Analisis Tugas Standar Kompetensi Lulusan Pelatihan Teknis Pendidikan dan Keagamaan pada Balai Diklat Keagamaan Bandung

  • Saeful Nurdin Balai Diklat Keagamaan Bandung
  • Hikmawati Hanurani Balai Diklat Keagamaan Bandung
DOI: https://doi.org/10.36052/andragogi.v11i1.308
Abstract Views: 143 | PDF Downloads: 146

Downloads

Download data is not yet available.
  
Keywords: pembelajaran online, pembelajaran offline, standar kompetensi lulusan, capaian pembelajaran

Abstract

This study aims to determine the comparison of tasks of analyzing graduate competency standards, core competencies, essential competencies, and learning outcomes in distance training of science teachers of Madrasah Tsanawiyah and training in the thematic learning work area of Madrasah Ibtidaiyah. The method used was a comparative method with a qualitative approach. The nature of the research used was the ex post facto model. The sample used was 68 active teachers who participated in the training, which was then divided into five groups. Learning by assignment can facilitate interaction, communication, and knowledge transfer with online and offline patterns. Assignments in education and training activities, either in online or offline learning, can improve the competence of training participants' knowledge, skills, and attitudes to a level higher than the learning outcomes before receiving training or pre-training materials. Providing assignments to analyze graduate competency standards and learning outcomes can stimulate training participants to do other assignments in the same training and improve learning outcomes. Several factors can affect learning outcomes in offline and online learning, including work culture, namely commitment to learning from trainees, achievement of learning objectives, training strategies, rewards, and supporting technology.

(Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komparasi tugas analisis standar kompetensi lulusan, kompetensi inti, kompetensi dasar, dan capaian pembelajaran pada pelatihan jarak jauh guru IPA Madrasah Tsanawiyah dan pelatihan di wilayah kerja pembelajaran tematik Madrasah Ibtidaiyah. Metode yang digunakan adalah metode komparatif dengan pendekatan kualitatif, sifat penelitian yang digunakan yaitu model ex post facto. Sampel yang digunakan sebanyak 68 orang guru aktif mengikuti pelatihan yang terbagi ke dalam lima kelompok. Pembelajaran dengan penugasan baik itu pada pembelajaran online maupun offline dapat memfasilitasi interaksi, komunikasi dan transfers pengetahuan baik yang dilaksanakan dengan pola online maupun offline. Pemberian tugas dalam kegiatan pendidikan dan pelatihan baik itu online ataupun offline dapat meningkatkan kompetensi pengetahuan, keterampilan dan sikap peserta diklat setingkat lebih tinggi dari capaian pembelajaran sebelum mendapatkan materi pelatihan atau prapelatihan. Pemberian tugas analisis standar kompetensi lulusan dan capaian pembelajaran dapat menstimulasi peserta diklat dalam mengerjakan tugas-tugas mata pelatihan lainnya pada diklat yang sama dan meningkatkan capaian pembelajaran. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi capaian pembelajaran, baik pada pembelajaran online maupun offline, diantaranya budaya kerja yakni komitmen untuk belajar dari peserta pelatihan, capaian tujuan pembelajaran, strategi pelatihan, pemberian reward, dan teknologi yang mendukung).

References

Adi, N. N. S., Oka, D. N., & Wati, N. M. S. (2021). Dampak Positif dan Negatif Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 43–48. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.32803

Atikah, R.-, Prihatin, R. T., Hernayati, H., & Misbah, J. (2021). Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. JURNAL PETIK, 7(1), 7–18. https://doi.org/10.31980/jpetik.v7i1.988

Beaumont, K. (2018). Google Classroom: An Online Learning Environment to Support Blended Learning. Compass: Journal of Learning and Teaching, 11. https://doi.org/10.21100/compass.v11i2.837

Dewi Widyaningrum, M., & Sulistya Wardani, N. (2020). Efektivitas Pembelajaran Tematik (PS) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. International Journal of Elementary Education, 4(1), 90. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i1.24385

Elendiana, M., & Prasetyo, T. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran NHT dan Model Pembelajaran STAD Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 228–237. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.932

Gulo, Y., & Widayati, N. (2020). Pengaruh Lingkungan Kerja, Self-Efficacy, dan Karakteristik Peserta Pelatihan Terhadap Transfer Pelatihan Karyawan. Media Bisnis, 12(1), 41–48. https://doi.org/10.34208/mb.v12i1.879

Hannum, S., Siregar, N., & Siregar, N. H. (2022). Pengaruh Metode Pemberian Tugas Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas X Administrasi di SMK Swasta Merpati Nusantara Sibaruang. JURNAL EDUGENESIS, 5(2), 1–7. https://doi.org/10.37081/edugenesis.v5i2.3972

Hesti, H., Aslan, A., & Rona, R. (2022). Problematika Pembelajaran Tematik Integratif di Madrasah Ibtidaiyah Ikhlaasul ‘Amal Sebawi. ADIBA: JOURNAL OF EDUCATION, 2(3), 300–310.

Kurnia, T., & Prawira, Y. A. (2020). Pemenuhan Aspek Afektif pada Masa Pandemi Covid-19 Siswa Kelas 6 Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Jarak Jauh Melalui Teknik Asinkronus yang Didahului dengan Komitmen Belajar. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 5(2), 40–44. https://doi.org/10.26737/jpdi.v5i2.2125

Luaran, J. E., Samsuri, N. N., Nadzri, F. A., & Rom, K. B. M. (2014). A Study on the Student’s Perspective on the Effectiveness of Using e-learning. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 123, 139–144. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.1407

Mohd Basar, Z., Mansor, A. N., Jamaludin, K. A., & Alias, B. S. (2021). The Effectiveness and Challenges of Online Learning for Secondary School Students – A Case Study. Asian Journal of University Education, 17(3), 119. https://doi.org/10.24191/ajue.v17i3.14514

Nila, N., Abdiyah, L., & Prasojo, A. D. (2021). Analisis Problematika Guru dalam Pembelajaran Daring pada Pembelajaran Tematik di SD/MI. FONDATIA, 5(2), 210–219. https://doi.org/10.36088/fondatia.v5i2.1394

Nurdin, S. (2020). Pemahaman Google Classroom Peserta Diklat Subtantif Peningkatan Kompetensi Multimedia Di Kementerian Agama Kabupaten Tasikmalaya. Tatar Pasundan : Jurnal Diklat Keagamaan, 13(2). https://doi.org/10.38075/tp.v13i2.20

Nurdin, S. (2021a). Korelasi Penggunaan Multimedia dan Komitmen Kegiatan Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Pelatihan Jarak Jauh Guru IPA Mts di Balai Diklat Keagamaan Bandung. Widyadewata, 4(2), 23–35. https://doi.org/10.47655/widyadewata.v4i2.45

Nurdin, S. (2021b). Perbedaan Hasil Belajar Peserta Diklat Jarak Jauh dalam Perspektif Gender. JENTRE, 2(1), 7–16. https://doi.org/10.38075/jen.v2i1.27

Nurdin, S. (2022). Efektifitas Pembelajaran pada Pelatihan Jarak Jauh Ilmu Pengetahuan Alam Madrasah Tsanawiyah Angkatan 2 dengan Mengunakan Model Addie: Jurnal Kewidyaiswaraan, 7(1), 255–262. https://doi.org/10.56971/jwi.v7i1.165

Permendikbud. (2022). Standar Kompetensi Lulusan pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2022.

Prawira, Y. A., Ayundhari, V. L., & Kurnia, T. (2021). Exploring Students’ Affective on Using Asynchronous Learning During the Pandemic Period. Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 33–50. (purposive sample). https://doi.org/10.15575/jpi.v7i1.9740

Pribadi, B. A. (2016). Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi: Implementasi Model ADDIE. Jakarta: PT. Prenada Media Group.

Salamah, W. (2020). Deskripsi Penggunaan Aplikasi Google Classroom dalam Proses Pembelajaran. 4.

Sari, I. K., & Astuti, S. (2021). Efektivitas Pembelajaran Luring dan Daring Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(4), 1717–1723. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.642

Suprapto, S., Zubaidah, S., & Corebima, A. D. (2018). Pengaruh Gender terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(3), 325–329. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i3.10642

Suryadi, A., Rosa, N. M., & Suaedah, S. (2020). Pelatihan Penggunaan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran dan Google Form untuk Pembuatan Soal. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 1, 176-184

Utami, R. (2019). Analisis Respon Mahasiswa terhadap Penggunaan Google Classroom pada Mata Kuliah Psikologi Pembelajaran Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 498–502.

Yassir, M. Y., Aswarita, R., & Minta, S. (2020). Penerapan Metode Resitasi Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Materi Struktur Jaringan Organ Tumbuhan Kelas VIII SMP Negeri 1 Lawe Bulan Kutacane Tahun Ajaran 2018. Serambi Konstruktivis, 2(3). https://doi.org/10.32672/konstruktivis.v2i3.2280

Yusnarti, M., & Wahyuni, N. (2020). Pengaruh Pemberian Tugas Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SD Negeri 19 Woja Tahun Pembelajaran 2017/2018. Retrieved from http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/160

Published
2023-06-20