Peningkatan Kemampuan Menyajikan Teks Berita Melalui Pembelajaran Kuantum pada Siswa Kelas VIII-6 MTs Negeri 5 Jakarta Tahun 2019
DOI:
https://doi.org/10.36052/andragogi.v7i2.95Keywords:
news test writing skill level, learning activities, quantum learningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan peningkatan aktivitas belajar siswa dan kemampuan menyajikan data dan informasi dalam bentuk teks siswa kelas VIII-6 MTs Negeri 5 Jakarta tahun 2019 melalui pembelajaran kuantum. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil analisis data pada prasiklus, siklus I dan siklus II diketahui adanya peningkatan nilai rata-rata yang diperoleh siswa dalam pembelajaran menulis teks berita. Pada prasiklus diperoleh nilai rata-rata sebesar 60,20, pada siklus I sebesar 66,94 dan pada siklus II nilai rata-rata siswa sebesar 78,7. Peningkatan keterampilan menulis teks berita diikuti dengan perubahan perilaku siswa ke arah yang positif, yaitu siswa semakin aktif dan antusias saat mengikuti pembelajaran menulis teks berita melalui pembelajaran kuantum.
Downloads
References
Amalia, R. F. (2010). Peningkatan Keterampilan menulis Teks Berita Menggunakan Model Pembelajaran Quantum Teaching dan Teknik 3M pada Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 1 Keling Jepara. Skripsi, Universitas Negeri Semarang, Fakultas Bahasa dan Seni, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Diambil kembali dari https://lib.unnes.ac.id/9039/1/11484a.pdf
DePorter, B., & Hernacki, M. (2015). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. (A. Abdurrahman, Penerj.) Bandung: Kaifa.
Djuraid, H. (2009). Panduan Menulis Berita. Malang: UPT Penerbitan Universitas Muhammadiyah Malang.
Hamalic, O. (2009). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Indriaty, T. (2018). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Berita Melalui Metode Quantum Learning dengan Media Gambar Siswa Kelas VIII-E SMP Negeri 17 Surabaya. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran (KIBASP), 223-236. doi:https://doi.org/10.31539/kibasp.v1i2.195
Suryadi, A., & Berdiati, I. (2018). Menggagas Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru. Jakarta: Remaja Rosdakarya.
Wena, M. (2013). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).