Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen: Pendekatan Literatur Review

  • Yudha Nata Saputra Sekolah Tinggi Teologi Cipanas
DOI: https://doi.org/10.36052/andragogi.v10i2.293
Abstract Views: 67 | PDF Downloads: 62

Downloads

Download data is not yet available.
  
Keywords: Guru, Siswa, Metode Pembelajaran, Pendidikan Agama Kristen

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan metode pembelajaran yang digunakan guru di sekolah dalam menyampaikan materi pembelajaran Pendidikan Agama Kristen. Mendeskripsikan dampak penggunaan metode pembelajaran yang digunakan oleh guru di sekolah dalam menyampaikan materi pembelajaran Pendidikan Agama Kristen bagi siswa. Karena penelitian ini bertujuan untuk melakukan identifikasi, evaluasi dan intrepretasi terhadap semua hasil penelitian yang terkait dengan metode pembelajaran Pendidikan Agama Kristen maka digunakan metode systematic literature review. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa metode pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam menyampaikan materi pembelajaran yaitu metode pemberian tugas, metode diskusi kelompok, metode pembelajaran secara langsung, metode tanya jawab, dan metode belajar kelompok. Dampak penggunaan metode pembelajaran oleh guru dalam menyampaikan mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen kepada siswa adalah dalam bentuk peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa. Mayoritas metode pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam menyampaikan materi pelajaran Pendidikan Agama Kristen kepada siswa dapat meningkatkan hasil belajar siswa, tetapi metode pembelajaran secara langsung tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen.  

References

Aidah, S. N., & Indonesia, T. P. K. (2020). Cara Efektif Penggunaan Metode dan Model Pembelajaran. Penerbit KBM Indonesia.
Ardiana, D. P. Y., Widyastuti, A., Susanti, S. S., Hali, N. M., Herlina, E. S., Nugroho, D. Y., Fitria, D., Veryawan, & Yuniwati, I. (2021). Metode Pembelajaran Guru. In Metode Pembelajaran Guru. Yayasan Kita Menulis.
Aritonang, K. (2008). Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur, 10, 11–21.
Basuki, K. H. (2015). Pengaruh Kecerdasan Spiritual dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(2), 120–133. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i2.332
Darmadi, H. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa (Pertama). Deepublish.
Homrighausen, E. G., & Enklaar, I. H. (1996). Pendidikan Agama Kristen. BPK Gunung Mulia.
Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (Issue 1).
Indonesia. (2007). Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2007 Tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan.
Karo-karo, S., Butar-butar, M., Sembiring, F. D., & Hulu, H. (2022). Implementasi metode diskusi kelompok terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama kristen. Jurnal Pendidikan Religius, 4(1), 1–14.
Menie, E. (2020). Peningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Kristen Kelas IV Tema “Hidup Bersyukur” Melalui Metode Pemberian Tugas Di Sekolah Dasar Negeri Beriwit 3. Veritas Lux Mea (Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen), 2(1), 71–79.
Nasution, S. (2011). Didaktik Asas-Asas Mengajar. Bumi Aksara.
Pardede, M., Manalu, M., & Marpaung, C. (2020). Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Pendidikan Religius, 4(1), 29–42.
Permatasari, R. (2018). Faktor-faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Guna Dharma Bandar Lampung (Issue September). UIN Raden Intan Bandar Lampung.
Saragih, R. N., Margarita, M., & Saragih, E. E. (2022). Efektivitas metode tanya jawab dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama kristen. Jurnal Pendidikan Religius, 4(1), 43–56.
Sedarmayanti. (2009). Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Penerbit Mandar Maju.
Siswanto. (2010). Systematic Review Sebagai Metode Penelitian Untuk Mensintasis Hasil-Hasil Penelitian (Sebuah Pengantar) (Systematic Review as a Research Method to Synthesize Research Results (An Introduction)). Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, 13(4), 326–333.
Sitorus, M. (2022). Peningkatan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Kristen Melalui Metode Belajar Kelompok dan Tanya Jawab Di SD Negeri 025 Teluk Binjai Kota Dumai. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 1770–1778.
Tantangan Pendidikan Agama | Republika Online. (n.d.). Retrieved April 5, 2022, from https://www.republika.co.id/berita/pz392c282/tantangan-pendidikan-agama
Tantangan Peningkatan Mutu Pembelajaran PAI Bagi Guru (Direktorat Pendidikan Agama Islam. (n.d.). Retrieved April 5, 2022, from http://www.pendis.kemenag.go.id/pai/berita-158-tantangan-peningkatan-mutu-pembelajaran-pai-bagi-guru.html#informasi_judul
Yulianingsih, D., & Lumban Gaol, S. M. (2019). Keterampilan Guru PAK Untuk Meningkatkan Minat Belajar Murid Dalam Proses Pembelajaran Di Kelas. FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika, 2(1), 100–119. https://doi.org/10.34081/fidei.v2i1.47
Published
2022-12-22