Peningkatan Kemampuan Menyajikan Teks Berita Melalui Pembelajaran Kuantum pada Siswa Kelas VIII-6 MTs Negeri 5 Jakarta Tahun 2019

  • Sri Hartati MTs Negeri 5 Jakarta
DOI: https://doi.org/10.36052/andragogi.v7i2.95
Abstract Views: 718 | PDF (Bahasa Indonesia) Downloads: 1156

Downloads

Download data is not yet available.
  
Keywords: news test writing skill level, learning activities, quantum learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan peningkatan aktivitas belajar siswa dan kemampuan menyajikan data dan informasi dalam bentuk teks siswa kelas VIII-6 MTs Negeri 5 Jakarta tahun 2019 melalui pembelajaran kuantum. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil analisis data pada prasiklus, siklus I dan siklus II diketahui adanya peningkatan nilai rata-rata yang diperoleh siswa dalam pembelajaran menulis teks berita. Pada prasiklus diperoleh nilai rata-rata sebesar 60,20, pada siklus I sebesar 66,94 dan pada siklus II nilai rata-rata siswa sebesar 78,7. Peningkatan keterampilan menulis teks berita diikuti dengan perubahan perilaku siswa ke arah yang positif, yaitu siswa semakin aktif dan antusias saat mengikuti pembelajaran menulis teks berita melalui pembelajaran kuantum.

References

Amalia, R. F. (2010). Peningkatan Keterampilan menulis Teks Berita Menggunakan Model Pembelajaran Quantum Teaching dan Teknik 3M pada Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 1 Keling Jepara. Skripsi, Universitas Negeri Semarang, Fakultas Bahasa dan Seni, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Diambil kembali dari https://lib.unnes.ac.id/9039/1/11484a.pdf

DePorter, B., & Hernacki, M. (2015). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. (A. Abdurrahman, Penerj.) Bandung: Kaifa.

Djuraid, H. (2009). Panduan Menulis Berita. Malang: UPT Penerbitan Universitas Muhammadiyah Malang.

Hamalic, O. (2009). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Indriaty, T. (2018). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Berita Melalui Metode Quantum Learning dengan Media Gambar Siswa Kelas VIII-E SMP Negeri 17 Surabaya. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran (KIBASP), 223-236. doi:https://doi.org/10.31539/kibasp.v1i2.195

Suryadi, A., & Berdiati, I. (2018). Menggagas Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru. Jakarta: Remaja Rosdakarya.

Wena, M. (2013). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Published
2019-12-30