengembangan Reputasi Pendidikan Tinggi: Studi Kasus Promosi di Akademi Farmasi Surabaya. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 5(1), 128. https://doi.org/10.28926/briliant.v5i1.439
Tamam, B., Z, F., & Sholeh, K. (2021). Manajemen Humas dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat: di Madrasah Diniyah Awwaliyah Nurul Holil Panyirangan - Pangarengan. KABILAH : Journal of Social Community, 6(1), 61–83.
Valentina Adisti, & Setiawan, A. C. (2021). Stategi Humas dalam meningkatkan Partisipasi Masyarakat Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 09(5), 1236–1244.
Zed, M. (2008). Metodologi Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Zuriyani, E. (2021). Solusi dan Kendala Dalam Pelatihan Jarak Jauh Online. Https://Bdkpalembang.Kemenag.Go.Id/Accessed 14 Juni 2022.
Published
2022-06-28