Dampak Program Pelatihan Teknis Fungsional Guru Terhadap Sikap Sosial Guru Madrasah
DOI:
https://doi.org/10.36052/andragogi.v6i2.62Keywords:
Dampak, Pelatihan, Sikap sosial alumniAbstract
Artikel ini bertujuan untuk mengungkapkan hasil penelitian evaluasi dampak program pelatihan teknis fungsional guru madrasah aspek sosial yang diselenggarakan oleh Pusat pelatihan tenaga teknis pendidikan dan keagamaan Kementerian Agama. Penelitian ini menggunakan metode study kasus dan survei yang dilakukan di 20 Madrasah DKI Jakarta dengan 160 responden yang terdiri dari alumni peserta pelatihan, teman sejawat, dan atasan alumni. Teknik pengambilan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan angket. Teknik pengolahan data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa alumni pelatihan mampu menerapkan hasil pembelajaran yang didapat dan perubahan yang ditimbulkan, menjaga kesinambungan dari perubahan yang terjadi, meningkatkan kepedulian terhadap tingkat perubahan, bersosialisasi dengan teman dan atasan secara baik, melakukan kerjasama secara bersamaan, menerima dan memberi saran, meningkatnya kedisiplinan, dan memiliki loyalitas dan persepsi terhadap pekerjaan. Namun secara rata-rata alumni belum terampil dalam mengimplementasikan pengetahuan dan keterampilan yang relevan untuk digunakan dalam bekerja. Kemampuan tersebut tidak sepenuhnya akibat dari peran Pusdiklat Teknis Kementerian Agama.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).