Penggunaan Media CD Interaktif pada Pembelajaran Struktur Atom

  • Bahruddin Bahruddin, Mr Widyaiswara Ahli Utama Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan
Keywords: CD Interaktif, Motivasi, Struktur Atom, Siklus

Abstract

Dilatarbelakangi oleh kenyataan yang menunjukkan bahwa kimia masih dianggap sebagai suatu mata pelajaran yang sulit, dampaknya tentu dapat mengurangi minat siswa dalam belajar kimia yang dapat berefek pada hasil belajar siswa itu sendiri. Hal ini dibuktikan dari hasil Ujian Akhir Madrasah beberapa tahun terakhir yang kurang memuaskan, karena hampir 60% siswa perserta ujian akhir madrasah belum benar menjawab soal materi struktur atom. Melihat kenyataan bahwa sulitnya siswa dalam memahami Struktur Atom pada pembelajaran kimia dan motivasi belajar siswa yang rendah, sehingga diperlukan strategi pembelajaran yang efektif dan efisien. Penggunaan media yang tepat dalam pembelajaran merupakan suatu alternatif untuk mengatasi rendahnya hasil belajar siswa pokok bahasan struktur atom pada mata pelajaran kimia Madrasah Aliyah (MA). Salah satu metode pembelajaran yang inovatif dan efektif adalah pembelajaran dengan bantuan media belajar yang berupa Compact Disk (CD) interaktif. Tujuan penelitian ini ialah untuk menjelaskan penggunaan media CD interaktif dalam rangka meningkatkan Motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada materi struktur atom di MA. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 2 Kota Serang pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2015-2016. Subyek penelitian ini ialah guru yang mengajar pada siwa kelas XI dengan jumlah 38 orang siswa dan dibantu oleh seorang observer. Metode penelitian tindakan yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan dari data yang diperoleh pada menggunakan instrumen lembar observasi dan soal tes hasil belajar siswa terlihat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media CD interaktif, yaitu tejadinya kenaikan nilai hasil belajar.

References

Arief Sadiman S. dkk. 2005. Media Pendidikan. Jakarta: Araja Grafindo Persada

A.M., Sardiman. 1994. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Azhar Arsyad. 2005. MediaPembelajaran. Jakarta: Araja Grafindo Persada

Budiningsih, A. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

B. Uno, Hamzah. 2010. Teori Motivasi dan Pengukurannya; Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Campbell Linda, dkk, Metode praktis Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences, Depok, 2005 CBSA. Bandung: Tarsito

Dwiyono, Y. 2005. Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 3 Samarinda.

Emzir. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan; Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: Rajawali Press)

Rasyad, Aminuddin. 2003. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Uhamka Pres

Safari. 2008. Analisis Butir Soal. Jakarta: CV. Purnama

Sagala, Syaiful. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV. Alfabeta

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Schaefer, Charles. 2000. Bagaimana Membimbing, Mendidik dan Mendisiplinkan Anak secara Efektif. (terj. R. Turman Sirait). Jakarta: Rada Jaya Offset

Sudjana, Nana. 1989. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: CV. Sinar Baru

Syah, Muhibbin. 2001. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Usman, Moh. Uzer. 2001: Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Warsita. Bambang. 2009. Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya.Jakarta: Rineka Cipta

Published
2017-06-30