Google Classroom sebagai Alternatif Digitalisasi Pembelajaran Matematika di Era Revolusi Industri 4.0

  • Akhmad Muslik MA Al-Azhar Asy-Syarif Indonesia
DOI: https://doi.org/10.36052/andragogi.v7i2.98
Abstract Views: 52 | PDF (Bahasa Indonesia) Downloads: 35

Downloads

Download data is not yet available.
  
Keywords: mathematics, google classroom, learning, industrial revolution 4.0

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan apakah google classroom mudah digunakan dan sudah sesuai dengan era digital untuk pembelajaran matematika. Menyeimbangi pergerakan revolusi industri 4.0, guru dituntut untuk bisa memanfaatkan teknologi dalam mengelola pembelajaran, baik teknologi yang bersifat online atau offline. Google classroom merupakan serambi pembelajaran online yang dapat membantu guru dalam memberikan materi, tugas, dan ujian, mudah digunakan dan dapat dipantau secara realtime. Survei dilakukan dengan melibatkan sampel 60 siswa yang tersebar secara random menggunakan teknik classified random sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah campuran antara kuantitatif dan kualitatif. Kuantitatif untuk menentukan persentase sampel atas variabel penelitian, sedangkan kualitatif menganalisis deskriptif persentase dengan mengkaitkan penelitian lain yang relevan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan penyebaran angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa meskipun siswa yang senang pembelajaran matematika dengan google classroom hanya 57% tetapi peranan google classsroom sebagai model pembelajaran matematika di era digital cukup diapresiasi sebesar 83%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah google classroom dapat dijadikan alternatif pembelajaran matematika di era digital, termasuk juga untuk pelajaran lain.

References

Aparicio, M., Bacao, F., & Oliveira, T. (2017). Grit in the Path to E-Learning Success. Computers in Human Beaviour, 66, 388-399. doi:https://doi.org/10.1016/j.chb.2016.10.009

Davis, F., & Bagozzi, R. (1989). User Acceptance of Computer Technology: A Comparison of Two Theoretical Models. Management Science, 35(8), 982-1003. Diambil kembali dari http://www.jstor.org/stable/10.2307/2632151

Eka, W. (2018). Penerapan Google Classroom dalam Pembelajaran Akuntansi. Skripsi, UII.

Google Classroom. (2017). Dipetik Agustus 13, 2019, dari Wikipedia: https://id.wikipedia.org/wiki/Google_Classroom

Izenstark, A., & Leahy, K. (2015). Google Classroom for Librarians: Features and Opportunities. Library Hi Tech News, 32(9), 1-9. doi:https://doi.org/10.1108/LHTN-05-2015-0039

Murtadho, Sutrisman, & Tambunan. (1987). Pembelajaran Matematika. Jakarta: UT.

Russefendi, E. (1980). Pengajaran Matematika Modern untuk Orang Tua, Murid, Guru, dan SPG. Bandung: Tarsito.

Sadiman, A. (1984). Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudjana, N. (1987). Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: PN Sinar Baru.

Published
2019-12-28