Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen: Pendekatan Literatur Review
DOI:
https://doi.org/10.36052/andragogi.v10i2.293Keywords:
Guru, Siswa, Metode Pembelajaran, Pendidikan Agama KristenAbstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan metode pembelajaran yang digunakan guru di sekolah dalam menyampaikan materi pembelajaran Pendidikan Agama Kristen. Mendeskripsikan dampak penggunaan metode pembelajaran yang digunakan oleh guru di sekolah dalam menyampaikan materi pembelajaran Pendidikan Agama Kristen bagi siswa. Karena penelitian ini bertujuan untuk melakukan identifikasi, evaluasi dan intrepretasi terhadap semua hasil penelitian yang terkait dengan metode pembelajaran Pendidikan Agama Kristen maka digunakan metode systematic literature review. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa metode pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam menyampaikan materi pembelajaran yaitu metode pemberian tugas, metode diskusi kelompok, metode pembelajaran secara langsung, metode tanya jawab, dan metode belajar kelompok. Dampak penggunaan metode pembelajaran oleh guru dalam menyampaikan mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen kepada siswa adalah dalam bentuk peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa. Mayoritas metode pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam menyampaikan materi pelajaran Pendidikan Agama Kristen kepada siswa dapat meningkatkan hasil belajar siswa, tetapi metode pembelajaran secara langsung tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen.
Downloads
References
Ardiana, D. P. Y., Widyastuti, A., Susanti, S. S., Hali, N. M., Herlina, E. S., Nugroho, D. Y., Fitria, D., Veryawan, & Yuniwati, I. (2021). Metode Pembelajaran Guru. In Metode Pembelajaran Guru. Yayasan Kita Menulis.
Aritonang, K. (2008). Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur, 10, 11–21.
Basuki, K. H. (2015). Pengaruh Kecerdasan Spiritual dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(2), 120–133. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i2.332
Darmadi, H. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa (Pertama). Deepublish.
Homrighausen, E. G., & Enklaar, I. H. (1996). Pendidikan Agama Kristen. BPK Gunung Mulia.
Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (Issue 1).
Indonesia. (2007). Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2007 Tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan.
Karo-karo, S., Butar-butar, M., Sembiring, F. D., & Hulu, H. (2022). Implementasi metode diskusi kelompok terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama kristen. Jurnal Pendidikan Religius, 4(1), 1–14.
Menie, E. (2020). Peningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Kristen Kelas IV Tema “Hidup Bersyukur” Melalui Metode Pemberian Tugas Di Sekolah Dasar Negeri Beriwit 3. Veritas Lux Mea (Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen), 2(1), 71–79.
Nasution, S. (2011). Didaktik Asas-Asas Mengajar. Bumi Aksara.
Pardede, M., Manalu, M., & Marpaung, C. (2020). Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Pendidikan Religius, 4(1), 29–42.
Permatasari, R. (2018). Faktor-faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Guna Dharma Bandar Lampung (Issue September). UIN Raden Intan Bandar Lampung.
Saragih, R. N., Margarita, M., & Saragih, E. E. (2022). Efektivitas metode tanya jawab dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama kristen. Jurnal Pendidikan Religius, 4(1), 43–56.
Sedarmayanti. (2009). Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Penerbit Mandar Maju.
Siswanto. (2010). Systematic Review Sebagai Metode Penelitian Untuk Mensintasis Hasil-Hasil Penelitian (Sebuah Pengantar) (Systematic Review as a Research Method to Synthesize Research Results (An Introduction)). Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, 13(4), 326–333.
Sitorus, M. (2022). Peningkatan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Kristen Melalui Metode Belajar Kelompok dan Tanya Jawab Di SD Negeri 025 Teluk Binjai Kota Dumai. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 1770–1778.
Tantangan Pendidikan Agama | Republika Online. (n.d.). Retrieved April 5, 2022, from https://www.republika.co.id/berita/pz392c282/tantangan-pendidikan-agama
Tantangan Peningkatan Mutu Pembelajaran PAI Bagi Guru (Direktorat Pendidikan Agama Islam. (n.d.). Retrieved April 5, 2022, from http://www.pendis.kemenag.go.id/pai/berita-158-tantangan-peningkatan-mutu-pembelajaran-pai-bagi-guru.html#informasi_judul
Yulianingsih, D., & Lumban Gaol, S. M. (2019). Keterampilan Guru PAK Untuk Meningkatkan Minat Belajar Murid Dalam Proses Pembelajaran Di Kelas. FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika, 2(1), 100–119. https://doi.org/10.34081/fidei.v2i1.47
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).