Evaluasi Pelatihan Jarak Jauh Metodologi Pembelajaran Bagi Guru pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Merauke
DOI:
https://doi.org/10.36052/andragogi.v10i2.291Keywords:
Pelatihan jarak jauh, Guru, CIPPAbstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengevaluasi pelatihan jarak jauh metodologi pembelajaran bagi guru di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Merauke. Pelaksanaan evaluasi menggunakan teori CIPP (Context, Input, Process, Product). Metode survei yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Peserta pelatihan adalah guru madrasah dan Pendidikan Agama Pada Sekolah (Multi agama) di Kabupaten Merauke dengan jumlah responden 40 orang sebagai peserta pelatihan jarak jauh. Instrumen penelitian ini menggunakan angket melalui Google Formulir. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa pembelajaran jarak jauh yang dilakukan termasuk dalam kategori sedang pada komponen konteks dan input peserta. Sedangkan pada kategori tinggi terlihat jelas pada komponen proses dan produk. Dengan demikian, pelatihan jarak jauh yang diselenggarakan memerlukan ketersediaan infrastruktur dan dukungan peserta yang mampu mengoperasikan perangkat komputer.
Downloads
References
Abdullah, W. (2017). Blended Learning Approach Initiating Application in Primary School. Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar, 7(2).
Akhmadi, A. (2020). Distance Training Evaluation in Pandemy. Inovasi, 14 no 2, 136–144. https://scholar.google.co.id/citations
Badanlitbang. 2021. Keputusan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan dan Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Agama Nomor 67 Tahun 2021 tentang petunjuk pelaksanaan penyelenggaraan pelatihan pada Badan Penelitian dan Pengembangan dan Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Agama: Jakarta. Kementerian Agama.
Bilfaqih, Y., & Qomarudin, M. N. (2015). Esensi Penyusunan Materi Daring. January 2015, 132.
Cavus, N., & Alhih, M. S. (2014). Learning Management Systems Use in Science Education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 143, 517–520. https://doi.org/10.1016/ j.sbspro.2014.07.429
Dewi Prasari Suryawati. (2016). Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Terhadap Pembentukan Karakter Siswa di MTs Negeri Semanu Gunungkidul. Jurnal Pendidikan Madrasah, 1(2), 314.
Ekawati, N. E. (2018). Application of Blended Learning with Edmodo Application Based on PDEODE Learning Strategy to Increase Student Learning Achievement. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 8(1), 7–16. https://doi.org/10.30998/formatif. v8i1.2303
Inayati, N. (2021). Penerapan E-learning Pembelajaran IPA Pada Masa Pandemi Covid-19 di MTs Nurul Huda Arso III. Honai, Vol 3, 92–103.
Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru : Hambatan, Solusi dan Proyeksi. Karya Tulis Ilmiah UIN Sunan Gunung Djjati Bandung, 1–10. http://digilib.uinsgd.ac.id/30518/
Marta, R. (2018). Evaluasi Implementasi Pembelajaran Keterampilan Komputer Dan Pengolahan Informasi (Kkpi) Kpi Berbasis E-Learning. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 11(1), 43–56. https://doi.org/10.24036/tip.v11i1.96
Rahman, M. A., Amarullah, R., & Hidayah, K. (2020). Evaluasi Penerapan Model Pembelajaran E-Learning pada Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil. Jurnal Borneo Administrator, 16(1), 101–116. https://doi.org/10.24258/jba.v16i1.656
Riyanda, A. R., Herlina, K., & Wicaksono, B. A. (2020). Evaluasi Implementasi Sistem Pembelajaran Daring Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Jurnal IKRA-ITH Humaniora, 4(1), 66–71. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ ikraith-humaniora/article/view/669
Setiawan, R., Mardapi, D., Pratama, A., & Ramadan, S. (2019). Efektivitas blended learning dalam inovasi pendidikan era industri 4.0 pada mata kuliah teori tes klasik. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(2), 148–158. https://doi.org/10.21831/jitp.v6i2. 27259
Sugiyono. 2014. Metode penelitian kombinasi (Mixed Methods). Bandung; Alfabeta
Suyono, H. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
UMY. 2018. Panduan Penjaminan Mutu Proses Pembelajaran Daring. Yogyakarta:Tim SPADA universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).