Pengukuran Indeks Kepuasan Peserta Diklat TOT Widyaiswara di Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Tahun 2018

  • Cut Ummu Athiyah Widyaiswara Ahli Madya Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan
DOI: https://doi.org/10.36052/andragogi.v6i2.57
Abstract Views: 98 | PDF Downloads: 83

Downloads

Download data is not yet available.
  
Keywords: Tingkat kepuasan, Kualitas pelayanan diklat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur indeks kepuasan masyarakat (IKM) yang diwakili oleh peserta diklat ToT Wisdyaiswara terhadap Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan. Penelitian ini menggunakan data observasi, dokumentasi dan angket dengan skala interval. Jumlah sampel yang digunakan adalah 60 responden. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil uji reliabilitas instrumen menunjukkan angka 0,905 yang berarti instrumen penelitian reliable atau handal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Indeks Kepuasan Masyarakat, yang terdiri dari 30 indikator dari 14 dimensi layanan menghasilkan persepsi responden rata-rata puas. Indikator-indikator pernyataan yang tidak terpuaskan berada di angka 2,06. Indikator tertinggi dari indeks kepuasan adalah dalam indikator 3,15 dengan rerata 2,75 atau diperoleh dalam kategori baik

Published
2018-12-31