Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Teaching at The Right Level Dalam Pembelajaran IPA di Kabupaten Keerom
DOI:
https://doi.org/10.36052/andragogi.v11i2.320Keywords:
Peningkatan , Motivasi , Belajar, Teaching at the Right LevelAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Implementasi pembelajaran IPA dengan pendekatan Teaching at The Right Level dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VII.A MTs Nurul Huda Arso III Kabupaten Keerom. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan empat tahapan penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, obsevasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas VII.A MTs Nurul Huda Arso III Kabupaten Keerom berjumlah 32 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan motivasi belajar dari kategori sangat baik dari 0 % menjadi 56,25 %, kategori baik dari 28,13 % menjadi 40,63 %. Sedangan pada kategori cukup disiklus I 43,75 % pada siklus II berkurang menjadi 3, 13 % dan kategori kurang pada siklus I 37,5 % pada siklus II menjadi 0 %. Hal ini menunjukkan bahwa dalam pembuatan modul ajar, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran dengan pendekatan Teaching at The Right Level dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik.
Downloads
References
Cahyono, S. D. (2022). Melalui Model Teaching at Right Level ( TARL) Metode Pemberian Tugas untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12407–12418.
Dahlan, A. (2023). Teaching at the Right Level – Pendekatan Pembelajaran TaRL (p. 1).
Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838
Inayati, N. (2021a). Implementasi Kurikulum 2013 Di MTs Nurul Huda Arso III Kabupaten Keerom. Honai, 03, 41–55. https://honai.kemenag.go.id/index.php/journal/article/view/37%0Ahttps://honai.kemenag.go.id/index.php/journal/article/download/37/3
Inayati, N. (2021b). Penerapan E-learning Pembelajaran IPA Pada Masa Pandemi Covid-19 di MTs Nurul Huda Arso III. Honai, Vol 3, 92–103.
Kemendikbudristek. (2022). Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Fase D. Pusat Kurikulum Dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi, 3, 103–111.
Krismony, N. P. A., Parmiti, D. P., & Japa, I. G. N. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Untuk Mengukur Motivasi Belajar Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 249. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.28264
Lalu, A. A. (2022). Pengaruh Program Maulana Terhadap Profesionalisme Guru Dan Kemampuan Literasi Dasar Siswa. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 40–53. https://doi.org/10.37216/badaa.v4i1.578
Latipah, E. D. P., & Afriansyah, E. A. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Menggunakan Pendekatan Pembelajaran CTL dan RME. Matematika, 17(1), 1–12. https://doi.org/10.29313/jmtm.v17i1.3691
Maulyda, M. A., Affandi, L. H., Nur, A., Rosyidah, K., Oktaviyanti, I., Erfan, M., & Hamdani, I. (2021). Profil Wawasan Guru Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Numerasi Berbasis Level Kemampuan Siswa. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(3), 619–630. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i3.619-630
Muammar. (2022). Peran Relawan Literasi Melalui Pendekatan Teaching At the Right Level (Tarl) Dalam Menyelesaikan Permasalahan Literasi Dasar Di Sekolah Dasar. Prosiding Konferensi Nasional PD-PGMI Se Indonesia Prodi PGMI FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Yogyakarta 9-11 September 2022, September, 43–56. file:///Users/Muammar/Downloads/802-Article Text-1590-1-10-20221007.pdf
Ningrum, M. C., Juwono, B., & Sucahyo, I. (2023). Implementasi Pendekatan TaRL untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Fisika. PENDIPA Journal of Science Education, 7(1), 94–99. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/pendipa94
Saputra, A. (2022). Implementasi Model Pembelajaran TaRL dalam Meningkatan Kemampuan Literasi Dasar Membaca Peserta Didik di Sekolah Dasar Kelas Awal. 5(November), 5241–5246.
Suharyani, Ni Ketut Alit Suarti, & F. H. A. (2023). Impementasi Pendekatan Teaching At The Right Level(TaRL) dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Anak. 8(2), 470–479.
Triati, E. (2019). Optimalisasi Peran Widyaiswara dalam Pelaksanaan Pendidikan, Pengajaran, dan Pelatihan. Quantum: Jurnal Ilmiah Kesejahteraan Sosial, 14(1), 42–50.
Waluyo, J. (2019). Analisis hasil belajar peserta diklat teknis substantif kepala madrasah provinsi papua. Honai, 01(1), 1–13.
Waluyo, J. (2020). Peran Widyaiswara Dalam Pengelolaan Pembelajaran (pp. 1–60). Balai Diklat Keagamaan Papua.
Wibowo, W. S. (2014). … Based Learning (PJBL) dalam Pembelajaran Sains untuk Membangun 4Cs Skills Peserta Didik sebagai Bekal dalam Menghadapi Tantangan Abad 21 dalam. … IPA V Tahun 2014 (Scientific Learning Dalam Konten …, July. https://www.researchgate.net/profile/Widodo-Wibowo/publication/342750890_Implementasi_Model_Project-Based_Learning_Pjbl_Dalam_Pembelajaran_Sains_Untuk_Membangun_4cs_Skills_Peserta_Didik_Sebagai_Bekal_Dalam_Menghadapi_Tantangan_Abad_21/links/5f04b65292851c
Wijaya, A. (2021). Eefektivitas Penerapan Metode Demonstrasi Pada Materi Koloid Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XII IPA MA DDI Entrop Kota Jayapura. Honai, 03(2), 56–67. honai.kemenag.go.id
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).