Analisis Hasil Belajar Peserta Diklat Teknis Substantif Guru Pembina Olimpiade IPA Pada Madrasah Tsanawiyah
DOI:
https://doi.org/10.36052/andragogi.v6i1.44Keywords:
Hasil belajar, Pembina olimpiade, IPAAbstract
Peserta didik di Madrasah Tsanawiyah dapat bersaing di OSN, maka guru-guru yang mengajar mereka dan membimbing untuk persiapan OSN haruslah mempunyai kompetensi yang maksimal. Tujuan penelitian untuk menganalisis hasil belajar yang dicapai oleh peserta Diklat Teknis Subtantif Guru Pembina Olimpiade IPA pada Madrasah Tsanawiyah setelah mengikuti proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan responden berjumlah 30 orang. Data penelitian berupa nilai pretest untuk mengukur kemampuan awal peserta diklat dan nilai post test merupakan hasil belajar peserta diklat, serta hasil wawancara tentang kemampuan awal peserta terhadap materi olimpiade, srategi pembelajaran, penilaian terhadap narasumber, manfaat yang diperoleh peserta diklat, dan rencana tindak lanjut dengan menggunakan instrumen wawancara. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Penelitian ini mengungkapkan bahwa kemampuan awal peserta diklat masih rendah yaitu nilai 46, kemampuan peserta setelah mengikuti diklat meningkat dengan rata-rata nilai 67, hasil belajar dari post test Biologi paling tinggi diperoleh guru Biologi yaitu 68 sedangkan guru Fisika dan kimia, penguasaan terhadap materi biologi sama-sama nilai 60, hasil belajar dari post test Biologi paling tinggi diperoleh guru Biologi yaitu 68 sedangkan guru Fisika dan kimia, hasil belajar materi biologi sama-sama 60, hasil belajar dari soal post test Fisika paling tinggi diperoleh guru kimia yaitu 55 sedangkan guru Fisika 50 dan guru Biologi 51, strategi pembelajaran yang digunakan narasumber cukup memuaskan, dan diklat bermanfaat menambah pengetahuan, disiplin, keterampilan, dan wawasan peserta diklat tentang olimpiade serta bisa bertukar pikiran tentang cara membimbing peserta didik berprestasi di tingkat nasional.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).