Pengembangan Kemampuan Penyusunan Best Practice Guru PAI Melalui Final Product Based Learning Techniques

  • Siti Aminah Balai Diklat Keagamaan Semarang
  • Hardani Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta
  • Miftahuddin Ahmad Purwaminanda Universitas Amikom Yogyakarta
DOI: https://doi.org/10.36052/andragogi.v11i2.323
Abstract Views: 506 | PDF Downloads: 59

Downloads

Download data is not yet available.
  
Keywords: professional competencies of teachers, best practice, final product based learning techniques

Abstract

The professional competence of teachers in compiling Best Practice scientific papers still needs to improve, so efforts are required to enhance it, including through the implementation of E-Short Course Best Practice. The purpose of this writing is to describe the success of implementing the E-Short Course Best Practice in improving the ability to write Best Practice papers using Final Product Learning Techniques for teachers and supervisors of Islamic Religious Education at the Office of the Ministry of Religion, Sleman Regency, Special Region of Yogyakarta organized by Semarang Religious Education and Training Center in 2022. The method used in this study is an evaluation research method. The research results showed that the ability of all substances and their respective aspects was increasing. The final product revision stage revealed enhancement in all senses and elements between 7 people (17.5%) and 12 (30%). As for the development of the final product assessment with excellent criteria, the highest was in inspirational substance, in the D8 aspect (the topic of discussion giving inspiration to other teachers), a total of 12 people (30%). In contrast, the result of the final product assessment was perfect, with the lowest achievement in innovation substance in aspect B3 (Results achieved related to improving the quality of learning) and inspirational meaning in aspect D9 (Topics of discussion inspire policy makers) a total of 6 people (15%). The conclusion shows an enhancement in the ability to write best practice papers for teachers and supervisors of Islamic religious education after participating in the best practice e-short course using final Product-based Learning techniques.

(
Kompetensi profesional guru dalam menyusun karya tulis ilmiah Best Practice masih rendah, sehingga diperlukan upaya untuk meningkatkannya, diantaranya melalui pelaksanaan E-Short Course Best Practice. Tujuan penulisan karya tulis ini adalah untuk mendeskripsikan keberhasilan pelaksanaan E-Short Course Best Practice dalam meningkatkan kemampuan menyusun karya tulis Best Practice dengan menggunakan Final Product Based Learning Techniques bagi guru dan pengawas Pendidikan Agama Islam pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta yang diselenggarakan oleh Balai Diklat Keagamaan Semarang tahun 2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian evaluasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan pada semua substansi dan aspek masing-masing. Capaian hasil pada tahap revisi produk akhir diketahui terjadi peningkatan pada semua substansi dan aspek masing-masing antara 7 orang (17.5%) hingga 12 orang (30%). Adapun capaian hasil penilaian produk akhir dengan kriteria amat baik paling tinggi pada substansi inspiratif, pada aspek D8 (Topik bahasan memberikan inspirasi kepada guru lain) sejumlah 12 orang (30%). Sedangkan capaian hasil penilaian produk akhir dengan kriteria amat baik dengan capaian paling rendah ada pada substansi inovasi pada aspek B3 (Hasil yang dicapai berkaitan dengan peningkatan kualitas pembelajaran) dan substansi inspiratif pada aspek D9 (Topik bahasan memberikan inspirasi terhadap pembuat kebijakan) sejumlah 6 orang (15%). Kesimpulan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan menyusun karya tulis Best Practice pada guru dan Pengawas Pendidikan Agama Islam setelah mengikuti E-Short Course Best Practice dengan menggunakan Final Product Based Learning Techniques.)

References

Aminah, S. (2016). Inovasi dalam Pembelajaran Pendidikan Islam: Efektivitas Penggunaan Fun Card sebagai Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Motivasi Belajar, Keaktifan Diri, dan Hasil Belajar Peserta Didik. MIMBAR PENDIDIKAN. https://doi.org/10.17509/mimbardik.v1i2.3932

Aminah, S. (2022). Peningkatan Kemampuan Guru Pai Sekolah Dasar Mendesain Pembelajaran Berbasis Kecakapan Abad 21 Melalui Teknik Tediprasi. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan, 10. Nomor, 54–67. https://doi.org/https://doi.org/10.36052/andragogi.v10i1.275

Asyari, S. (2020). Supervisi Kepala Madrasah Berbasis Penilaian Kinerja sebagai Upaya Peningkatan Profesionalitas Guru. JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, 2(1), 27–40. https://doi.org/10.35719/jieman.v2i1.14

Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Pedoman Lomba Penulisan Best Practice Bagi Kepala Sekolah/Madrasah.

Dwi, Ayu Hastuti. Sudiyanto. Oktaria, D. (2017). Kompetensi Guru: Harapan dan Kenyataan. Jurnal “Tata Arta” UNS, 3 No. 1, 40–55. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/tataarta/article/view/11494

Emda, A. (2017). Strategi Peningkatan Kinerja Guru yang Profesional. Lantanida Journal, 4(2), 111. https://doi.org/10.22373/lj.v4i2.1883

Handayani, S. L. & Rukmana, D. (2020). Peningkatan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Guru melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru SD. Jurnal Publikasi Pendidikan, 10, No. 1, 8–13.

Kasiyan, K., Zuhdi, B. M., Hendri, Z., Handoko, A., & Sitompul, M. (2019). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Untuk Peningkatan Profesionalisme Guru. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat). https://doi.org/10.30595/jppm.v3i1.3128

Mandal, S. (2018). The Competencies of the Modern Teacher. International Journal of Research in Engineering, Science and Management, 1(10), 351–360.

Marengke, M. (2019). Konsep Pengembangan Kompetensi Guru. Foramadiahi Jurnal Kajian Pendidikan Dan Keislaman, 11 No. 2, 287–299.

Nurul, F. A., & Singgih, U. P. (2019). Peningkatan Kualitas Pendidikan: Program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan dalam Pemenuhan Kebutuhan Guru Profesional di Indonesia. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 10, 1–17.

Raihanah Daulay, Khair, P. & A. (2017). Upaya peningkatan kinerja guru. Intelektualita, 3, 15–25. https://www.jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/intel/article/view/196

Richardo, R. (2016). Program Guru Pembelajar: Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru di Abad 21. November, 777–785.

Rizhardi, Rury. dkk. (2022). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah untuk Menjadikan Guru SD Profesional. Wahana Dedikasi : Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 5 No. 1, 214–218. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31851/dedikasi.v5i1.6955

Rosita, R. P., & Alfarisa, F. (2019). Pendidikan Profesi Guru (PPG) Strategi Pengembangan Profesionalitas Guru dan Peningkatan Mutu Pendidikan Indonesia. Prosiding Seminar Nasional, 671–683.

Rukminingsih, dkk. (2021). Pelatihan Penulisan Best Practice untuk Meraih Predikat Guru Berprestasi bagi Guru SDN Tanjunggunung Peterongan. Transformasi Dan Inovasi, Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2 Nomor 1, 15–20. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jpm.v2n1.p15-20

Santoso, B. W. J. & Nugroho, J. D. O. A. P. (2020). Pendidikan dan Pelatihan Penulisan Best Practice untuk Meraih Predikat Guru Berprestasi bagi Guru SMA Negeri 1 Semarang dengan Metode Special Projects Assignments. Jurnal Panjar, 2 No. 2, 52–60. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/panjar.v2i2.43237

Slameto, dkk. (2017). Peningkatan Kinerja Guru Melalui Pelatihan Beserta Faktor Penentunya. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, Vol. 27, No. https://journals.ums.ac.id/index.php/jpis/article/view/5718/3708

Surahman, Evi, dkk. (2020). Tantangan Pembelajaran Daring di Indonesia. Kelola: Jurnal of Islamic Education Management, 5 No. 2, 89–98. https://doi.org/https://doi.org/10.24256/kelola.v5i2.1397

Syaodih, N. S. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.

Syarifuddin, S. (2021). Analisis Kesiapan Guru dalam Penulisan dan Publikasi Karya Tulis Ilmiah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(1), 49–55. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i1.21

Wafrotur Rohmah. (2016). Upaya Meningkatkan PengembanganKeprofesian Berkelanjutan dalam Peningkatan Profesionalisme Guru. Seminar Nasional Pendidikan, 10–21.

Wahyudin, D. (2016). Manajemen Kurikulum dalam Pendidikan Profesi Guru (Studi Kasus di Universitas Pendidikan Indonesia). Jurnal Kependidikan, 46, 259–270.

Yulia, Putu AD dan Hengki, K. (2021). Penggunaan Pendekatan Andragogi dalam Proses Pembelajaran Nonformal. Maha Widya Bhuwana: Jurnal Pendidikan, Agama dan Budaya, 4. No. 2, 1–7.

Yulmasita Bagou, D., & Suking, A. (2020). Analisis Kompetensi Profesional Guru. Jambura Journal of Educational Management, 1(September), 122–130. https://doi.org/10.37411/jjem.v1i2.522.

Yuniarti, dkk. (2021). Penelitian Evaluatif dalam Pendidikan. YASIN: Jurnal Pendidikan dan Sosial Budaya, 1 Nomor 1, 73–87. https://doi.org/10.58578/yasin.v1i1

Published
2023-12-27