Peningkatan Pemahaman Peserta Diklat Kepala Madrasah tentang Hak Asasi Manusia

Authors

  • Dermawati Derma Nazar Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan

DOI:

https://doi.org/10.36052/andragogi.v7i1.78

Keywords:

Hak Asasi Manusia, pemahaman, peserta pendidikan dan pelatihan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan pemahaman peserta Diklat Teknis Substantif Hak Asasi Manusia bagi Kepala Madrasah sebelum dan sesudah mengikuti pendidikan dan pelatihan di Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kausal komparatif yang datanya dianalisis secara statistik deskriptif. Hasil dari penelitian ini secara keseluruhan terdapat peningkatan pemahaman yang signifikan peserta Diklat Teknis Substantif Hak Asasi Manusia bagi Kepala Madrasah setelah mengikuti pendidikan dan pelatihan yaitu pada mata diklat Konsep dasar Hak Asasi Manusia, Instrumen Nasional Hak Asasi Manusia, Instrumen Internasional Hak Asasi Manusia (The Internasional Bill of Human Rights), Badan-badan Hak Asasi Manusia, Pelanggaran Hak Asasi Manusia dan Mekanisme penanganannya, Manajemen Implementasi Program Hak Asasi Manusia, Menumbuhkan Budaya Organisasi, Kearifan Lokal, dan Kesadaran Berbangsa dan Bernegara, dan Metode Pembelajaran Efektif. Sedangkan untuk mata diklat Implementasi Pemenuhan Hak Asasi Manusia pemahaman peserta diklat tidak meningkat secara signfikan sebelum maupun sesudah diklat karena nilai t-hitung lebih kecil dari t-tabel

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-06-30