Evaluasi Pembelajaran Diklat Menggunakan Model Countenance Stake
DOI:
https://doi.org/10.36052/andragogi.v6i1.52Keywords:
Evaluasi pembelajaran diklat, Model Countenance Stake, PKG dan PKBAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi model Countenance Stake yang bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pembelajaran Diklat Teknis Substantif Peningkatan Kompetensi PKG dan PKB bagi Guru PAI SMA dan Guru Madrasah (MTs dan MA) di Lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumbawa Tahun 2017 difokuskan pada antecedents (perencanaan), transaction (proses), dan outcomes (hasil belajar). Subjek penelitian melibatkan 39 orang peserta Diklat dan 2 orang Widyaiswara pengampu mata Diklat inti. Data yang dibutuhkan dikumpulkan melalui metode kuesioner, dokumentasi, dan observasi. Data tersebut dianalisis dengan cara membandingkan dan mencermati keterkaitan antara antecedents, transaction, dan outcomes yang dikemukan dalam intent (tujuan atau harapan) dengan apa yang terjadi dalam kegiatan (observasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa komponen antecedents, transaction, dan outcomes berada pada kategori amat baik dengan persentase 88,71%. Sejalan dengan simpulan penelitian, direkomendasikan untuk menindaklanjuti Diklat dalam bentuk kegiatan evaluasi pasca Diklat. Widyaswara diharapkan memperbarui ilmu dan pengetahuan sesuai lingkup substansi yang disampaikan. Stakeholder/ User di wilayah kerja perlu menindaklanjuti pemberdayaan kompetensi dan keterampilan alumni pasca diklat
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).