Google Classroom sebagai Alternatif Digitalisasi Pembelajaran Matematika di Era Revolusi Industri 4.0
DOI:
https://doi.org/10.36052/andragogi.v7i2.98Keywords:
mathematics, google classroom, learning, industrial revolution 4.0Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan apakah google classroom mudah digunakan dan sudah sesuai dengan era digital untuk pembelajaran matematika. Menyeimbangi pergerakan revolusi industri 4.0, guru dituntut untuk bisa memanfaatkan teknologi dalam mengelola pembelajaran, baik teknologi yang bersifat online atau offline. Google classroom merupakan serambi pembelajaran online yang dapat membantu guru dalam memberikan materi, tugas, dan ujian, mudah digunakan dan dapat dipantau secara realtime. Survei dilakukan dengan melibatkan sampel 60 siswa yang tersebar secara random menggunakan teknik classified random sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah campuran antara kuantitatif dan kualitatif. Kuantitatif untuk menentukan persentase sampel atas variabel penelitian, sedangkan kualitatif menganalisis deskriptif persentase dengan mengkaitkan penelitian lain yang relevan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan penyebaran angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa meskipun siswa yang senang pembelajaran matematika dengan google classroom hanya 57% tetapi peranan google classsroom sebagai model pembelajaran matematika di era digital cukup diapresiasi sebesar 83%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah google classroom dapat dijadikan alternatif pembelajaran matematika di era digital, termasuk juga untuk pelajaran lain.
Downloads
References
Aparicio, M., Bacao, F., & Oliveira, T. (2017). Grit in the Path to E-Learning Success. Computers in Human Beaviour, 66, 388-399. doi:https://doi.org/10.1016/j.chb.2016.10.009
Davis, F., & Bagozzi, R. (1989). User Acceptance of Computer Technology: A Comparison of Two Theoretical Models. Management Science, 35(8), 982-1003. Diambil kembali dari http://www.jstor.org/stable/10.2307/2632151
Eka, W. (2018). Penerapan Google Classroom dalam Pembelajaran Akuntansi. Skripsi, UII.
Google Classroom. (2017). Dipetik Agustus 13, 2019, dari Wikipedia: https://id.wikipedia.org/wiki/Google_Classroom
Izenstark, A., & Leahy, K. (2015). Google Classroom for Librarians: Features and Opportunities. Library Hi Tech News, 32(9), 1-9. doi:https://doi.org/10.1108/LHTN-05-2015-0039
Murtadho, Sutrisman, & Tambunan. (1987). Pembelajaran Matematika. Jakarta: UT.
Russefendi, E. (1980). Pengajaran Matematika Modern untuk Orang Tua, Murid, Guru, dan SPG. Bandung: Tarsito.
Sadiman, A. (1984). Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sudjana, N. (1987). Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: PN Sinar Baru.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).