Implementasi Evaluasi Model Kirkpatrick (Level 1 dan 2) Diklat Teknis Substantif Pembina Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan pada SMP di Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan

Authors

  • Nuraini Nuraini, Mrs Widyaiswara Ahli Muda Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan

Keywords:

Evaluasi Model Kirkpatrick, Diklat, Ekstrakurikuler Keagamaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Evaluasi Model Kirkpatrick Level 1 dan 2 Diklat Teknis Substantif Pembina Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan pada SMP di Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan. Level 1 dan level 2 untuk Evaluasi Model Kirkpatrick masing-masing dilakukan penilaian dengan alat penilaian yang berbeda. Tes tertulis (pre test dan post test) digunakan untuk menilai aspek pengetahuan peserta diklat. Penilaian kinerja digunakan untuk menilai aspek keterampilan peserta diklat. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta diklat Teknis Substantif Pembina Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan SMP berjumlah 30 orang yang berasal dari perwakilan Kantor Wilayah Kementerian Agama Seluruh Indonesia. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan angket dan observasi. Observasi dilakukan untuk mengetahui nilai sikap.  Tes tertulis digunakan untuk mengetahui tingkat pengetahuan dan kinerja digunakan untuk mengetahui tingkat keterampilan peserta. Evaluasi belajar peserta diperoleh dengan menggunakan rubrik penilaian kinerja. Hasil penelitian menggambarkan bahwa Evaluasi Model Kirkpatrick Level 1 dan Level 2 Diklat Teknis Substantif Pembina Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan pada SMP sangat efektif untuk menilai tingkat kepuasaan peserta diklat dan tingkat pemahaman peserta diklat terhadap materi yang disampaikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-06-30