Desain Kurikulum Pendidikan Islam pada Kuttab Ibnu Abbas Surakarta

  • Desti Widiani Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta
  • Jiyanto Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta
DOI: https://doi.org/10.36052/andragogi.v12i1.340
Abstract Views: 3 | PDF Downloads: 4

Downloads

Download data is not yet available.
  
Keywords: Islamic education, curriculum design, kuttab

Abstract

This research aims to determine the design and implementation of the Kuttab Ibnu Abbas Surakarta curriculum. This research includes qualitative field research. The method used in this research is descriptive-analytical; data is obtained through observation, interviews, and documentation. Data is collected, condensed, analyzed, presented, and concluded. The results of this research show that: 1) The curriculum design used at Kuttab Ibnu Abbas Surakarta is The Grass Roots Model; initiatives and efforts to develop the curriculum do not come from above but from below. 2) Implementing the curriculum at Kuttab Ibnu Abbas is almost the same as elementary school-level learning, which implements the 2013 Curriculum with a thematic learning model.

(Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui desain dan implementasi kurikulum Kuttab Ibnu Abbas Surakarta. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode analisis-deskriptif, data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dikumpulkan, dikondensasi, dianalisis, disajikan dan disimpulkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Desain kurikulum yang digunakan pada Kuttab Ibnu Abbas Surakarta yaitu dengan The Grass Roots Model yaitu, inisiatif dan upaya pengembangan kurikulum, bukan datang dari atas tetapi datang dari bawah. 2) Implementasi kurikulum pada Kuttab Ibnu Abbas hampir sama dengan pembelajaran tingkat Sekolah Dasar yang menerapkan Kurikulum 2013 dengan model pembelajaran tematik.)

References

Ahid, N. (2008). Madrasah sebagai Institusi Pendidikan: Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangannya. Jurnal Tribakti, 19(2): 1-14.

Ahmad, E. R. (2015). Madrasah Nizhamiyah Pengaruhnya terhadap Perkembangan Pendidikan Islam dan Aktivitas Ortodok Sunni. Tarbiya, 1(1).

Carro Martín, S. (2019). Kātib or Muwattiq? New Approaches to the Writing of Private Arabic Documents in Granada. In Arabica (Vol. 66, Issues 3–4). https://doi.org/10.1163/15700585-12341531

Chaer, M. T. (2015). Kuttab; Lembaga Pendidikan Islam Klasik. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman. 1(2), 23–51.

Daylis, D. S. (2019). Manajemen Perencanaan Kurikulum Kuttab Al Fatih Tanggerang Selatan (Skripsi). UIN Raden Intan Lampung, Lampung.

Fahruddin, M. M. (2012). Kuttab: Madrasah pada Masa Awal (Umayyah) Pendidikan Islam. MADRASAH, 2(2): 206-21. https://doi.org/10.18860/jt.v2i2.1822

Ghofur, A., Nasution, K., & Efendi, M. (2021). The Epistemology of Medieval Islamic Education:Historical Portraits of the Abbasid Dynasty During Caliph Harun Ar-Rashid. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 8(10): 24-36. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v8i10.2990

Haji, S. (2015). Pembelajaran Tematik yang Ideal di SD/MI. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 2(1), 56–65.

Hamdi, M. M. (2020). Evalusi kurikulum pendidikan. Intizam: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 65–78. https://ejournal.staidapondokkrempyang.ac.id/index.php/intizam/article/view/51

Harahap, A. (2018). Madrasah: From Early Time To Nizhamiah (Sejarah Sosial dan Kelembagaan Pendidikan Islam). Jurnal PROGRESS: Wahana Kreativitas dan Intelektualitas, 6(1). https://doi.org/10.31942/pgrs.v6i1.2204

Ifendi, M. (2021). Kuttab dalam Lintasan Sejarah: Dari Masa Pembinaan Hingga Kejayaan Pendidikan Islam (570 M-1258 M). AT-TA’DIB: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 27–38. https://doi.org/10.47498/tadib.v13i01.511

Jalil, A. (2018). Sejarah Pembelajaran Al-Qur'an di Masa Nabi Muhammad Saw. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 18(1). https://doi.org/10.24090/insania.v18i1.1438

Jiyanto, J. (2019). Implementasi Metode Famī Bisyauqin dalam Memelihara Hafalan Al-Qur’ān Pada HuffāẒ di Ma’had Tahfidzul Qur’ān Abu Bakar Ash-Shidiq Muhammadiyah Yogyakarta. Jurnal Studi Al-Qur’an, 15(2), 185–200.

Jumala, N. F. N. (2019). Gambaran Sistem Pendidikan Islam pada Masa Sahabat. JURNAL SERAMBI ILMU, 20(1). https://doi.org/10.32672/si.v20i1.998

Laisa, E. (2020). Kuttab Sebagai Pusat Ilmu Pengetahuan Pendidikan Islam. Rabbani: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 94. https://doi.org/10.19105/rjpai.v1i2.4110

Laksono, T., I. F. I. (2022). Evaluasi Pengembangan Kurikulum Pendidikan. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4082–4092.

Makhshun, T. (2020). Pendidikan Agama Islam Berbasis Sirah Nabawiyah. TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2). https://doi.org/10.30659/jpai.3.2.75-89

Nawawi, H. (1985). Metode Penelitian Bidang Sosial. Bandung: Tarsito.

Nizah, N. (2016). Dinamika Madrasah Diniyah. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 11(1)(1), 181–202.

Nizar, S. (2007). Sejarah Pendidikan Islam: Menelusuri Jejak Sejarah Pendidikan Era Rasulullah Sampai Indonesia. Jakarta: Kencana.

Rasmuin, & Widiani, D. (2021). Strategy and Implementation of Character Education in Era of Society 5.0. Proceedings of the International Conference on Engineering, Technology and Social Science (ICONETOS 2020), 529. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210421.084

Sabda, S. (2016). Pengembangan Kurikulum Tinjauan Teoritis. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Sandy, G. N. (2021). Menemukan Akar Pendidikan Kuttab di Nusantara. https://www.kuttabalfatih.com/menemukan-akar-pendidikan-kuttab-di-nusantara/

Syalaby, A. (1973). Sedjarah Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang.

Syaodih, N. S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sembodo, B. A. & I. (2012). Modul Kuttab Satu. Yayasan Al Fatih.

Suharsaputra, Uhar. (2012). Metode Penelitian, Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Refika Aditama.

Tafsir, A. (2012). ILmu Pendidikan Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Utomo, Sigit Tri, L. I. (2020). Inovasi Kurikulum dalam Dimensi Tahapan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Journal of Research and Thought on Islamic Education (JRTIE), 3(1), 19-38.

Widiani, D. (2018). Konsep Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur’an. Murabby: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2). https://doi.org/10.15548/mrb.v1i2.321

Widiani, D. (2019). Implementasi Metode Karimah dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’ân di Pusat Pendidikan Al- Qur’ân (PPQ) Al Mahir, Colomadu, Karanganyar. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 24(1). https://doi.org/10.24090/insania.v24i1.2571

Widiani, D., Sirait, S., Prastowo, A., & Munip, A. (2023). Kuttab in Indonesia: Its Existence and Development during the Reform Era. Journal of Al-Tamaddun, 18(1), 115–128. https://doi.org/10.22452/JAT.vol18no1.10

Widiani, D., & Jiyanto, J. (2018). The Importance of Mother’s Role in Preventing Children’s Radicalism. YINYANG: Jurnal Studi Islam, Gender Dan Anak, 13(1). https://doi.org/10.24090/yinyang.v13i1.2018.pp33-69

Widiani, D., & Jiyanto, J. (2020). Improving Student Learning Outcomes in Lessons of History of Islamic Civilization Through The Application of Bingo Strategies. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(1). https://doi.org/10.18860/jpai.v6i1.6716

Widiani, D. (2021). The Influence of Learning Motivation and Intellectual Intelligence on Learning Achievement in Islamic Religious Education. Jurnal Pendidikan Islam UIN Sunan Gunung Jati Bandung, 7(2): 149-164. https://doi.org/https://doi.org/10.15575/jpi.v7i2.15273

Widyasari, R. (2018). Pembelajaran Tahfizul Quran dengan Metode Talaqqi pada Santri Kelas I’dadi di Kuttab Tahfizul Quran Al-Husnayain Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019. In Sifonoforos (Issue August 2015).

Yunus, Mahmud. (2001). Kamus Arab-Indonesia. Yayasan Penyelenggara Penerjemah/ Penafsir Al-Qur’an.

Published
2024-06-26