Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Melalui Penggunaan Metode Demonstrasi dan Media Audiovisual pada Siswa Kelas X MAN 4 Jakarta

  • Eneng Hernawati Widyaiswara Ahli Muda Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan
DOI: https://doi.org/10.36052/andragogi.v6i2.60
Abstract Views: 3130 | PDF Downloads: 2830

Downloads

Download data is not yet available.
  
Keywords: Hasil Belajar Fisika, Metode Demonstrasi, Media

Abstract

Tujuan penelitian ini mengetahui penerapan metode demonstrasi dan media audiovisual untuk meningkatkan hasil belajar Fisika siswa di kelas X. Penggunaan metode demontrasi dan media audiovisual dalam pembelajaran fisika dilakukan oleh dengan cara guru mempragakan alat-alat dan video sehingga konsep fisika dapat dipahami oleh siswa. Metodologi penelitian dalam penelitian ini adalah action reseach. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh data pada siklus I hasil belajar Fisika sebesar 62,06% dari jumlah siswa memperoleh skor ≥ 64 sedangkan siklus II menunjukkan kenaikan yang signifikan yaitu sebesar 89,65% dari jumlah siswa memperoleh skor ≥ 64. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa pembelajaran Fisika dengan menggunakan metode demonstrasi dan media audiovisual dapat dijadikan metode dan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar

Published
2018-12-31