Evaluasi Reaksi Peserta pada Penyelenggaraan Diklat di Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Tahun 2018

Authors

  • Nuraini Nuraini Widyaiswara Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan

DOI:

https://doi.org/10.36052/andragogi.v7i1.66

Keywords:

Evaluasi, Reaksi, Diklat

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis reaksi peserta pada penyelenggaraan Diklat di kampus Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan mulai bulan Februari sampai dengan Juli 2018, dengan menggunakan model Kirkpatrick. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang hasil penilaiannya telah diinput ke Simdiklat dan menggunakan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepanitiaan, kepesertaan, akomodasi, sarana diklat, kurikulum dan konsumsi pada penyelenggaraan Diklat di Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan sudah baik, tetapi masih perlu ditingkatkan karena belum memcapai kategori sangat baik. Konsumsi menjadi unsur prioritas yang harus ditingkatkan karena unsur ini yang memiliki nilai terendah (81,9). Kepuasan peserta diklat menjadi penting dalam menentukan keberhasilan penyelenggaraan diklat karena peserta akan termotivasi apabila proses diklat berjalan memuaskan yang pada akhirnya akan memunculkan reaksi dari peserta yang menyenangkan. Sebaliknya, apabila peserta tidak merasa puas terhadap proses diklat yang diikutinya maka peserta tidak akan termotivasi untuk mengikuti kegiatan diklat lebih lanjut.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-06-30