Peningkatan Kreativitas Pengawas Madrasah Melalui Diklat

Authors

  • Hindun Hindun Widyaiswara Ahli Utama Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan
  • Aspina Aspina Widyaiswara Ahli Madya Badan Pengembangan SDM Propinsi Sulawesi Tengah

DOI:

https://doi.org/10.36052/andragogi.v6i1.46

Keywords:

kreativitas, diklat teknis substantif, pengawas madrasah

Abstract

Kreativitas pengawas madrasah (pada jenjang MI, MTs dan MA) sering menjadi masalah terhadap aktivitas pelaksanaan supervisi akademik dan supervisi manajerial, terutama dalam penyusunan instrumen yang digunakan sebagai alat supervisi. Tujuan penulisan karya tulis ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh diklat terhadap peningkatan kreativitas pengawas madrasah. Metodologi dan analisis data yaitu mengambil setting peserta Diklat Teknis Substantif Pengawas Madrasah Madya Angkatan I yang diselenggarakan Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan pada tanggal 31 Mei - 10 Juni 2017. Adapun data diperoleh dari 30 responden peserta diklat angkatan I. Hasil analisis data sebelum diberi materi inti diklat diperoleh nilai yaitu 64,0 dan setelah diberi materi inti diklat terjadi peningkatan nilai yaitu 73,7. Atau terjadi peningkatan nilai kreativitas sebesar 9,7 setelah diberikan materi inti diklat. Jadi, dapat disimpulkan bahwa Diklat Teknis Substantif Pengawas Madrasah Madya meningkatkan kreativitas pengawas madrasah

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-06-30