Implemenentasi Program Bimbingan dan Konseling dalam Kurikulum 2013 dan Profesionalisasi Bimbingan dan Konseling di Madrasah
DOI:
https://doi.org/10.36052/andragogi.v6i2.64Keywords:
kurikulum 2013, program BK, profesionalisasi BKAbstract
Karya tulis ini bertujuan untuk mengetahui implementasi program program bimbingan dan konseling dalam kurikulum 2013 dan profesionalisasi Bimbingan dan konseling (BK) di madrasah. Bagaimana gap antara teori-teori yang terdapat dalam buku-buku maupun regulasi yang terkait dengan bimbingan dan konseling dan realita pelaksanaannya di madrasah. Metode penulisan ini adalah library research yaitu dengan mengkaji buku-buku dan regulsasi yang terkait dengan bahasan. Tulisan ini diharapkan akan bermanfaat bagi Guru BK/Konselor untuk menambah wawasannya, bagi kepala madrasah untuk dapat dijadikan pengambilan kebijakan dalam menyusun program kegiatannya, dan bagi Kementerian Agama untuk dapat dilakukan kebijakan penyetaraan Guru BK yang tidak memiliki ijazah BK. Kurikulum 2013 terbit karena mengingat adanya tantangan yang dihadapi, baik tantangan internal maupuan tantangan eksternal. Selain itu, dalam menghadapi tuntutan perkembangan zaman dirasa perlu adanya penyempurnaan pola pikir dan penguatan tata kelola kurikulum serta pendalam dan perluasan materi. Tema kurikulum 2013 yaitu mengasilkan insan Indonesia yang produktif, kreatif, inovatif, dan afektif melaui penguatan sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang terintegrasi. Program bimbingan dan konseling yang seharusnya dibuat oleh Guru BK/Konselor madrasah apakah telah mengikuti sesuai dengan pedoman yang telah diterbitkan oleh pemerintah yang meliputi konsep dasar BK, prinsip-prinsip BK, bidang layanan BK, dan jenis-jenis layanan dapat dilihat dari uraian implementasi program BK. Demikian juga mengenai profesionalisi BK di madrasah, idealnya profesi seorang Guru BK/ Konselor memiliki kualifikasi profesi sesuai dengan peraturan pemerintah, dimana sekurang-kurangnya berpendidikan S-1 dari program bimbingan dan konseling. Implementasi program BK dalam Kurikulum 2013 dan profesionalisasi guru BK dapat dilaksanakan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki guru BK, walaupun berbagai keterbatasan yang ada
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).