Peningkatan Pemahaman Guru Terhadap Materi Kurikulum 2013

Penelitian Diklat Guru IPA SMP/MTs Pada UPTD PPMG Wilayah VI Dinas Pendidikan Aceh

  • Dermawati Derma Nazar, Mrs Widyaiswara Ahli Utama Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan
Keywords: Pendidikan dan Pelatihan Kurikulum 2013, Pemahaman Materi Kurikulum 2013, Kompetensi Pedagogik

Abstract

Berubahnya kurikulum KTSP menjadi Kurikulum 2013 membutuhkan penyesuaian pola pikir para pemangku kepentingan (stakeholder). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta diklat terhadap materi kurikulum 2013 dan peningkatan kompetensi pedagogik pada pendidikan dan pelatihan  Kurikulum 2013 Bagi Guru IPA SMP/MTs di Lingkungan UPTD PPMG Wilayah VI Dinas Pendidikan Aceh. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif dengan menggunakan instrumen observasi untuk mengukur tingkat pemahaman peserta pendidikan dan pelatihan terhadap materi kurikulum 2013 dan kompetensi pedagogik yang dianalisis secara deskriptif. Hasil observasi kepada peserta pendidikan dan pelatihan menunjukkan pemahaman sebelum mengikuti pendidikan dan pelatihan menunjukkan ketidaktahuan, kurang tahu atau ragu-ragu terhadap materi konsep kurikulum 2013, pendekatan saintifik, penilaian autentik, rancangan pembelajaran, dan model pembelajaran pada semua peserta diklat. Setelah mengikuti pendidikan dan pelatihan maka pemahaman peserta pendidikan dan pelatihan tentang materi kurikulum 2013 menunjukkan peningkatan yang siginifikan.

References

De Porter, Bobbi dan Hernacki, Mike. 1992. Quantum Learning. Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Terjemahan oleh Alwiyah Abdurrahman. Bandung: Penerbit Kaifa.

Abin Syamsuddin Makmun. 2003. Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosda Karya Remaja

Arikunto Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta Kementerian Pendidikan Nasional. Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. 2010. Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru (PK Guru). Jakarta.

Majid, Abdul. 2005. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mukhtar & Iskandar. (2012). Desain Pembelajaran Berbasis TIK. Jakarta: Referensi.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Kurikulum 2013 untuk SMA/MA. Kemendikbud. Jakarta

Peraturan Menteri Agama (2014), Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab. Kementerian Agama. Jakarta.

Permenpan & RB Nomor 16 Tahun 2009. Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Menpan. Jakarta

Suyanto, Asep Djihad. 2013. Menjadi Guru Profesional Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global,. Jakarta. Erlangga.

Wina Senjaya. 2008. Strategi Pembelajaran; Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Sujimat, D. Agus. 2000. Penulisan karya ilmiah. Makalah disampaikan pada pelatihan penelitian bagi guru SLTP Negeri di Kabupaten Sidoarjo tanggal 19 Oktober 2000 (Tidak diterbitkan). MKKS SLTP Negeri Kabupaten Sidoarjo

Suparno. 2000. Langkah-langkah Penulisan Artikel Ilmiah dalam Saukah, Ali dan Waseso, M.G. 2000. Menulis Artikel untuk Jurnal Ilmiah. Malang: UM Press.

UNESA. 2000. Pedoman Penulisan Artikel Jurnal, Surabaya: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Surabaya.

Wahab, Abdul dan Lestari, Lies Amin. 1999. Menulis Karya Ilmiah. Surabaya: Airlangga University Press.

Winardi, Gunawan. 2002. Panduan Mempersiapkan Tulisan Ilmiah. Bandung: Akatiga.

Published
2017-06-30