Evaluasi Pelatihan Jarak Jauh Metodologi Pembelajaran Bagi Guru pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Merauke

  • Joko Waluyo Balai Diklat Keagamaan Papua
DOI: https://doi.org/10.36052/andragogi.v10i2.291
Abstract Views: 272 | PDF Downloads: 326

Downloads

Download data is not yet available.
  
Keywords: Pelatihan jarak jauh, Guru, CIPP

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengevaluasi pelatihan jarak jauh metodologi pembelajaran bagi guru di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Merauke. Pelaksanaan evaluasi menggunakan teori CIPP (Context, Input, Process, Product). Metode survei yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Peserta pelatihan adalah guru madrasah dan  Pendidikan Agama Pada Sekolah (Multi agama) di Kabupaten Merauke dengan jumlah responden 40 orang sebagai peserta pelatihan jarak jauh. Instrumen penelitian ini menggunakan angket melalui Google Formulir. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa pembelajaran jarak jauh yang dilakukan termasuk dalam kategori sedang pada komponen konteks dan input peserta. Sedangkan pada kategori tinggi terlihat jelas pada komponen proses dan produk. Dengan demikian, pelatihan jarak jauh yang diselenggarakan memerlukan ketersediaan infrastruktur dan dukungan peserta yang mampu mengoperasikan perangkat komputer.

References

Abdullah, W. (2017). Blended Learning Approach Initiating Application in Primary School. Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar, 7(2).

Akhmadi, A. (2020). Distance Training Evaluation in Pandemy. Inovasi, 14 no 2, 136–144. https://scholar.google.co.id/citations

Badanlitbang. 2021. Keputusan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan dan Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Agama Nomor 67 Tahun 2021 tentang petunjuk pelaksanaan penyelenggaraan pelatihan pada Badan Penelitian dan Pengembangan dan Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Agama: Jakarta. Kementerian Agama.

Bilfaqih, Y., & Qomarudin, M. N. (2015). Esensi Penyusunan Materi Daring. January 2015, 132.

Cavus, N., & Alhih, M. S. (2014). Learning Management Systems Use in Science Education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 143, 517–520. https://doi.org/10.1016/ j.sbspro.2014.07.429

Dewi Prasari Suryawati. (2016). Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Terhadap Pembentukan Karakter Siswa di MTs Negeri Semanu Gunungkidul. Jurnal Pendidikan Madrasah, 1(2), 314.

Ekawati, N. E. (2018). Application of Blended Learning with Edmodo Application Based on PDEODE Learning Strategy to Increase Student Learning Achievement. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 8(1), 7–16. https://doi.org/10.30998/formatif. v8i1.2303

Inayati, N. (2021). Penerapan E-learning Pembelajaran IPA Pada Masa Pandemi Covid-19 di MTs Nurul Huda Arso III. Honai, Vol 3, 92–103.

Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru : Hambatan, Solusi dan Proyeksi. Karya Tulis Ilmiah UIN Sunan Gunung Djjati Bandung, 1–10. http://digilib.uinsgd.ac.id/30518/

Marta, R. (2018). Evaluasi Implementasi Pembelajaran Keterampilan Komputer Dan Pengolahan Informasi (Kkpi) Kpi Berbasis E-Learning. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 11(1), 43–56. https://doi.org/10.24036/tip.v11i1.96

Rahman, M. A., Amarullah, R., & Hidayah, K. (2020). Evaluasi Penerapan Model Pembelajaran E-Learning pada Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil. Jurnal Borneo Administrator, 16(1), 101–116. https://doi.org/10.24258/jba.v16i1.656

Riyanda, A. R., Herlina, K., & Wicaksono, B. A. (2020). Evaluasi Implementasi Sistem Pembelajaran Daring Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Jurnal IKRA-ITH Humaniora, 4(1), 66–71. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ ikraith-humaniora/article/view/669

Setiawan, R., Mardapi, D., Pratama, A., & Ramadan, S. (2019). Efektivitas blended learning dalam inovasi pendidikan era industri 4.0 pada mata kuliah teori tes klasik. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(2), 148–158. https://doi.org/10.21831/jitp.v6i2. 27259

Sugiyono. 2014. Metode penelitian kombinasi (Mixed Methods). Bandung; Alfabeta

Suyono, H. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

UMY. 2018. Panduan Penjaminan Mutu Proses Pembelajaran Daring. Yogyakarta:Tim SPADA universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Published
2022-12-21