Evaluasi Penyelenggaraan Diklat Teknis Substantif Multimedia bagi Guru Madrasah Aliyah di Balai Diklat Keagamaan Semarang
DOI:
https://doi.org/10.36052/andragogi.v6i1.54Keywords:
evaluasi kickpatrick, reaksi, hasil belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kepuasan peserta diklat (reaction) terhadap aspek edukatif, aspek fasilitas, aspek pelayanan dan hasil belajar peserta diklat (learning) pada penyelenggaraan Diklat Multimedia bagi Guru Madrasah Aliyah di Balai Diklat Keagamaan Semarang. Penelitian ini merupakan penelitan deskriptif kuantitatif dengan metode survai. Model evaluasi yang digunakan adalah menggunakan model Kirkpatrick. Dalam model Kirkpatrick, evaluasi dilakukan melalui empat level, yaitu reaction, learning, behaviour dan impact. Pada penelitian ini hanya dilakukan untuk evaluasi level 1 dan 2. Kepuasan peserta diklat (reaction) terhadap aspek edukatif penyelenggaraan Diklat Multimedia masuk kategori baik 87.62, aspek fasilitas kategori kategori baik 87.63, dan aspek pelayanan kategori baik 89.38. Hasil belajar peserta diklat (learning) pada aspek sikap kategori sangat baik 88.54, aspek pengetahuan kategori baik 82.07 dan pada aspek keterampilan kategori sangat baik 85.68. Untuk meningkatkan kepuasan (reaction) peserta diklat pada penyelenggaraan diklat dapat dilakukan dengan meningkatkan frekuensi kegiatan ekstrakurikuler, mengatur menu secara lebih bervariasi dan menggunakan software yang sama antara peserta diklat dan widyaiswara. Hasil belajar (learning) peserta diklat dapat ditingkatkan lagi dengan menggunakan metode tutor sebaya. Evaluasi pelaksanaan diklat perlu dilakukan untuk level 3 (perilaku kerja) dan 4 (dampak) melalui evaluasi pasca diklat.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).