Evaluasi Reaksi Peserta pada Penyelenggaraan Diklat di Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Tahun 2018
DOI:
https://doi.org/10.36052/andragogi.v7i1.66Keywords:
Evaluasi, Reaksi, DiklatAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis reaksi peserta pada penyelenggaraan Diklat di kampus Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan mulai bulan Februari sampai dengan Juli 2018, dengan menggunakan model Kirkpatrick. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang hasil penilaiannya telah diinput ke Simdiklat dan menggunakan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepanitiaan, kepesertaan, akomodasi, sarana diklat, kurikulum dan konsumsi pada penyelenggaraan Diklat di Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan sudah baik, tetapi masih perlu ditingkatkan karena belum memcapai kategori sangat baik. Konsumsi menjadi unsur prioritas yang harus ditingkatkan karena unsur ini yang memiliki nilai terendah (81,9). Kepuasan peserta diklat menjadi penting dalam menentukan keberhasilan penyelenggaraan diklat karena peserta akan termotivasi apabila proses diklat berjalan memuaskan yang pada akhirnya akan memunculkan reaksi dari peserta yang menyenangkan. Sebaliknya, apabila peserta tidak merasa puas terhadap proses diklat yang diikutinya maka peserta tidak akan termotivasi untuk mengikuti kegiatan diklat lebih lanjut.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).