Pengaruh Hasil Diklat, Kompetensi Pedagogik, dan Kompetensi Profesional Terhadap Kinerja Guru
DOI:
https://doi.org/10.36052/andragogi.v6i1.51Keywords:
Kinerja guru, pendidikan dan pelatihan, kompetensi pedagogik, kompetensi professionalAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh hasil diklat, penguasaan kompetensi pedagogik, dan kompetensi profesional terhadap kinerja guru. Penelitian ini menggunakan metoda survey. Populasi peneitian ini adalah alumni peserta diklat fungsional guru muda mata pelajaran Bahasa Inggris Madrasah Aliyah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi dan tes dari instrumen yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya (r=….). Analisis data menggunakan korelasional, regresi linier sederhana dan berganda. Hasil penelitian diperoleh pengaruh antara variable X1 terhadap variabel Y adalah positif sebesar 0,538. Pengaruh antara variable X2 terhadap variabel Y adalah sebesar 0,483 dan positif. Pengaruh antara variable X3 terhadap variabel Y adalah sebesar 0,311 dan positif. Ada pengaruh variabel X1, X2, dan X3 secara simultan terhadap Y. Berdasarkan hasil uji signifikansi dapat disimpulkan bahwa dari hasil perhitungan diperoleh nilai Fhitung (81,429) > FTabel (2,469) dan sign α (0,000) < sign α (0,05) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Besarnya nilai determinasi (Adj.R2) hasil hitung adalah sebesar 0,893. Nilai tersebut menunjukkan bahwa hasil diklat (X1), kompetensi pedagogik (X2), kompetensi profesional (X3) dalam penelitian ini mampu menjelaskan variabel kinerja guru (Y) sebesar 89,3%, sisanya sebesar 10,7% dijelaskan oleh faktor lain di luar penelitian ini
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).