Analisis Hasil Uji Kompetensi pada Peserta Pelatihan Tenaga Kesehatan Haji Kloter Embarkasi BTH di Bapelkes Batam

  • Desy Ariani Gultom Balai Pelatihan Kesehatan Batam, Batam
DOI: https://doi.org/10.36052/andragogi.v11i2.321
Abstract Views: 38 | PDF Downloads: 30

Downloads

Download data is not yet available.
  
Keywords: hajj, health, pilgrims, evaluation, competency, soft skill

Abstract

Hajj Health Workers have a critical role in assisting pilgrims. To carry out their duties according to their roles and functions, they are trained through training. In 2023, Bapelkes Batam held preparation for Hajj Health Workers of Batam Embarkation. As an essential part of training, the evaluation of learning outcomes is an important instrument for measuring the effectiveness of training programs and achieving competence according to training objectives. The objectives of this study were to analyze and describe participants’ competence profile of a) Achievement of skills competence, b) Achievement of soft skill competence, and c)To test whether there is a difference in the competency of a group of participants with medical and nursing backgrounds. The study was designed with a quantitative descriptive approach to 20 participants using descriptive statistical analysis techniques. The findings showed: (1) participants have skill and soft skill competencies above the minimum score of 80, (2) there is a difference in competency achievement based on the participant’s profession as doctor and nurse on skill competencies, but no significant difference of soft skill competencies.

(Tenaga Kesehatan Haji (TKH) Kloter mempunyai peran yang sangat penting dalam memberikan pendampingan pada jemaah haji. Agar petugas TKH Kloter dapat menjalankan tugas sesai peran dan fungsinya, mereka dilatih melalui Pelatihan TKH Kloter. Pada tahun 2023, Bapelkes Batam melaksanakan Pelatihan TKH Kloter Embarkasi Batam (BTH). Sebagai bagian penting dari pelatihan, evaluasi hasil belajar merupakan instrumen penting untuk mengukur efektivitas program pelatihan dan pencapaian kompetensi sesuai tujuan pelatihan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hasil uji kompetensi dan mendeskripsikan profil kompetensi peserta Pelatihan TKH Kloter Embarkasi Batam tahun 2023 mencakup kompetensi keterampilan, kompetensi soft skill dan menguji apakah ada perbedaan kompetensi pada kelompok peserta dengan profesi dokter dan perawat. Metode penelitian dirancang dengan pendekatan deskriptif kuantitafif terhadap 20 orang peserta dengan teknik analisis statistic deskriptif dan One Way Anova. Hasil penelitian menunjukkan: (1) peserta memiliki kompetensi keterampilan dan soft skill dengan kriteria baik dan di atas nilai minimal yang ditetapkan yaitu 80, (2) terdapat perbedaan pencapaian kompetensi berdasarkan kelompok peserta profesi dokter dan perawat pada kompetensi keterampilan, tetapi tidak ditemukan perbedaan yang signifikan pada kompetensi soft skill.)

References

Afandi, M., Chamalah, E., Wardani, O P. (2013). Model dan Metode Pembelajaran dalam Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah, 15-83. Semarang: Unissula Press.

Balai Pelatihan Kesehatan Batam, Direktorat Jenderal Tenaga Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2023). Keputusan Kepala Balai Pelatihan Kesehatan Batam Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Nomor: HK.02.03/1/1601/2023 Tentang Struktur Organisasi Balai Pelatihan Kesehatan Batam.

Direktorat Peningkatan Mutu Tenaga Kesehatan, Direktorat Jenderal Tenaga Kesehatan, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2022). Kurikulum Pelatihan tenaga Kesehatan Haji Kloter.

Indrawati. (2016). Modul Pelatihan Widyaiswara Inpassing Lembaga Administrasi Pelatihan: Metode Pembelajaran. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara.

Lembaga Administrasi Pelatihan (LAN). (2020). Modul Pelatihan Pengelolaan Pelatihan, Manajemen of Training (MOT): Evaluasi Program Pelatihan. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara.

Menteri Kesehatan Republik Indonesia. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 62 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Kesehatan Haji (2016). https://peraturan.bpk.go.id/Details/139488/permenkes-no-62-tahun-2016

Menteri Kesehatan Republik Indonesia. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2018 tentang Rekrutmen Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji Arab Saudi Bidang Kesehatan (2018). https://peraturan.bpk.go.id/Details/139646/permenkes-no-3-tahun-2018

Munajatisari, R. R. (2014). Analisis Efektivitas Metode Pelatihan Klasikal dan e-Learning. Jurnal Administrasi Bisnis, 10(2), 173–185. https://doi.org/10.26593/jab.v10i2.1463.%p

Chassidim, H., Almog, D., & Mark, S. (2018). Fostering Soft Skills in Project-Oriented Learning Within an Agile Atmosphere. European Journal of Engineering Education, 43(4), 638–650. https://doi.org/10.1080/03043797.2017.1401595

Joseph, D., Ang, S., & Slaughter, S. (1999). Soft Skills and Creativity in IS Professionals. Proceedings of the 32nd Annual Hawaii International Conference, 1–5. https://doi.org/10.1109/HICSS.1999.772693

Kanokorn, S., Pongtorn, P., & Sujanya, S. (2014). Soft Skills Development to Enhance Teachers’ Competencies in Primary Schools. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 112, 842–846. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.1240

Park, J. H., Li, Y., & Niu, W. (2023). Revisiting Creativity and Critical Thinking Through Content Analysis. Journal of Creativity, 33(2), 100056. https://doi.org/10.1016/j.yjoc.2023.100056

Rodriguez, J. M., & Campillay Briones, S. (2018). Portfolio of Soft Skills Monitoring. 2018 37th International Conference of the Chilean Computer Science Society (SCCC), 1–5. https://doi.org/10.1109/SCCC.2018.8705157

Romas, J. A., & Sharma, M. (2022). Chapter 4—Effective communication. In J. A. Romas & M. Sharma (Eds.), Practical Stress Management (Eighth Edition) (pp. 77–98). Academic Press. https://doi.org/10.1016/B978-0-323-98812-4.00011-5

Ramli, M. (2012). Evaluasi Pendidikan. Media dan Teknologi Pembelajaran. Banjarmasin: IAIN Antasari Press.

Rusandi, S. S. (2017). Pola Pendekatan Evaluasi Hasil Belajar Siswa di Sekolah. Bawi Ayah: Jurnal Pendidikan Agama dan Budaya Hindu, 8(1), 55–71. https://doi.org/10.33363/ba.v8i1.301

Widhiarso, W. (2009). Evaluasi Soft Skills dalam Pembelajaran [internet]. [cited 2023 July 23]. Available from: http://widhiarso.staff.ugm.ac.id/files/makalah_soft_skills.pdf

Published
2023-12-25