Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Listrik Statis melalui Permainan di MTs Muhammadiyah Jayapura
DOI:
https://doi.org/10.36052/andragogi.v10i2.301Keywords:
Pembelajaran IPA, Listrik Statis, Permainan penggaris, sisir.Abstract
Penelitian dalam tulisan ini_bertujuan_untuk (1). Penerapan permainan penggaris dan sisir dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IX MTs Muhammadiyah Jayapura dalam memahami konsep listrik statis. (2) Meningkatkan hasil belajar siswa dalam memahami konsep listrik statis. Pada penelitian ini 21 dari 94 siswa yang menjadi mata pelajaran MTs Muhammadiyah Jayapura di Jayapura dan diperoleh hasil 19 siswa yang tamat dan 2 siswa yang tidak tamat. Metode_yang digunakan dalam_penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Pengambilan_sampel dalam_penelitian ini menggunakan teknik simple_random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumen penilaian. Berdasarkan hasil observasi ketuntasan observasi aktivitas siswa pada RPP 1 sebesar 62,6% dan penguasaan RPP 2 sebesar 73,7%. Sedangkan ketuntasan hasil belajar dari RPP 1 sebesar 62,3% dan ketuntasan RPP 2 sebesar 81,8% sehingga terjadi peningkatan prestasi belajar. Dengan demikian, hasil penelitian dengan menggunakan permainan penggaris dan sisir pada pokok bahasan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IX dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa MTs Muhammadiyah Jayapura.
Downloads
References
Dasna et al. 2003. Penggunaan Model Pembelajaran Learning Cycle untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kimia Zat Aditif dalam Bahan Makanan pada Siswa Kelas 1A SMU Negeri 1 Tumpang-Malang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol 11 (2) Oktober 2004, hal 112-122
Hamalik, O. 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Muji Lestari. (2011). Metode Cling Semua Rumus Fisika. Yogyakarta: Pustaka
Widyata
Kinkin Suartini, M.Pd. (210). Rangkuman Materi Fisika. Jakarta: Gagas Media
Kartowagiran, B., 1805. Pengertian dan Prinsip-prinsip Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Satker Pembinaan PLP.
Prasetyo.B dan Jannah.L.M. 2005 Metode Penelitian Kualitatif. PT Raja Grafindo. Jakarta.
Purwanto (2013). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Riduwan, 2010
Rochiati Wiriaatmadja. (1806). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sardiman A M. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Raja Grafindo. Jakarta.
Soeparwoto. 2007. Psikologi Perkembangan. Semarang: UPT MKK UNNES.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).