Dampak Program Diklat bagi Guru MTs Aspek Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.36052/andragogi.v7i1.69Keywords:
dampak program, pendidikan dan pelatihan, pembelajaranAbstract
Penelitian ini difokuskan pada dua permasalahan, yaitu bagaimana dampak program diklat terhadap penyusunan perencanaan pembelajaran dan proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak program Diklat Teknis Fungsional Guru Madrasah Tsanawiyah yang diselenggarakan oleh Pusdiklat Teknis Kementerian Agama. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan model evaluasi dampak diklat. Teknik pengambilan data dengan cara observasi dan wawancara. Pengolahan data dilakukan dengan teknik deskriptif kuantitatif dan naratif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa program diklat berdampak terhadap alumni dalam menyusun perencanaan pembelajaran, khususnya penyusunan kelengkapan administrasi pembelajaran dan mengaitkan antar komponen dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaan, melakukan kegiatan pendahuluan pembelajaran, penguasaan materi pelajaran, pembelajaran yang melibatkan siswa. Namun tidak berdampak terhadap pemilihan dan penggunaan metode, media dan sumber belajar, serta melakuan penutupan pembelajaran.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).