Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Melalui Penggunaan Metode Demonstrasi dan Media Audiovisual pada Siswa Kelas X MAN 4 Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.36052/andragogi.v6i2.60Keywords:
Hasil Belajar Fisika, Metode Demonstrasi, MediaAbstract
Tujuan penelitian ini mengetahui penerapan metode demonstrasi dan media audiovisual untuk meningkatkan hasil belajar Fisika siswa di kelas X. Penggunaan metode demontrasi dan media audiovisual dalam pembelajaran fisika dilakukan oleh dengan cara guru mempragakan alat-alat dan video sehingga konsep fisika dapat dipahami oleh siswa. Metodologi penelitian dalam penelitian ini adalah action reseach. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh data pada siklus I hasil belajar Fisika sebesar 62,06% dari jumlah siswa memperoleh skor ≥ 64 sedangkan siklus II menunjukkan kenaikan yang signifikan yaitu sebesar 89,65% dari jumlah siswa memperoleh skor ≥ 64. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa pembelajaran Fisika dengan menggunakan metode demonstrasi dan media audiovisual dapat dijadikan metode dan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).