Minat Peserta Didik MTsN 3 Banyuwangi dalam Gim Blooket pada Pembelajaran Bahasa Indonesia

  • Faizal Hadi Nugroho Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Banyuwangi, Banyuwangi
  • Sahrul Romadhon Institut Agama Islam Negeri Madura, Pamekasan
DOI: https://doi.org/10.36052/andragogi.v10i2.299
Abstract Views: 57 | PDF Downloads: 35

Downloads

Download data is not yet available.
  
Keywords: minat peserta didik; Blooket; pembelajaran bahasa Indonesia

Abstract

Pembelajaran abad 21 menekankan pada kesiapan generasi emas 2045. Untuk mencapai hal tersebut, diperlukan pembelajaran yang memanfaatkan teknologi. Blooket dapat menjadi platform yang digunakan untuk menarik minat peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjabarkan minat peserta didik terhadap penerapan Blooket. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa angket dan observasi. Penelitian ini melibatkan 37 peserta didik dari dua kelas. Data yang dikumpulkan menunjukkan bahwa peserta didik memiliki minat sangat tinggi dengan rerata keseluruhan aspek angket adalah 83,09% yang jika dikonversi ke skala 4 adalah 3,32 dengan kategori sangat tinggi.

References

Bayu, Dimas. (2022). Remaja Paling Banyak Gunakan Internet di Indonesia pada 2022, https://dataindonesia.id/Digital/detail/remaja-paling-banyak-gunakan-internet-di-indonesia-pada-2022, diakses pada 19 Oktober 2022.

Bratel, O., Kostiuk, M., Bratel, S., & Okhrimenko, I. (2021). Student-Centered Online Assesment in Foreign Language Classes. Linguistics and Culture Review, 5(S3), 926-941. https://doi.org/10.21744/ling, diakses pada 18 Oktober 2022.

Harris, phrasedllc: D. K. (2021, January 27). 7 Reasons Why Blooket is the Best Way to Engage Students. Retrieved December 29, 2022, from PHraseD website: https://www.phrasedllc.com/post/blooket-is-the-best-way-to-engage-students

Kerimoglu Yildiz, G., Yildiz, S., Yoruk, M. A., & Sevgen, S. (2022). A tablet game or training booklet? Two methods for evaluating symptom management and quality-of-life of children receiving chemotherapy. European Journal of Oncology Nursing, 61, 102190. doi: 10.1016/j.ejon.2022.102190

Louwrens, Nathaniel & Hartnett, Maggie. (2015). Student and Eacher Perceptions of Online Student Engagement in an Online Middle School. Journal of Open, Flexible and Distance Learning. 19. 27-44. https://doi.org/10.36315/2022v1end120, diakses 19 Oktober 2022.

Wardana, S., & Sagoro, E. M. (2019). Implementasi gamifikasi Berbantu media Kahoot Untuk meningkatkan Aktivitas Belajar, Motivasi Belajar, dan Hasil belajar jurnal penyesuaian Siswa Kelas X Akuntansi 3 di SMK Koperasi Yogyakarta Tahun ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 17(2), 46–57. https://doi.org/10.21831/jpai.v17i2.28693, diakses 18 Oktober 2022.

Sobandi, A. dan Nurhasanah, S. (2016). Minat Belajar sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. 1(1). 128—135. http://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/00000, diakses 19 Oktober 2022.

Firmansyah, D. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Unsika, 3(1), 34—44. https://doi.org/10.35706/judika.v3i1.199, diakses 19 Oktober 2022.

Published
2022-12-23