Pengaruh Hasil Diklat, Kompetensi Pedagogik, dan Kompetensi Profesional Terhadap Kinerja Guru

  • Teguh Suyitno Widyaiswara Ahli Madya Balai Diklat Keagamaan Semarang
DOI: https://doi.org/10.36052/andragogi.v6i1.51
Abstract Views: 377 | PDF Downloads: 542

Downloads

Download data is not yet available.
  
Keywords: Kinerja guru, pendidikan dan pelatihan, kompetensi pedagogik, kompetensi professional

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh hasil diklat, penguasaan kompetensi pedagogik, dan kompetensi profesional terhadap kinerja guru. Penelitian ini menggunakan metoda survey. Populasi peneitian ini adalah alumni peserta diklat fungsional guru muda mata pelajaran Bahasa Inggris Madrasah Aliyah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi dan tes dari instrumen yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya (r=….). Analisis data menggunakan korelasional, regresi linier sederhana dan berganda. Hasil penelitian diperoleh pengaruh antara variable X1 terhadap variabel Y adalah positif sebesar 0,538. Pengaruh antara variable X2 terhadap variabel Y adalah sebesar 0,483 dan positif. Pengaruh antara variable X3 terhadap variabel Y adalah sebesar 0,311 dan positif. Ada pengaruh variabel X1, X2, dan X3 secara simultan terhadap Y. Berdasarkan hasil uji signifikansi dapat disimpulkan bahwa dari hasil perhitungan diperoleh nilai Fhitung (81,429) > FTabel (2,469) dan sign α (0,000) < sign α (0,05) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Besarnya nilai determinasi (Adj.R2) hasil hitung adalah sebesar 0,893. Nilai tersebut menunjukkan bahwa hasil diklat (X1), kompetensi pedagogik (X2), kompetensi profesional (X3) dalam penelitian ini mampu menjelaskan variabel kinerja guru (Y) sebesar 89,3%, sisanya sebesar 10,7% dijelaskan oleh faktor lain di luar penelitian ini

Published
2018-06-30