Pelatihan Pengelolaan Dokumen untuk Pengajuan Akreditasi Lembaga Raudlatul Athfal Se-Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan
DOI:
https://doi.org/10.36052/andragogi.v10i2.298Keywords:
Akreditasi, Raudhatul Athfal, Pengelolaan Dokumen, PelatihanAbstract
Kegiatan pelatihan ini hendak membuat beberapa lembaga Raudhatul Athfal (RA) di Kabupaten Pamekasan bisa memenuhi standar yang ditetapkan berdasarkan instrumen penilaian yang disusun oleh Badan Akreditasi Nasional Anak Usia Dini dan Pendidikan Non Formal (BAN PAUD & PNF). Target kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah 1). Lembaga mampu menganalisis kesiapan persayaratan maupun dokumen-dokumen yang dimiliki untuk bisa terakreditasi; 2). Lembaga mampu menyusun kebutuhan dokumen sebagai persyaratan akreditasi; 3). Lembaga mampu mengajukan akreditasi melalui aplikasi SISPENA. Metode yang dilakukan adalah dengan kegiatan workshop untuk memberikan gambaran dan pemahaman pengelola lembaga RA terhadap instrumen akreditasi. Selanjutnya lembaga melakukan refleksi/evaluasi terhadap kesiapan lembaganya dalam rangka proses pengajuan akreditasi. Tahapan terakhirnya adalah lembaga menyusun dokumen yang dibutuhkan untuk memenuhi persyaratan akreditasi. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini mampu memberikan gambaran secara konkrit terkait pelaksanaan akreditasi sekolah serta tahapan-tahapannya. Diharapkan, kegiatan ini dapat memotivasi lembaga RA untuk terus meningkatkan mutu lembaga masing-masing melalui akreditasi sekolah.
Downloads
References
PAUD yang menyenangkan indikator PAUD yang berkualitas. 2021. Diakses pada 27 November 2022. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2021/11
https://referensi.data.kemdikbud.go.id/pendidikan/paud/052600/2/all/all/all. Diakses pada 1 Oktober 2022.
Departemen Pendidikan Nasional. (2005). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional pendidikan, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Departemen Pendidikan Nasional, (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003,. Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Depdiknas.
Kismianti, P. (2017). Stadart Pengelolaan Pendidikan TK Berdasarkan Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 di RA Al Muna Kota Semarang. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Susanto, A. (2016). Konsep, Strategi, dan Implementasi Manajemen Peningkatan Kinerja Guru. Jakarta: Kencana
Latif, M., Zubaidah, R., Afandi, M. & Zukhairina, (2016). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini. Teori dan Aplikasi. Jakarta: Prenadamedia Group.
Sanjaya, Wina. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses. Jakarta: Prenadamedia Group.
Elliott, K. (2015). Teacher Performance Appraisal: More about Performance or Development? Australian Journal of Teacher Education, 40(40). doi: 10.14221/ajte.2015v40n9.6
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).