Penerapan Cerita dalam Pembelajaran Diklat Guru IPS MTs

  • Endang Sutisnowati, Mrs Widyaiswara Ahli Madya Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan
Keywords: Cerita, Konsentrasi, Belajar

Abstract

Pembelajaran dengan cerita yang kontekstual pada pendidikan dan latihan (diklat) substantif guru IPS MTs akan lebih memberi makna bagi peserta diklat. Oleh karena itu pembelajaran bagi guru IPS harus menerapkan berbagai metode pembelajaran yang berkaitan dengan fenomena sosial, tidak sebatas teori. Masalah dalam penelitian ini adalah, apakah cerita yang kontekstual dapat meningkatkan konsentrasi belajar peserta diklat guru IPS MTs?. Tujuan penelitian untuk mengetahui pentingnya cerita yang kontekstual dalam meningkatkan konsentrasi belajar peserta diklat guru IPS MTs. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif metode studi kasus dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan teknik analisis model Miles dan Huberman. Kesimpulan hasil penelitian ini membuktikan penerapan metode cerita yang kontekstual dikaitkan dengan materi yang dibahas serta cara penyampaian yang menggunakan bahasa maupun intonasi yang sesuai dengan alur cerita, dapat meningkatkan konsentrasi belajar peserta diklat guru IPS MTs. Peserta menunjukkan tingkat perhatian yang tinggi dalam mendengarkan, memperhatikan isi dan makna cerita, dan terjadi partisipasi aktif guru dalam bertanya, menjawab, menanggapi, penyelesaian tugas, serta durasi perhatian lebih lama dibanding dengan metode ceramah tanpa adanya cerita.

References

Gardner, Howard. 2006. Multiple Intelligences: New Horizons (edisi mutakhir yang direvisi seluruhnya) (New York: Basic Books, cetakan 1: 1993)

Jamaris Martini.2009. Kesulitan Belajar Perpektif, Assessmen dan Penanggulangannya, Jakarta, Yayasan Penamas Murni.

Moleong. Lexy.J. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif, cetakan 22, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Ngalip Purwanto, 1995. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Remaja Rosda Karya, Bandung.

Piaget (1988) Antara Tindakan dan Pikiran, alih bahasa oleh Agus Cremers. 2008. cet ke 2 Jakarta, Gramedia.

Santrock. John W. 2008. Psikologi pendidikan, edusi kedua Jakarta, Kencana.

Semaiwan Conny, R., 2002. Landasan Pembelajaran Dalam Perkembangan Manusia, jakarta CHCD.

Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuatitatif, Kualitattif, dan R&D, Alvabeta, Bandung.

Slamento, 2005. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Rineka Cipta, Jakarta.

Published
2017-06-30