Minat Peserta Didik MTsN 3 Banyuwangi dalam Gim Blooket pada Pembelajaran Bahasa Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.36052/andragogi.v10i2.299Keywords:
minat peserta didik; Blooket; pembelajaran bahasa IndonesiaAbstract
Pembelajaran abad 21 menekankan pada kesiapan generasi emas 2045. Untuk mencapai hal tersebut, diperlukan pembelajaran yang memanfaatkan teknologi. Blooket dapat menjadi platform yang digunakan untuk menarik minat peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjabarkan minat peserta didik terhadap penerapan Blooket. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa angket dan observasi. Penelitian ini melibatkan 37 peserta didik dari dua kelas. Data yang dikumpulkan menunjukkan bahwa peserta didik memiliki minat sangat tinggi dengan rerata keseluruhan aspek angket adalah 83,09% yang jika dikonversi ke skala 4 adalah 3,32 dengan kategori sangat tinggi.
Downloads
References
Bayu, Dimas. (2022). Remaja Paling Banyak Gunakan Internet di Indonesia pada 2022, https://dataindonesia.id/Digital/detail/remaja-paling-banyak-gunakan-internet-di-indonesia-pada-2022, diakses pada 19 Oktober 2022.
Bratel, O., Kostiuk, M., Bratel, S., & Okhrimenko, I. (2021). Student-Centered Online Assesment in Foreign Language Classes. Linguistics and Culture Review, 5(S3), 926-941. https://doi.org/10.21744/ling, diakses pada 18 Oktober 2022.
Harris, phrasedllc: D. K. (2021, January 27). 7 Reasons Why Blooket is the Best Way to Engage Students. Retrieved December 29, 2022, from PHraseD website: https://www.phrasedllc.com/post/blooket-is-the-best-way-to-engage-students
Kerimoglu Yildiz, G., Yildiz, S., Yoruk, M. A., & Sevgen, S. (2022). A tablet game or training booklet? Two methods for evaluating symptom management and quality-of-life of children receiving chemotherapy. European Journal of Oncology Nursing, 61, 102190. doi: 10.1016/j.ejon.2022.102190
Louwrens, Nathaniel & Hartnett, Maggie. (2015). Student and Eacher Perceptions of Online Student Engagement in an Online Middle School. Journal of Open, Flexible and Distance Learning. 19. 27-44. https://doi.org/10.36315/2022v1end120, diakses 19 Oktober 2022.
Wardana, S., & Sagoro, E. M. (2019). Implementasi gamifikasi Berbantu media Kahoot Untuk meningkatkan Aktivitas Belajar, Motivasi Belajar, dan Hasil belajar jurnal penyesuaian Siswa Kelas X Akuntansi 3 di SMK Koperasi Yogyakarta Tahun ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 17(2), 46–57. https://doi.org/10.21831/jpai.v17i2.28693, diakses 18 Oktober 2022.
Sobandi, A. dan Nurhasanah, S. (2016). Minat Belajar sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. 1(1). 128—135. http://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/00000, diakses 19 Oktober 2022.
Firmansyah, D. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Unsika, 3(1), 34—44. https://doi.org/10.35706/judika.v3i1.199, diakses 19 Oktober 2022.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).