Kemampuan Menulis Puisi Siswa SD Melalui Media Gambar
DOI:
https://doi.org/10.36052/andragogi.v7i1.79Keywords:
kemampuan menulis, puisi, media gambarAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan menulis puisi siswa kelas 2 SDN Cempaka Putih Barat 19 Jakarta Pusat melalui media gambar. Hal itu dilakukan karena sebagian besar siswa kelas 2 SDN Cempaka Putih Barat berasal dari siswa yang belum mengenyam pendidikan taman kanak-kanak (TK). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. PTK ini menggunakan 2 (dua) siklus; tiap-tiap siklus dilakukan 2 (dua) pertemuan; sehingga dua siklus menjadi 4 (empat) pertemuan. Responden penelitian adalah siswa kelas 2 yang berjumlah 31 orang siswa; dengan perincian siswa perempuan berjumlah 18 orang dan siswa laki-laki berjumlah 13 orang. Peneliti memfokuskan kajian pada: (a) Keaktifan Siswa, (b) Ketepatan Pemilihan Kata (diksi), dan (c) Kemampuan Menyusun Puisi. Berdasarkan analisis data dan temuan diperoleh hasil nilai rata-rata sebagai berikut: (a) Keaktifan siswa diperoleh hasil rata-rata kelas; siklus I pertemuan pertama : 85 %, pertemuan kedua : 85 %; siklus II pertemuan pertama : 87 %, dan pertemuan kedua : 95 %. (b) Ketepatan Pemilihan Kata (Diksi) diperoleh hasil nilai rata-rata kelas yaitu: siklus I pertemuan pertama memperoleh nilai 64; pertemuan kedua 73, siklus II pertemuan pertama 77, dan pertemuan kedua 82; dan (c) Kemampuan Menyusun Puisi diperoleh hasil nilai rata-rata kelas yaitu: siklus I pertemuan pertama memperoleh nilai 65; pertemuan kedua 73, siklus II pertemuan pertama 78, dan pertemuan kedua 85. Dengan demikian kesimpulan hasil PTK tentang kemampuan menyusun puisi siswa kelas 2 SDN Cempaka Putih Barat 19 Jakarta Pusat predikat baik.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).