Pelatihan Pengelolaan Dokumen untuk Pengajuan Akreditasi Lembaga Raudlatul Athfal Se-Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan

  • Jamiludin Usman Institut Agama Islam Negeri Madura
  • Danang Prastyo Institut Agama Islam Negeri Madura
  • Denok Dwi Anggraini Institut Agama Islam Negeri Madura
  • Nisa’el Amala Institut Agama Islam Negeri Madura
  • Ardhana Reswari Institut Agama Islam Negeri Madura
  • Selfi Lailiyatul Iftitah Institut Agama Islam Negeri Madura
  • Luthfatun Nisa’ Institut Agama Islam Negeri Madura
  • Rasidi Rasidi Institut Agama Islam Negeri Madura
  • Thorik Aziz Institut Agama Islam Negeri Madura
  • Alfarobi Ahmad Sulaiman Institut Agama Islam Negeri Madura
  • Mudrikatul Amaniyah Institut Agama Islam Negeri Madura
DOI: https://doi.org/10.36052/andragogi.v10i2.298
Abstract Views: 56 | PDF Downloads: 26

Downloads

Download data is not yet available.
  
Keywords: Akreditasi, Raudhatul Athfal, Pengelolaan Dokumen, Pelatihan

Abstract

Kegiatan pelatihan ini hendak membuat beberapa lembaga Raudhatul Athfal (RA) di Kabupaten Pamekasan bisa memenuhi standar yang ditetapkan berdasarkan instrumen penilaian yang disusun oleh Badan Akreditasi Nasional Anak Usia Dini dan Pendidikan Non Formal (BAN PAUD & PNF). Target kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah 1). Lembaga mampu menganalisis kesiapan persayaratan maupun dokumen-dokumen yang dimiliki untuk bisa terakreditasi; 2). Lembaga mampu menyusun kebutuhan dokumen sebagai persyaratan akreditasi; 3). Lembaga mampu mengajukan akreditasi melalui aplikasi SISPENA. Metode yang dilakukan adalah dengan kegiatan workshop untuk memberikan gambaran dan pemahaman pengelola lembaga RA terhadap instrumen akreditasi. Selanjutnya lembaga melakukan refleksi/evaluasi terhadap kesiapan lembaganya dalam rangka proses pengajuan akreditasi. Tahapan terakhirnya adalah lembaga menyusun dokumen yang dibutuhkan untuk memenuhi persyaratan akreditasi. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini mampu memberikan gambaran secara konkrit terkait pelaksanaan akreditasi sekolah serta tahapan-tahapannya. Diharapkan, kegiatan ini dapat memotivasi lembaga RA untuk terus meningkatkan mutu lembaga masing-masing melalui akreditasi sekolah.

References

PAUD yang menyenangkan indikator PAUD yang berkualitas. 2021. Diakses pada 27 November 2022. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2021/11

https://referensi.data.kemdikbud.go.id/pendidikan/paud/052600/2/all/all/all. Diakses pada 1 Oktober 2022.

Departemen Pendidikan Nasional. (2005). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional pendidikan, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Departemen Pendidikan Nasional, (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003,. Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Depdiknas.

Kismianti, P. (2017). Stadart Pengelolaan Pendidikan TK Berdasarkan Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 di RA Al Muna Kota Semarang. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Susanto, A. (2016). Konsep, Strategi, dan Implementasi Manajemen Peningkatan Kinerja Guru. Jakarta: Kencana

Latif, M., Zubaidah, R., Afandi, M. & Zukhairina, (2016). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini. Teori dan Aplikasi. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sanjaya, Wina. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses. Jakarta: Prenadamedia Group.

Elliott, K. (2015). Teacher Performance Appraisal: More about Performance or Development? Australian Journal of Teacher Education, 40(40). doi: 10.14221/ajte.2015v40n9.6

Published
2022-12-31