Dampak Pembelajaran Eksperimen Kimia Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.36052/andragogi.v6i1.45Keywords:
Laju Reaksi, Metode Eksperimen, Minat, AktivitasAbstract
Berbagai upaya sudah dilakukan guru dalam rangka meningkatkan aktifitas dan hasil belajar peserta didik. Namun belum mencapai hasil yang diharapkan, sehingga diperlukan upaya lain untuk mewujudkannya. Penggunaan metode pembelajaran yang tepat dan menarik tentu sangat diperlukan untuk mengatasi kendala di atas, agar siswa dapat belajar dengan baik dan tuntas. Kimia mempunyai karakteristik tersendiri dan khas. Karakteristik tersebut adalah objek ilmu sebagai produk (fakta, konsep, prinsip, hukum, dan teori) dan kimia sebagai proses (kerja ilmiah). Oleh sebab itu salah satu topik materi kimia yang perlu dilakukan kerja ilmiah (eksperimen) dalam mempelajarinya adalah “laju reaksi”. Penggunakan esksperimen dalam mempelajari laju reaksi kimia adalah suatu keharusan. Hal ini dikarenakan konsep laju reaksi sangat abstrak. Agar menjadi kongkrit diperlukan eksperimen, sehingga menjadi kontekstual.. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah penggunaan eksperimen pada pembelajaran laju reaksi kimia dapat meningkatkan minat belajar dan hasil belajar siswa pada MAN 2 Serang tahun 2017. Melalui metode eksperimen dapat meningkatkan minat belajar siswa di kelas XI IPA. Hasil observasi terhadap 8 aspek keaktifan memperlihatkan terjadinya peningkatan keaktifan belajar siswa dari rata-rata 68,3% (siklus I) menjadi 77,6% (siklus II). Selain itu diperoleh bahwa hasil belajar meningkat cukup signifikan dari siklus 1 adalah 56,25% ke siklus 2 menjadi 71,8%. Hendaknya guru dapat menggunakan metode eksperimen dengan tepat dan efektif agar dapat membangkitkan motivasi siswa dalam belajar, sehingga prestasi belajar siswa meningkat.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).