Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Listrik Statis melalui Permainan di MTs Muhammadiyah Jayapura

  • Desvita Astari Djamion MTs. Muhammadiyah Jayapura
DOI: https://doi.org/10.36052/andragogi.v10i2.301
Abstract Views: 185 | PDF Downloads: 366

Downloads

Download data is not yet available.
  
Keywords: Pembelajaran IPA, Listrik Statis, Permainan penggaris, sisir.

Abstract

Penelitian dalam tulisan ini_bertujuan_untuk (1). Penerapan permainan penggaris dan sisir dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IX MTs Muhammadiyah Jayapura dalam memahami konsep listrik statis. (2) Meningkatkan hasil belajar siswa dalam memahami konsep listrik statis. Pada penelitian ini 21 dari 94 siswa yang menjadi mata pelajaran MTs Muhammadiyah Jayapura di Jayapura dan diperoleh hasil 19 siswa yang tamat dan 2 siswa yang tidak tamat. Metode_yang digunakan dalam_penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Pengambilan_sampel dalam_penelitian ini menggunakan teknik simple_random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumen penilaian. Berdasarkan hasil observasi ketuntasan observasi aktivitas siswa pada RPP 1 sebesar 62,6% dan penguasaan RPP 2 sebesar 73,7%. Sedangkan ketuntasan hasil belajar dari RPP 1 sebesar 62,3% dan ketuntasan RPP 2 sebesar 81,8% sehingga terjadi peningkatan prestasi belajar. Dengan demikian, hasil penelitian dengan menggunakan permainan penggaris dan sisir pada pokok bahasan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IX dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa MTs Muhammadiyah Jayapura.

References

Anni, C. T. 2006. Psikologi Belajar. Semarang: UPT MKK UNNES

Dasna et al. 2003. Penggunaan Model Pembelajaran Learning Cycle untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kimia Zat Aditif dalam Bahan Makanan pada Siswa Kelas 1A SMU Negeri 1 Tumpang-Malang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol 11 (2) Oktober 2004, hal 112-122

Hamalik, O. 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Muji Lestari. (2011). Metode Cling Semua Rumus Fisika. Yogyakarta: Pustaka
Widyata

Kinkin Suartini, M.Pd. (210). Rangkuman Materi Fisika. Jakarta: Gagas Media

Kartowagiran, B., 1805. Pengertian dan Prinsip-prinsip Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Satker Pembinaan PLP.

Prasetyo.B dan Jannah.L.M. 2005 Metode Penelitian Kualitatif. PT Raja Grafindo. Jakarta.

Purwanto (2013). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Riduwan, 2010

Rochiati Wiriaatmadja. (1806). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sardiman A M. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Raja Grafindo. Jakarta.

Soeparwoto. 2007. Psikologi Perkembangan. Semarang: UPT MKK UNNES.
Published
2022-12-27