Peningkatan Kreativitas Pengawas Madrasah Melalui Diklat
DOI:
https://doi.org/10.36052/andragogi.v6i1.46Keywords:
kreativitas, diklat teknis substantif, pengawas madrasahAbstract
Kreativitas pengawas madrasah (pada jenjang MI, MTs dan MA) sering menjadi masalah terhadap aktivitas pelaksanaan supervisi akademik dan supervisi manajerial, terutama dalam penyusunan instrumen yang digunakan sebagai alat supervisi. Tujuan penulisan karya tulis ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh diklat terhadap peningkatan kreativitas pengawas madrasah. Metodologi dan analisis data yaitu mengambil setting peserta Diklat Teknis Substantif Pengawas Madrasah Madya Angkatan I yang diselenggarakan Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan pada tanggal 31 Mei - 10 Juni 2017. Adapun data diperoleh dari 30 responden peserta diklat angkatan I. Hasil analisis data sebelum diberi materi inti diklat diperoleh nilai yaitu 64,0 dan setelah diberi materi inti diklat terjadi peningkatan nilai yaitu 73,7. Atau terjadi peningkatan nilai kreativitas sebesar 9,7 setelah diberikan materi inti diklat. Jadi, dapat disimpulkan bahwa Diklat Teknis Substantif Pengawas Madrasah Madya meningkatkan kreativitas pengawas madrasah
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).