Hubungan Antara Motivasi Berprestasi, Kebiasaan Belajar, dan Penggunaan Media Pembelajaran dengan Kompetensi Guru IPA MTs Pasca Diklat

  • Intan Pulungan Widyaiswara Ahli Madya Balai Diklat Keagamaan Medan
DOI: https://doi.org/10.36052/andragogi.v6i1.48
Abstract Views: 166 | PDF Downloads: 258

Downloads

Download data is not yet available.
  
Keywords: Motivasi, Kebiasaan Belajar, Media Pembelajaran, Kompetensi Guru IPA

Abstract

Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk menjelaskan hubungan antara: motivasi berprestasi, kebiasaan belajar, penggunaan media pembelajaran dengan kompetensi guru IPA Madrasah Tsanawiyah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey, dengan teknik analisis korelasional. Koefisien korelasi untuk hubungan antara kedua variabel ini adalah sebesar 0,539. Persamaan garis regresi yang diperoleh adalah Yˆ = 41,2 + 0,19 X1 . Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi motivasi berprestasi guru maka akan semakin meningkatkan kompetensinya. Terdapat hubungan yang positif antara Kebiasaan Belajar dengan kompetensi guru IPA Madrasah Aliyah. Koefisien korelasi untuk hubungan antara kedua variabel ini adalah sebesar 0,509. Persamaan garis regresi yang diperoleh adalah Yˆ = 44,31 + 0,1 X2. Terdapat hubungan yang positif antara penggunaan media pembelajaran dengan kompetensi guru IPA Madrasah Aliyah. Koefisien korelasi untuk hubungan antara kedua variabel ini adalah sebesar 0,5485. Persamaan garis regresi yang diperoleh adalah Yˆ = 44,80 + 0,11 X3. Terdapat hubungan yang positif antara motivasi berprestasi, kebiasaan belajar dan penggunaan media pembelajaran secara bersama-sama dengan kompetensi guru kimia Madrasah Aliyah. Koefisien korelasi untuk hubungan antara keempat variabel ini adalah sebesar 0,652. Persamaan garis regresi yang diperoleh adalah Y= 36,36+ 0,160X1 + 0,003X2+0,082 X3. Kesimpulannya semakin baik motivasi berprestasi, kebiasaan belajar dan penggunaan media pembelajaran secara bersama-sama maka akan semakin meningkatkan kompetensi guru.

Published
2018-06-30