Implementasi Prinsip-prinsip Pendidikan dalam Islam
DOI:
https://doi.org/10.36052/andragogi.v7i2.91Keywords:
implementation, principles, islamic education, tauhidAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan prinsip-prinsip pendidikan dalam Islam, serta prinsip tauhid dan implikasinya dalam pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode kajian literatur terhadap tafsir ayat-ayat yang berkaitan dengan pendidikan serta data lain yang mendukung penelitian ini. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa, sudah saatnya umat Islam melakukan penataan kembali usaha-usaha pendidikan yang dilakukannya sejalan dengan tuntutan era global dengan berbasiskan pada Alquran. Rumusan konsep pendidikan yang berdasarkan perspektif Alquran sudah waktunya untuk disusun. Tugas dan tanggung jawab pendidik dalam melahirkan manusia yang cerdas, berakhlak mulia, berilmu, terampil, dan ramah sudah waktunya untuk dilakukan. Karena manusia-manusia yang demikian itulah yang diperlukan di era global saat ini, dan manusia itu pula yang dikehendaki oleh Alquran.
Downloads
References
‘Abdullah Al-Mirgani, Al-Imam Muhammad ‘Usman. (2009). Taaju at- Tafaasiir (Mahkota Tafsir). Bandung: Sinar Baru Algensindo,
Abrasyi, Muhammad Athiyah. (1996). Beberapa Pemikiran Pendidikan Islam. Yogyakarta: Titipan Ilahi Press
Al-Attas, Muhammad Naquib. (1984). Konsep Pendidikan dalam Islam. Bandung: Mizan.
Al-Ghazali, Muhammad. (1991). Abu Hamid, Ihya’ ‘Ulum al-Din, Jilid I, Semarang: Toha Putra Nasution Harun, Manusia Menurut Konsep Islam. Jakarta: Bulan Bintang
Al-Qâsimi, Muhammad Jamaluddin, Tafsir Mahâsin al-Ta’wîl, juz I. Kairo: Dar Ihya’ al- Turats.
Ali, Attabik dan Muhdlar, Muh. Zuhdi. (1996). Kamus al-‘Ashry. Yogjakarta: Muassasah Ali Maksum.
Nasir, Salihun. (2002). Peranan Pendidikan Agama Terhadap Pemecahan Problema Remaja. (Cet-3). Jakarta: Kalam Mulia.
An-Nahlawi, Abdurrahman. (1996). Prinsip-Prinsip dan Metoda Pendidikan Islam Dalam Keluarga, di Sekolah dan di Masyarakat. Bandung: CV. Diponegoro
Arifin, Muzayyin. (2010). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: PT Bumi Aksara,
Daradjat, Zakiyah. (1992). Peranan Agama dalam Kesehatan Mental. Jakarta: Bumi Aksara.
Dewantara, Ki Hajar. (1967). Masalah Kebudayaan: Kenang-kenangan Promosi Doctor Honoris Causa. Yogyakarta
Gani, Bustami. (1990). Alquran dan Tafsirnya. Yogyakarta: PT. Dana Bhakti Wakaf UII.
Ghazali, Imam. (1995). Mukhtashar Ihya’ Ulumuddin. Jakarta: Pustaka Amani.
Hasan, Muhammad Tholhah. (2005). Islam dan Masalah Sumber Daya Manusia. Jakarta: Lantabora Press.
Lajnah Pentashihan Mushaf Alquran. (2010). Tafsir Alquran Tematik. Jakarta: Lajnah Pentashihan Mushaf Alquran
Langgulung, Hasan. (1988). Asas-Asas Pendidikan Islam. Jakarta: Pustaka al-Husna,
Majid, Abdul dan Muhaimin. (1993). Pemikiran Pendidikan Islam. Bandung: Trigenda Karya
Madjid, Nurcholis. (1994). Pintu-pintu Menuju Tuhan. Jakarta: Yayasan Wakaf Paramadina
Marimba, Ahmad D. (1989). Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung : Al-Ma’arif.
Maksum, Imam. (2009). Pendidikan Islam dan Globalisasi (Reaktualisasi Tujuan Pendidikan Islam Sebagai Upaya Meminimalisir Problematika Bangsa). Tulung Agung: Sumenang Kediri
Muthahhari, Murtadha. (1992). Allah fi Hayat al-Insan. terjemah Agus Efendi dengan Allah dalam Kehidupan Manusia. Bandung: Mizan
Mutammam. (2007). Mengembangkan Tingkat Kualitas Pendidikan Dasar: Sebuah Analisis Pnedidikan Sebagai Investasi. Yogyakarta: Gama Media
Najati, M. Utsman. (1402 H). Alquran wa ‘Ilm al-Nafs. Kairo: Dar al-Syuruq
Nasir, Salihun. (2002). Peranan Pendidikan Agama Terhadap Pemecahan Problema Remaja. Jakarta: Kalam Mulia.
Nasution, Harun. (1991). Pembaharuan Dalam Islam; Sejarah Pemikiran dan Gerakan. Jakarta: Bulan Bintang.
Nata, Abudin. (2005). Pendidikan dalam Perspektif Alquran. Jakarta: UIN Jakarta Press
Nizar, Samsul. (2001). Dasar-Dasar Pemikiran Pendidikan Islam. Jakarta: Gaya Media Pratama
Ramayulis. (2013). Ilmu Pendidikan Islam. (Cet. Ke-10). Jakarta: Kalam mulia
Saiyidain, K.G. (1986). Iqbal’s Educational Philosophy. Terjemah M.I. Soelaeman, Percikan Filsafat Iqbal Mengenai Pendidikan. Bandung: Diponegoro.
Siradz, Said Aqil. (2003, 10 September). Reposisi Kependidikan Islam: Telaah Implementasi UU Sisidiknas Tahun 2003. Makalah disampaikan dalam seminar sehari yang diselenggarakan oleh STAI NU di Jakarta
Tim Dosen FIP-IKIP Malang, Pengantar Dasar-Dasar Pendidikan, Surabaya, Usaha Nasional
Tim Penyusunan Kamus Pusat dan Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. (1994). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Tim Penulis. (1992). Ensiklopedi Islam Indonesia. Jakarta: Djambatan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).