Penerapan Cerita dalam Pembelajaran Diklat Guru IPS MTs
Keywords:
Cerita, Konsentrasi, BelajarAbstract
Pembelajaran dengan cerita yang kontekstual pada pendidikan dan latihan (diklat) substantif guru IPS MTs akan lebih memberi makna bagi peserta diklat. Oleh karena itu pembelajaran bagi guru IPS harus menerapkan berbagai metode pembelajaran yang berkaitan dengan fenomena sosial, tidak sebatas teori. Masalah dalam penelitian ini adalah, apakah cerita yang kontekstual dapat meningkatkan konsentrasi belajar peserta diklat guru IPS MTs?. Tujuan penelitian untuk mengetahui pentingnya cerita yang kontekstual dalam meningkatkan konsentrasi belajar peserta diklat guru IPS MTs. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif metode studi kasus dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan teknik analisis model Miles dan Huberman. Kesimpulan hasil penelitian ini membuktikan penerapan metode cerita yang kontekstual dikaitkan dengan materi yang dibahas serta cara penyampaian yang menggunakan bahasa maupun intonasi yang sesuai dengan alur cerita, dapat meningkatkan konsentrasi belajar peserta diklat guru IPS MTs. Peserta menunjukkan tingkat perhatian yang tinggi dalam mendengarkan, memperhatikan isi dan makna cerita, dan terjadi partisipasi aktif guru dalam bertanya, menjawab, menanggapi, penyelesaian tugas, serta durasi perhatian lebih lama dibanding dengan metode ceramah tanpa adanya cerita.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).