Dampak Program Diklat bagi Guru MTs Aspek Pembelajaran

Authors

  • Yasri Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan

DOI:

https://doi.org/10.36052/andragogi.v7i1.69

Keywords:

dampak program, pendidikan dan pelatihan, pembelajaran

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada dua permasalahan, yaitu bagaimana dampak program diklat terhadap penyusunan perencanaan pembelajaran dan proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak program Diklat Teknis Fungsional Guru Madrasah Tsanawiyah yang diselenggarakan oleh Pusdiklat Teknis Kementerian Agama. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan model evaluasi dampak diklat. Teknik pengambilan data dengan cara observasi dan wawancara. Pengolahan data dilakukan dengan teknik deskriptif kuantitatif dan naratif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa program diklat berdampak terhadap alumni dalam menyusun perencanaan pembelajaran, khususnya penyusunan kelengkapan administrasi pembelajaran dan mengaitkan antar komponen dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaan, melakukan kegiatan pendahuluan pembelajaran, penguasaan materi pelajaran, pembelajaran yang melibatkan siswa. Namun tidak berdampak terhadap pemilihan dan penggunaan metode, media dan sumber belajar, serta melakuan penutupan pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-06-30