Hubungan Antara Motivasi Berprestasi, Kebiasaan Belajar, dan Penggunaan Media Pembelajaran dengan Kompetensi Guru IPA MTs Pasca Diklat
DOI:
https://doi.org/10.36052/andragogi.v6i1.48Keywords:
Motivasi, Kebiasaan Belajar, Media Pembelajaran, Kompetensi Guru IPAAbstract
Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk menjelaskan hubungan antara: motivasi berprestasi, kebiasaan belajar, penggunaan media pembelajaran dengan kompetensi guru IPA Madrasah Tsanawiyah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey, dengan teknik analisis korelasional. Koefisien korelasi untuk hubungan antara kedua variabel ini adalah sebesar 0,539. Persamaan garis regresi yang diperoleh adalah Yˆ = 41,2 + 0,19 X1 . Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi motivasi berprestasi guru maka akan semakin meningkatkan kompetensinya. Terdapat hubungan yang positif antara Kebiasaan Belajar dengan kompetensi guru IPA Madrasah Aliyah. Koefisien korelasi untuk hubungan antara kedua variabel ini adalah sebesar 0,509. Persamaan garis regresi yang diperoleh adalah Yˆ = 44,31 + 0,1 X2. Terdapat hubungan yang positif antara penggunaan media pembelajaran dengan kompetensi guru IPA Madrasah Aliyah. Koefisien korelasi untuk hubungan antara kedua variabel ini adalah sebesar 0,5485. Persamaan garis regresi yang diperoleh adalah Yˆ = 44,80 + 0,11 X3. Terdapat hubungan yang positif antara motivasi berprestasi, kebiasaan belajar dan penggunaan media pembelajaran secara bersama-sama dengan kompetensi guru kimia Madrasah Aliyah. Koefisien korelasi untuk hubungan antara keempat variabel ini adalah sebesar 0,652. Persamaan garis regresi yang diperoleh adalah Y= 36,36+ 0,160X1 + 0,003X2+0,082 X3. Kesimpulannya semakin baik motivasi berprestasi, kebiasaan belajar dan penggunaan media pembelajaran secara bersama-sama maka akan semakin meningkatkan kompetensi guru.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).