Studi Literatur: Integrasi Andragogi dan Pendidikan Islam

  • Samsul Zali Universitas Negeri Yogyakarta
  • Hiryanto Universitas Negeri Yogyakarta
DOI: https://doi.org/10.36052/andragogi.v11i1.313
Abstract Views: 285 | PDF Downloads: 272

Downloads

Download data is not yet available.
  
Keywords: andragogi, integrasi pendidikan, pendidikan Islam

Abstract

The purpose of this research is to obtain information about the integration of Andragogy and Islamic Education. This study is qualitative research in the category of literature review with content analysis. The research findings reveal that the concept of Andragogy in Education is both an art and a science of teaching adults to learn, assisting adult learners according to their needs, and motivating them to learn by utilizing their experiences to achieve new learning experiences. There are four key assumptions in Andragogy, which include the concept of learners, the function of experience, readiness to learn, and learning orientation. The conclusion drawn is that in Islamic Education, the concept of Andragogy is a relevant learning method that is supported by the learning environment for adults found in the Qur'an and Hadith, such as the methods of awareness, practice, and learning mentioned in the teachings of the Prophet Muhammad (Peace be Upon Him).

(Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang Integrasi Andragogi dan Pendidikan Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dengan analisis isi yang bersifat kualitatif. Temuan penelitian ini mengungkap bahwa Pendidikan Andragogi merupakan kombinasi antara seni dan ilmu mengajar orang dewasa agar mereka dapat belajar dengan efektif. Pendekatan ini melibatkan bantuan dalam belajar yang sesuai dengan kebutuhan individu, serta usaha untuk memotivasi orang dewasa dengan memanfaatkan pengalaman mereka guna mencapai pembelajaran yang baru. Terdapat empat asumsi pokok dalam pendidikan andragogi, yaitu peserta didik, fungsi pengalaman, kesiapan belajar, dan orientasi belajar. Kesimpulan yang dapat diambil adalah bahwa konsep Andragogi dalam Pendidikan Islam merupakan metode pembelajaran yang relevan dengan suasana pembelajaran orang dewasa yang terdapat dalam al-Qur'an dan hadis. Metode-metode ini mencakup penyadaran, praktik, dan pembelajaran yang terdapat dalam Hadits Nabi SAW).

References

Abnisa, A. P. (2017). Konsep Pendidik dan Peserta Didik dalam Perspektif Al-Qur’an. Jurnal Asy-Syukriyyah, 18(1), 67–81. https://doi.org/10.36769/asy.v18i1.72

Albone, A. Z. (2009). Pendidikan Islam dalam Perspektif Multikulturalisme. Jakarta: Balai Litbang Agama Jakarta.

Al-Farabi, M. (2018). Pendidikan Orang Dewasa dalam A-Qur’an. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Arif, Z. (2012). Andragogi. Bandung: Angkasa.

Bintoro, & Daryanto. (2017). Manajemen Penilaian Kinerja Karyawan. Yogyakarta: Gava Media.

Bryson, J. M. (2007). Perencanaan Strategis bagi Organisasi Sosial (Miftahuddin, Penerj.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Burga, M. A. (2019). Hakikat Manusia Sebagai Makhluk Pedagogik. Al-Musannif, 1(1), 19–31. https://doi.org/10.56324/al-musannif.v1i1.16

Fathiyaturrahmah. (2013). Peran Ibu dalam Mendidik Anak. Jember: STAIN Jember Press.

Hadi, S. (2018). Metodologi Research. Yogyakarta: Andi Offset.

Hassibuan, Z. E. (2007). Sejarah Pendidikan Islam: Menulusuri Jejak Sejarah Pendidikan Era Rasulullah Sampai Indonesia. Jakarta: Kencana.

Hurlock, E. B. (1968). Developmental Psychology. New York: McGraw-Hill Education.

Karolina, A. (2018). Rekonstruksi Pendidikan Islam Berbasis Pembentukan Karakter: Dari Konsep Menuju Internalisasi Nilai-nilai Al-Qur’an. JURNAL PENELITIAN, 11(2), 237–254. https://doi.org/10.21043/jupe.v11i2.2841

Karwadi. (2005). Pendidikan Islam Integratif (Elaborasi Wacana Titik Temu Sains dan Agama dalam Pembelajaran). Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 6(1).

Knowles, M. S., III, E. F. H., & Swanson, R. A. (2015). The Adult Learner: The Definitive Classic in Adult Education and Human Resource Development (8th edition). London ; New York: Routledge.

Komarudin, K. (2022). Konsep Pendidikan Andragogi dalam Al-Qur’an Perspektif Pendidikan Islam. Kuttab : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 6(1), 103–119. https://doi.org/10.30736/ktb.v6i1.798

Malik, H. (2008). Teori Belajar Andragogi dan Aplikasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Inovasi, 5(2), 1–16.

Masyuri, L. M. (2011). Prinsip-Prinsip Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam: Telaah Relevansi Konsep Pendidikan Islam dalam Kitab Ta’lim Muta’alim. Yogyakarta: Idea Press Yogyakarta.

Muslih, M. (2016). Integrasi Keilmuan; Isu Mutakhir Filsafat Ilmu. KALIMAH, 14(2), 245. https://doi.org/10.21111/klm.v14i2.615

Nasruddin, A. R. (2018). Pendidik dalam Perspektif Al-Qur’an. Al–Mabhats Jurnal Penelitian Sosial Agama, 5(2), 43–44.

Nasution, S. (2000). Didaktik Asas-Asas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Prasetiawati, E. (2017). Konsep Pendidikan Anak Menurut Al-Qur’an Perspektif Muhammad Quraish Shihab. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 116–131.

Riyanto, H. Y. (2014). Paradigma Baru Pembelajaran: Sebagai Referensi bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Prenada Media.

Roziqin, M. K., Mansur, H., & Mastur, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android untuk Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas VII di SMP. Journal of Instructional Technology, 2(2), 46. https://doi.org/10.20527/j-instech.v2i2.3835

Seifert, K. (2007). Manajemen Pembelajaran & Instruksi Pendidikan: Manajemen Mutu Psikologi Pendidikan Para Pendidik. Yogyakarta: IRCiSoD.

Shaleh, A. R. (2007). Pendidikan Agama dan Keagamaan. Jakarta: PT Gemawindu Pancaperkasa.

Sholichah, A. S. (2018). Teori-Teori Pendidikan dalam Al-Qur’an. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 7(01), 23–46. https://doi.org/10.30868/ei.v7i01.209

Suhendro, P. (2014). Penerapan IT/IC dalam Pendidikan Andragogi Berbasis Kearifan Lokal yang Terintegrasi dalam Pembelajaran Sebagai Upaya Pembentukan karakter Mahasiswa. JURNAL TARBIYAH, 21(1), 28–51. https://doi.org/10.30829/tar.v21i1.217

Sulthani, D. A. (2021). Internalisasi Pendidikan Agama dalam Membentuk Masyarakat Madani. TARBIYATUNA, 14(1), 87. https://doi.org/10.36835/tarbiyatuna.v14i1.813

Sumar, S. (2018). Andragogi dan Tujuan Pendidikan Islam: Analisis Konsep dalam Menyempurnakan Kehidupan Manusia. Mawa Izh Jurnal Dakwah dan Pengembangan Sosial Kemanusiaan, 9(1), 118–134. https://doi.org/10.32923/maw.v9i1.719

Suprijanto. (2012). Pendidikan Orang Dewasa dari Teori Hingga Aplikasi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Wahyuddin, W. (2016). Pendidikan Sepanjang Hayat Menurut Perspektif Islam. SAINTIFIKA ISLAMICA: Jurnal Kajian Keislaman, 3(2), 191–208.

Wiguna, M. (2019). Strategi dan Metode Pembelajaran Andragogi Pendidikan Agama Islam bagi Warga Binaan Blok D di Lembaga Permasyarakatan Kelas 2B Kota Sukabumi. Jurnal Mutiara Pedagogik, 4(2), 40–51.

Yanuarti, E. (2016). Studi Komparatif Prestasi Siswa (Mengikuti dan Tidak Mengikuti Ekstrakurikuler Rohis). Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam, 14(2), 89–109. https://doi.org/10.35905/alishlah.v14i2.389

Yanuarti, E. (2018). Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara dan relevansinya dengan kurikulum 13. JURNAL PENELITIAN, 11(2), 237–265. https://doi.org/10.21043/jupe.v11i2.3489

Published
2023-06-20