Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Teaching at The Right Level Dalam Pembelajaran IPA di Kabupaten Keerom

Authors

  • Nur Inayati Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Arso III
  • Joko Waluyo Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan Papua

DOI:

https://doi.org/10.36052/andragogi.v11i2.320

Keywords:

Peningkatan , Motivasi , Belajar, Teaching at the Right Level

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Implementasi pembelajaran IPA dengan pendekatan Teaching at The Right Level dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VII.A MTs Nurul Huda Arso III Kabupaten Keerom. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan empat tahapan penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, obsevasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas VII.A MTs Nurul Huda Arso III Kabupaten Keerom berjumlah 32 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan motivasi belajar dari kategori sangat baik dari 0 % menjadi 56,25 %, kategori baik dari 28,13 % menjadi 40,63 %. Sedangan pada kategori cukup disiklus I 43,75 % pada siklus II berkurang menjadi 3, 13 % dan kategori kurang pada siklus I 37,5 % pada siklus II menjadi 0 %. Hal ini menunjukkan bahwa dalam pembuatan modul ajar, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran dengan pendekatan Teaching at The Right Level dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abbas, A., & Yusuf Hidayat, M. (2018). Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Fisika Pada Peserta Didik Kelas Ipa Sekolah Menengah Atas. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 6(1), 45–49. https://doi.org/10.24252/jpf.v6i1a8
Cahyono, S. D. (2022). Melalui Model Teaching at Right Level ( TARL) Metode Pemberian Tugas untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12407–12418.
Dahlan, A. (2023). Teaching at the Right Level – Pendekatan Pembelajaran TaRL (p. 1).
Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838
Inayati, N. (2021a). Implementasi Kurikulum 2013 Di MTs Nurul Huda Arso III Kabupaten Keerom. Honai, 03, 41–55. https://honai.kemenag.go.id/index.php/journal/article/view/37%0Ahttps://honai.kemenag.go.id/index.php/journal/article/download/37/3
Inayati, N. (2021b). Penerapan E-learning Pembelajaran IPA Pada Masa Pandemi Covid-19 di MTs Nurul Huda Arso III. Honai, Vol 3, 92–103.
Kemendikbudristek. (2022). Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Fase D. Pusat Kurikulum Dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi, 3, 103–111.
Krismony, N. P. A., Parmiti, D. P., & Japa, I. G. N. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Untuk Mengukur Motivasi Belajar Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 249. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.28264
Lalu, A. A. (2022). Pengaruh Program Maulana Terhadap Profesionalisme Guru Dan Kemampuan Literasi Dasar Siswa. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 40–53. https://doi.org/10.37216/badaa.v4i1.578
Latipah, E. D. P., & Afriansyah, E. A. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Menggunakan Pendekatan Pembelajaran CTL dan RME. Matematika, 17(1), 1–12. https://doi.org/10.29313/jmtm.v17i1.3691
Maulyda, M. A., Affandi, L. H., Nur, A., Rosyidah, K., Oktaviyanti, I., Erfan, M., & Hamdani, I. (2021). Profil Wawasan Guru Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Numerasi Berbasis Level Kemampuan Siswa. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(3), 619–630. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i3.619-630
Muammar. (2022). Peran Relawan Literasi Melalui Pendekatan Teaching At the Right Level (Tarl) Dalam Menyelesaikan Permasalahan Literasi Dasar Di Sekolah Dasar. Prosiding Konferensi Nasional PD-PGMI Se Indonesia Prodi PGMI FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Yogyakarta 9-11 September 2022, September, 43–56. file:///Users/Muammar/Downloads/802-Article Text-1590-1-10-20221007.pdf
Ningrum, M. C., Juwono, B., & Sucahyo, I. (2023). Implementasi Pendekatan TaRL untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Fisika. PENDIPA Journal of Science Education, 7(1), 94–99. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/pendipa94
Saputra, A. (2022). Implementasi Model Pembelajaran TaRL dalam Meningkatan Kemampuan Literasi Dasar Membaca Peserta Didik di Sekolah Dasar Kelas Awal. 5(November), 5241–5246.
Suharyani, Ni Ketut Alit Suarti, & F. H. A. (2023). Impementasi Pendekatan Teaching At The Right Level(TaRL) dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Anak. 8(2), 470–479.
Triati, E. (2019). Optimalisasi Peran Widyaiswara dalam Pelaksanaan Pendidikan, Pengajaran, dan Pelatihan. Quantum: Jurnal Ilmiah Kesejahteraan Sosial, 14(1), 42–50.
Waluyo, J. (2019). Analisis hasil belajar peserta diklat teknis substantif kepala madrasah provinsi papua. Honai, 01(1), 1–13.
Waluyo, J. (2020). Peran Widyaiswara Dalam Pengelolaan Pembelajaran (pp. 1–60). Balai Diklat Keagamaan Papua.
Wibowo, W. S. (2014). … Based Learning (PJBL) dalam Pembelajaran Sains untuk Membangun 4Cs Skills Peserta Didik sebagai Bekal dalam Menghadapi Tantangan Abad 21 dalam. … IPA V Tahun 2014 (Scientific Learning Dalam Konten …, July. https://www.researchgate.net/profile/Widodo-Wibowo/publication/342750890_Implementasi_Model_Project-Based_Learning_Pjbl_Dalam_Pembelajaran_Sains_Untuk_Membangun_4cs_Skills_Peserta_Didik_Sebagai_Bekal_Dalam_Menghadapi_Tantangan_Abad_21/links/5f04b65292851c
Wijaya, A. (2021). Eefektivitas Penerapan Metode Demonstrasi Pada Materi Koloid Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XII IPA MA DDI Entrop Kota Jayapura. Honai, 03(2), 56–67. honai.kemenag.go.id

Downloads

Published

2023-12-21